Middle-Earth adalah semesta The Lord of the Rings yang dipenuhi dengan banyak karakter tangguh dan juga menarik, dari mulai para villain di bawah kekuasaan Dark Lord Sauron, sampai para pahlawan yang bersekutu untuk menggulingkannya. Para karakter di TLOTR sendiri bisa dibilang sangat beragam, di dalamnya terdapat berbagai macam makhluk dan juga ras, termasuk manusia, elf, dwarf, dan bahkan hobbit yang sangat cinta damai. Meskipun awalnya semua makhluk di Middle-Earth takut pada Sauron, tetapi pada akhirnya mereka berhasil mengalahkan kegelapan berkat kekuatan para pahlawannya. Siapa saja para pahlawan tersebut? Berikut lima di antaranya yang paling kuat.

Gandalf the White

Setelah muncul sebagai Gandalf the Grey di awal trilogi The Lord of the Rings dan juga trilogi The Hobbit, pada akhirnya dia menjadi penyihir yang lebih sakti lagi saat menggantikan Saruman the White yang berkhianat. Dengan identitas barunya, yaitu Gandalf the White, dia menjadi sosok harapan bagi semua makhluk Middle-Earth yang menentang Dark Lord Sauron. Selain kemampuan sihirnya yang sangat sakti, Gandalf the White juga memancarkan sinar terang yang secara tidak langsung memberi semangat kepada orang-orang di sekitarnya, sekaligus membuat para musuh-musuhnya ketakutan.

Galdriel

Tidak diragukan lagi bahwa Gandalf adalah penyihir paling sakti di Middle-Earth, apalgi setelah dirinya berubah dari the Grey menjadi Gandalf the White yang cahayanya sangat terang. Namun, jika dibandingkan dengan Galadriel, Gandalf masih tidak terlalu menyilaukan, karena Galadriel digambarkan sebagai makhluk paling indah di Middle-Earth. Selain karena kecantikannya, high elf Noldorian ini juga terkenal karena kecerdasan dan kekuatan sihirnya. Dia juga mempunyai pribadi yang sangat baik, hampir semua makhluk di Middle-Earth sangat mencintainya karena Galadriel adalah sosok yang sangat bijak.

Frodo Baggins

Tentu saja dari semua pahlawan kuat di Middle-Earth, Frodo Baggins harus masuk ke dalam daftar ini. Sebagai seorang hobbit, Frodo sebenarnya adalah makhluk yang sangat cinta damai, dia tinggal Hobitton hanya untuk tertawa dan bahagia bersama kelompoknya. Namun, ketika Middle-Earth membutuhkan sosok yang bisa membawa One Ring ke Mount Doom untuk menghancurkannya, Frodo adalah orang yang berhasil melakukan hal mustahil tersebut, dan pada akhirnya membebaskan Middle-Earth dari cengkraman kekuasaan Dark Lord Sauron. Dan tidak lupa juga, semua itu bisa Frodo lakukan karena ada tiga sahabat hobbitnya yang sangat setia membantu, yaitu Sam, Merry, dan Pippin.

Elrond

Sebagai salah satu raja Elf yang menggunakan Ring of Power, Elrond adalah salah satu pemimpin elf yang tersisa di Middle-Earth pada Zaman Ketiga, tepatnya sebagai Lord of Rivendell. Dia dikenal sebagai royal elf yang sangat kuat, bijak dan juga “tua”, hal tersebut bisa terjadi karena Elrond sudah ada di Middle Earth sejak Zaman Pertama, yang artinya dia telah berusia lebih dari 3000 tahun. Ketika tidak banyak elf yang mendukung peperangan dengan Sauron, karena mereka memang akan meninggalkan Middle-Earth, Elrond adalah raja elf yang tetap setia berpihak kepada para makhluk di Middle-Earth

Aragorn II Elessar

Dari penyihir, elf, dan hobbit, sekarang kita beralih ke pahlawan sejati dari ras manusia, dia adalah Aragorn II Elessar. Sebagai seorang manusia, Aragorn adalah salah satu contoh terbaik manusia ketika berurusan dengan masalah di Middle-Earth. Dia terkenal sebagai sosok yang pantang menyerah dan juga sangat setia, berbeda dengan kebanyakan manusia di Zaman Kedua yang penakut dan juga mudah dihasut. Aragorn telah memimpin banyak pertempuran melawan Sauron, sampai akhirnya para makhluk Middle-Earth menang dan dia menjadi raja para manusia di seluruh Middle-Earth.

Itulah lima pahlawan paling kuat di Middle-Earth yang berperan besar dalam mngalahkan Dark Lord Sauron. Terlepas dari kesaktian sihir mereka yang misterius, kelima pahlawan ini berhasil dengan caranya dalam mengelola hati di situasi yang pada saat itu banyak sekali yang tenggelam pada kegelapan, khususnya Frodo yang telah berhasil menghancurkan One Ring, meskipun dia sempat tergoda beberapa kali untuk menggunakannya. Secara individu kelima pahlawan ini memang sudah hebat, tetapi kerja sama mereka lah yang pada akhirnya berhasil menyelamatkan Middle-Earth.