Buah iblis menjadi salah satu elemen unik dan menarik yang muncul dalam seri One Piece. Buah iblis merupakan buah unik yang bisa memberikan kekuatan dahsyat kepada mereka yang memakannya. Kekuatan yang mereka dapatkan tergantung dari buah apa yang mereka makan. Misalnya ada yang bisa berubah menjadi karet atau ada yang bisa berubah menjadi dinosaurus.

Buah iblis sejauh ini cukup memiliki peran yang sangat signifikan dalam ceritanya, di mana hampir di setiap arc kita selalu diperkenalkan dengan buah iblis jenis baru. Selain itu, tidak jarang dalam ceritanya juga kita melihat berbagai penjelasan yang menarik tentang buah iblis. Berbicara mengenai buah iblis, seseorang mungkin bingung untuk mencari tahu nama buah iblis yang ada dalam cerita.

Dalam hal ini, orang-orang yang memakan buah iblis mungkin ada yang tidak tahu nama buah iblis yang mereka makan sampai kemudian mereka melihat atau merasakan efeknya. Hal ini juga yang ditanyakan salah satu fan terhadap Oda Sensei dalam kolom SBS Volume 45. Fan tersebut bertanya bagaimana Shanks bisa tahu tentang buah iblis Gomu Gomu sebelum Luffy memakannya.

Padahal, Kaku dan Kalifa sempat mengatakan bahwa mereka tidak tahu tentang buah iblis mereka sampai kemudian mereka memakannya. Oda pun kemudian memberikan penjelasan mengenai pertanyaan tersebut. Satu hal yang menjadi poin dalam jawaban Oda adalah terdapat ensiklopedia yang beredar di dunia One Piece, yang isinya adalah berbagai macam informasi mengenai jenis dan bentuk buah iblis.

Selain itu, ada juga penjelasan dari kekuatan buah iblis tersebut. Beberapa buah iblis bisa diidentifikasi atau dikenali dari bentuknya. Untuk Gomu Gomu, terdapat gambar dan semua informasi mengenai buah iblis tersebut, sehingga Shanks pun mengetahui tentang buah itu. Lain halnya dengan Kaku dan Kalifa, yang mungkin buah iblis yang mereka makan tidak ada di ensiklopedia.

Berdasarkan penjelasan Oda Sensei tersebut bisa disimpulkan bahwa informasi yang muncul di ensiklopedia buah iblisnya tidak terlalu lengkap, karena hanya beberapa buah iblis yang memiliki ilustrasi atau gambar dari bentuk buah iblisnya. Sedangkan sebagian besar lainnya tidak memiliki ilustrasi, tidak terdokumentasikan, dan sebagainya.

Salah satu orang yang diketahui sangat memanfaatkan ensiklopedia buah iblis tersebut adalah Blackbeard, yang kita ketahui dia mencari Yami Yami no Mi selama puluhan tahun. Dia mengingat bentuk buah iblisnya dari ilustrasi yang pernah dia lihat dan baca. Keluarga Vinsmoke juga memiliki esiklopedia tersebut, yang mana selalu Sanji baca dan inilah yang kemudian membuat Sanji tertarik terhadap buah iblis Suke Suke.

Bentuk dan wujud dari buah iblis dalam cerita One Piece memang bisa dibilang sangat menarik dan unik, karena masing-masing buah iblis memiliki hal yang menarik. Misalnya dari bentuk ulirnya, warna buahnya, dan juga tentu bentuk dari buah itu sendiri. Berbicara mengenai buah iblis, diketahui sampai saat ini sudah ada kurang lebih ratusan buah iblis yang diperkenalkan di seluruh franchise One Piece.

Artinya tentu Oda harus bekerja keras untuk bisa menghadirkan desain baru dari buah iblis yang hendak dia perkenalkan dalam cerita. Apakah akan ada buah iblis jenis baru lainnya? Apakah kita akan diperkenalkan dengan tipe baru dari buah iblis? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!