Bagi seorang bajak laut dalam cerita One Piece, nilai buruan adalah sesuatu yang menentukan apakah dia adalah seorang bajak laut yang kuat, apakah dia berbahaya, atau apakah dia dianggap sebagai ancaman besar bagi dunia. Semakin kecil nilainya, maka artinya bajak laut tersebut kurang mendapatkan perhatian dari Pemerintah Dunia dan angkatan laut.

Selain itu, bisa juga nilai buruan seorang bajak laut kecil karena aksi yang mereka lakukan tidak begitu memancing kegaduhan dan dianggap bukan ancaman besar. Namun, sebaliknya, semakin tinggi nilainya artinya Pemerintah Dunia dan angkatan laut semakin waspada dan juga semakin memperhatikan apa pun yang dilakukan oleh para buronan tersebut.

Sejauh ini, Gol D. Roger masih menjadi sosok bajak laut dengan nilai buruan paling tinggi di dunia, dengan nilai buruan mencapai 5.564.800.000 Belly. Nilai ini satu tingkat di atas Whitebeard yang memiliki nilai buruan 5.046.000.000 Belly. Sedangkan para Yonko lain menghiasi deretan selanjutnya, dengan rata-rata nilai buruannya adalah 4 Milliar Belly.

Tetapi, dibandingkan Yonko yang lain, Blackbeard memiliki nilai buruan yang paling rendah. Setelah tewasnya White0beard di Marineford, Kaido saat ini menjadi sosok dengan nilai buruan paling tinggi di dunia dengan angka 4.611.100.000 Belly, dan disusul oleh Big Mom dengan 4.388.000.000 Belly. Shanks sendiri memiliki nilai buruan sebesar 4.048.000.000 Belly.

Berbicara mengenai nilai buruan, saat ini nilai buruan Luffy masih berada di angka 1,5 milliar Belly. Namun, dengan kekuatan yang dia miliki bukan tidak mungkin jika Luffy kemudian pada akhirnya akan memiliki nilai yang sama dengan yang dimiliki Roger, atau mungkin bahkan melampauinya. Banyak fans memprediksi bahwa Monkey D. Luffy akan menjadi sosok bajak laut dengan nilai buruan paling besar sepanjang sejarah.

Eiichiro Oda sendiri, jika diperhatian, sepertinya senang dengan angka 5 dan 6, karena dalam bahasa Jepang kedua angka tersebut jika digabungkan bisa membentuk kata “Gomu.” Jadi, Oda Sensei mungkin akan membuat nilai buruan akhir Luffy di angka 5.600.000.000 Belly. Angka 5 dan 6 sendiri selalu muncul dalam cerita. Contohnya adalah angka yang digunakan Luffy pada saat di Colosseum dalam arc Dressrosa adalah 0556.

Jumlah keseluruhan dari kru bajak laut yang bergabung atau beraliansi dengan Luffy pun kurang lebih berjumlah 5600 orang (sekarang berjumlah 5640 dan bisa jadi berakhir di angka 5656). Berbicara mengenai nilai jumlah buruan Luffy, ada kemungkinan angkanya akan berubah dan meningkat drastis mengingat saat ini Luffy sedang berada di Onigashima bertarung melawan Kaido.

Meskipun ada spekulasi yang menyebutkan bahwa ada kemungkinan Luffy dan aliansinya akan kalah dalam pertarungan ini, namun pada akhirnya mereka akan memenangkan pertempuran epik tersebut. Pasca kemenangan di Onigashima, bisa dipastikan bahwa nilai buruan Luffy (dan kru Topi Jerami) akan meningkat drastis. Kemungkinan nilai buruan Luffy akan berada di angka 2-3 milliar Belly.

Tetapi, bisa juga nilai buruan Luffy langsung melompat tinggi mengingat dia mampu mengalahkan sosok paling kuat di dunia saat ini. Lagipula, pada dasarnya Luffy adalah karakter protagonis utama dalam serinya sehingga kemungkinan besar nilai buruan Luffy pun pada akhirnya akan berjumlah sangat besar. Kita nantikan saja ya Geeks berapa angka pasti buruan Luffy di akhir cerita nanti.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.