Multiverse adalah salah satu tema andalan Marvel yang sebentar lagi akan kembali diangkat di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Film yang kembali dibintangi oleh Benedict Cumberbatch sebagai Doctor Strange ini digadang-gadang akan menghadirkan Multiverse sebagai ancaman yang jauh lebih berbahaya dari sebelumnya. Itulah mengapa, di trailernya Strange diperlihatkan meminta bantuan pada Scarlet Witch (Elizabeth Olsen) yang kemungkinan mengetahui “sedikit” informasi tentang Multiverse.

Menariknya, selain Doctor Strange utama, cuplikan di trailernya juga memperlihatkan varian Strange yang lain, yaitu Evil Strange dan Defender Strange. Di mana hal tersebut justru menghidupkan kembali rumor tentang kemunculan varian Iron Man yang kemungkinan diperankan oleh mega bintang Tom Cruise. Dari sekian banyak varian Iron Man di Marvel Universe, yang akhir-akhir ini santer dibicarakan adalah Superior Iron Man yang ternyata tidak sebaik versi Robert Downey Jr. yang tewas secara heroik di Endgame. Mengapa bisa Superior Iron Man dan siapa sebenarnya dia? Mari kita bahas, Geeks!

Sudah Sejak Lama Dirumorkan

Rumor tentang Tom Cruise menjadi Tony Stark sebenarnya sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Hal tersebut bisa terjadi karena pada tahun 90-an, Cruise yang pada saat itu karier aktingnya sedang berada dipuncak, mengungkapkan bahwa dia sangat menyukai Tony Stark di Marvel Universe dan ingin memerankan karakter tersebut suatu hari nanti. Pada saat film Iron Man pertama dikembangkan banyak yang berspekulasi bahwa momen tersebut adalah saat yang tepat bagi Cruise untuk muncul sebagai karakter favoritnya, sebelum akhirnya Robert Downey Jr. muncul sebagai Tony Stark alias Iron Man di MCU.

Dan sekarang, dengan film Multiverse of Madness yang dipastkan akan menghadirkan banyak cameo, akhir-akhir ini rumor Tom Cruise sebagai Iron Man kembali mencuat dan bahkan makin nyaring dari sebelumnya. Beberapa bocoran foto yang gambarnya tidak begitu jelas bahkan mengklaim bahwa Cruise telah terlihat di lokasi syuting Multiverse of Madness sebagai pemeran varian Iron Man. Dan dari banyaknya Iron Man “baik” yang tersebar di Multiverse, entah mengapa Superior Iron Man sangat cocok untuk kemunculannya di Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

Iron Man “Jahat” dari Marvel Comics

Dari banyak inkarnasi Iron Man di Multiverse, ada sedikit di antaranya yang digambarkan sebagai penjahat. Mirisnya, walaupun sedikit tetapi mereka hadir jauh lebih berbahaya dari kebanyakan supervillain di Multiverse Marvel, dan salah satunya yang paling buruk adalah Superior Iron Man. Di Marvel Comics sendiri, sebenarnya Superior Iron Man adalah Iron Man dari universe utama yang diceritakan terpengaruh semacam sihir dahsyat yang mengubah para karakter di Marvel menjadi kebalikan dari sebelumnya.

Sihir tersebut muncul ketika Scarlet Witch dan Doctor Doom bekerja sama untuk mengalahkan Red Skull di kisah AXIS. Mereka berdua kemudian menyatukan sihir mereka untuk membalik moral Red Skull agar dia menjadi baik. Ternyata, efek jangka panjangnya justru mulai memengaruhi semua karakter di Marvel Universe, termasuk Tony Stark yang kembali menjadi sosok yang sangat serakah dan tidak begitu peduli dengan nilai sebuah nyawa manusia. Dan pada saat sihir pembalik dirapal, Tony malah melindungi dirinya dengan semacam perisai anti-sihir, karena dia tidak ingin kembali menjadi baik.

Setelah menjadi sosok serakah, di komik Superior Iron Man #1, Tony diceritakan memodifikasi Virus Extrimis dan menyebarkannya melalui sumber air, dimulai dari San Fransisco, kemudian Amerika, dan sampai ke seluruh dunia. Dengan sebuah aplikasi smartphone yang disebut “Extremis 3.0”, virus yang sudah masuk ke dalam tubuh bisa diatur agar memberikan efek awet muda, kesehatan, dan kepuasan seperti obat adiktif. Kejahatannya mulai terungkap ketika Tony yang mengaku sebagai Superior Iron Man tidak melakukan semua itu secara gratis.

Setelah banyak yang menggunakan Extremis 3.0 secara gratis selama satu bulan, ternyata bulan berikutnya Tony memasang harga sebesar 99,99 dolar atau sekitar 1 juta 450 ribu rupiah per harinya. Proyek gila tersebut pada akhirnya membuat dia harus berhadapan dengan para superhero, termasukĀ Pepper Potts. Dan setelah melalui banyak pertempuran, di ending komiknya, Pepper mengungkap kebusukan Superior Iron Man pada seluruh penduduk San Fransisco dan dunia, membuatnya dianggap sebagai monster yang pada akhirnya mulai dijauhi oleh semua orang.

Pengaruh Superior Iron Man di MCU?

Dengan segala kemungkinan yang bisa terjadi di Multiverse of Madness, tidak aneh jika pada akhirnya Marvel memberikejutan pada penggemar dengan memunculkan Tom Cruise sebagai Superior Iron Man dari universe alternatif. Berdasarkan rumor yang pertama kali diangkat oleh World Of Buzz, disebutkan bahwa Superior Iron Man adalah superhero buangan dari tim super Illuminati yang juga dirumorkan akan muncul juga di filmnya. Dan salah satu alasan mengapa dia dibuang adalah karena pola pikirnya yang tidak sejalan dengan para superhero di Illuminati, termasuk Mr. Fantastic dan Professor X.

Yang membuat Superior Iron Man ini sangat berbahaya adalah karena dia mempunyai pasukan android yang berada di seluruh penjuru dunia, mirip seperti Ultron Sentinel di Age of Ultron, yang juga sebelumnya dirumorkan akan muncul di Multiverse of Madness. Selain sifatnya yang jahat, Superior Iron Man juga mempunyai penampilan khasnya sendiri, yaitu armor berwarna silver dan beberapa aksen menyala berwarna biru muda, lengkap dengan helm yang lebih terbuka karena Superior Iron Man digambarkan lebih narsistik daripada versi aslinya.

Itulah pembahasan tentang rumor Tony Stark versi Tom Cruise, begitu juga dengan kemungkinan pengaruhnya di MCU. Dengan ancaman serius yang dibawanya, sepertinya akan sangat menarik melihat bagaimana Doctor Strange menghadapi Superior Iron Man di salah satu universe yang dia kunjungi Multiverse MCU. Kita buktikan saja kebenarannya ya, Geeks, saat film Doctor Strange in the Multiverse of MadnessĀ tayang di bioskop pada 6 Mei 2022.