Siapa yang dimaksud oleh Gorosei dalam percakapan mereka? Siapa yang seharusnya mati? Chapter 1037 di seri manga One Piece kemarin menghadirkan sesuatu yang menarik terutama yang terkait dengan para Gorosei. Dalam chapter tersebut diperlihatkan bagaimana Luffy dan Kaido masih terus bertarung. Pertarungan mereka pun semakin intens dengan berbagai serangan dahsyat yang muncul.

Kemudian, kita juga melihat situasi yang terjadi di Mary Geoise di mana para Gorosei sedang berdiskusi. Para Gorosei ini pun ternyata mengikuti perkembangan kabar yang terjadi di Wano, meskipun tidak secara berkelanjutan. Sepertinya mereka mendapatkan perkembangan kabar di Wano secara berkala. Kemudian terdapat hal menarik yang diungkapkan oleh para Gorosei.

Salah satu Gorosei sempat mengungkapkan tentang kematian seseorang, yang menurut mereka pantas untuk tewas. Selain itu, kematiannya pun dianggap mampu untuk menutupi sesuatu. Pertanyaan kemudian siapa yang dimaksud oleh para Gorosei tersebut? Secara sekilas, sosok yang sedang mereka bicarakan adalah Nico Robin. Namun, sepertinya hal tersebut tidak masuk akal.

Mengapa kemudian kematian Nico Robin tidak masuk akal? Seperti yang diungkapkan sebelumnya, mereka justru ingin menangkap Robin hidup-hidup. Perintahnya pun untuk menangkap Robin, bukan membunuhnya. Kemudian, rasanya mereka pun tidak perlu melakukan “cover up” atau penutupan kasus jika kemudian mereka ingin membunuh bajak laut.

Artinya mereka hendak membunuh sosok lainnya. Lalu, siapa sosok tersebut? Kemungkinan besar yang dimaksud oleh para Gorosei adalah X Drake. Seperti yang diperlihatkan dalam chapter sebelumnya, salah satu agen CP-0 mengatakan bahwa mereka tahu siapa Drake sebenarnya. Mereka tahu sepertinya Drake sedang menyamar dan sepertinya mereka tidak ingin ada SWORD di Wano.

Keberadaan SWORD mungkin dianggap menganggu pihak CP-0 selama di Wano dan juga menganggu hubungan antara angkatan laut dan pihak CP-0. Saat ini, kondisi Drake sendiri sudah berhasil dikalahkan dan tidak sadarkan diri. Mungkin, hal ini pun bisa menjadi petunjuk tentang apa yang sedang dicari oleh X Drake di Wano. Apa pun itu, sepertinya Gorosei tidak ingin Drake mengetahuinya.

Selain Drake, sosok lainnya yang mungkin cocok dengan apa yang dibicarakan oleh Gorosei adalah Who’s Who, yang mana menurut CP-0 mungkin sudah tewas dalam kekacauan di Onigashima. Mereka pun berharap bahwa Jinbe bisa mengalahkan Who’s Who untuk mereka yang mana hal itu sudah berhasil seperti yang diperlihatkan di chapter sebelumnya.

Selain kedua karakter di atas, ada juga sosok lainnya yang kemungkinan besar adalah sosok yang diincar oleh Gorosei. Dia adalah Kozuki Momonosuke. Mengapa kemudian Momonosuke harus tewas? Kita tahu bahwa salah satu perintah Rob Lucci adalah mengambil alih Wano, jika Kaido kalah dari Luffy. Gorosei ingin Wano berada di bawah kekuasan Pemerintah Dunia.

Selama ratusan tahun, Wano selalu menjadi wilayah yang terisolir dari dunia luar. Wano mungkin jadi satu-satunya wilayah yang tidak berafiliasi dengan pihak Pemerintah Dunia. Pemerintah Dunia tahu dan paham seperti apa potensi Wano, sehingga mereka ingin Wano berada dalam kekuasannya. Bagaimana kemudian caranya mereka mengambil alih Wano tanpa terlihat arogan?

Caranya adalah dengan membunuh pewaris sah dari penguasa di wilayah tersebut, yang mana tidak lain sosok tersebut adalah Kozuki Momonosuke. Dengan tewasnya Momo, maka mungkin tidak ada lagi pewaris sah dari klan Kozuki – kecuali Hiyori. Sehingga Pemerintah Dunia kemudian akan mengambil alih kekuasaan dari wilayah Wano, sesuatu yang mirip dengan kudeta di sebuah pemerintahan.