Money Heist adalah serial populer asal Spanyol yang sebenarnya mempunyai judul asli La Casa de Papel. Karena serialnya mendapatkan perhatian dari seluruh dunia karena ditayangakan di saluran streaming raksasa Netflix, pada akhirnya para penggemar mengenalnya sebagai serial Money Heist yang telah menyelesaikan tayangannya dengan lima season pada akhir 2021 lalu. Dan karena kepopulerannya tersebut, Netflix sepertinya masih belum berencana untuk menghentikan waralabanya.

Pada akhir tahun 2021 lalu, menjelang penayangan season terakhir Money Heist, Netflix mengumumkan bahwa mereka masih punya rencana lain terkait waralabanya, yaitu dengan mengembangkan serial spin-off dan juga remake. Sementara serial spin-off berjudul Berlin akan menceritakan kisah prekuel yang berfokus pada karakter Andrés de Fonollosa alias Berlin (Pedro Alonso), serial remake akan memperlihatkan apa yang terjadi jika petualangan Professor dan para perampok dikemas dengan latar belakang dan para aktor dari Korea Selatan, seperti yang bisa dilihat di teaser trailer terbaru di bawah ini:

Video teaser trailer yang baru saja dirilis oleh saluran Youtube The Swoon ini memperlihatkan aktor Yoo Ji-tae sebagai Professor yang sedang merenung dan merencakan suatu misi. Tidak lama setelah itu, dia menghampiri dan hampir memilih salah satu dari enam topeng yang terpajang di dinding, termasuk salah satunya adalah topeng Salvador Dalí dari serial Money Heist Spanyol. Cuplikan adegannya kemudian beralih pada aktris Kim Yun-jin yang berperan sebagai inspektur polisi Seo Woo-jin, yang kemungkinan akan berperan sebagai antagonis di serialnya.

Teaser trailer ini juga mengungkapkan judul resmi dari remake Money Heist, yaitu Money Heist: Korea – Joint Economic Area. Begitu juga dengan para aktor lainnya, selain Ji-tae dan Yun-jin, termasuk Park Hae-soo sebagai Berlin, Jun Jeong-seo sebagai Tokyo, Lee Won-jong sebagai Moscow, Kim Ji-hun sebagai Denver, Jang Yoon-ju sebagai Nairobi, Park Jung-woo sebagai Rio, Kim Ji-Hoon sebagai Helsinki, dan Lee Kyu-ho sebagai Oslo.

Dalam banyak kasus, tayangan adaptasi, remake, atau reboot selalu membutuhkan “ramuan” khusus agar bisa diterima dengan baik oleh para penggemar. Karena jika tidak digarap dengan serius, tidak jarang tayangan tersebut justru berakhir dengan banyak kritikan. Dan untuk serial Money Heist: Korea – Joint Economic Area, sejauh ini jika dilihat dari jajaran aktor dan juga pengalaman banyak tayangan Korea Selatan yang cukup populer di Netflix, sepertinya serial remake ini cukup layak untuk dinanti. Untuk saat ini belum diketahui kapan serialnya akan dirilis, jadi kita nantikan saja ya, Geeks.