Setelah memasuki minggu keempat penayangan serial The Book of Boba Fett, akhirnya keseluruhan cerita serialnya mulai utuh, dan cukup jelas seperti apa alur kisah Boba Fett di Planet Tatooine. Episode-episode sebelumnya memperlihatkan banyak flashback bagaimana Boba Fett lolos dari Sarlacc Pit, kemudian dibawa oleh Tusken Raider, dan akhirnya diterima sebagai bagian dari suku padang pasir tersebut. Berbagai kejadian dalam rentang waktu lima tahun tersebut, pada akhirnya mengubah visi hidup sang bounty hunter Boba Fett.

Setelah berhenti dari pekerjaan bounty hunter yang sering dimanfaatkan dan dikhianati oleh banyak orang, kali ini tujuan baru Boba Fett adalah menjadi seorang crime lord, menggantikan Jabba the Hutt dan mendirikan kerajaannya sendiri di Planet Tatooine. Namun, upaya tersebut bukan sesuatu yang mudah untuk diwujudkan, dia membutuhkan “otak” dan “otot” yang harus setia padanya, karena sekarang sekelompok alien Pyke berdatangan dari ruang angkasa dan mulai menghimpun pasukan untuk berperang melawan Boba Fett. Apa sebenarnya tujuan mereka? Mari kita bahas lebih lanjut, Geeks.

Kekayaan Tatooine

Setelah berhasil mengambil alih kekuasaan yang ditinggalkan oleh Jabba the Hut dengan membunuh Bib Fortuna, Boba Fett bersama Fennec Shand harus mengumumkan kekuasaanya pada seluruh penjuru Tatooine. Dimulai dengan mengatasi wali kota jahat, kemudian memperlihatkan pengaruhnya di jalanan Mos Espa, dan terakhir mendapatkan kepercayaan dari para crime lord lain, seperti yang terlihat di episode 4. Boba menawarkan kesepakatan kepada para crime lord Tatooine bahwa mereka boleh diam saja asalkan tidak bersekutu dengan para alien Pyke untuk menggulingkan kekuasaan Boba.

Setelah disetujui oleh para crime lord, yang sadar bahwa kedatangan para alien Pyke bukan sesuatu yang baik untuk kekuasaan mereka juga, sekarang tinggal bagaimana Boba menghadapi pasukan Pyke yang telah berdatangan sejak lama dan tampaknya sangat banyak. Namun, sebelum pertempuran dimulai, ternyata Boba Fett sudah mengetahui apa yang sebenarnya diingikan oleh para alien Pyke di planet tandus Tatooine yang tampak seperti tidak ada hal yang menguntungkan.

Ternyata terungkap bahwa Tatooine, seperti yang dipercaya Luke Skywalker, adalah planet yang lebih penting dari sekadar panet super kering yang dipernuhi banyak monster berbahaya. Lokasi Tatooine sangat dekat dengan┬áTriellus Trade Route, salah satu jalur perdangangan galaksi yang sering disebut juga “Spice Triangle” atau segitiga rempah-rempah, itulah mengapa Jabba mulai berkuasa di Tatooine pada saat itu. Selain karena kaya akan Spice, kemungkinan besar alien Pyke sangat ingin menguasai Tatooine karena ingin mengusai Triellus Trade Route dan menjadi pemimpin dalam perdagangan galaksi.

Villain Utama di The Book of Boba Fett

Sejauh ini, alur The Book of Boba Fett seperti mengerucut pada pertempuran Boba Fett dan alien Pyke yang akan datang. Kemungkinan untuk beberapa episode yang akan datang, Pyke akan menjadi ancaman di Planet Tatooine dan menjadi villain utama di serialnya. Di episode sebelumnya bahkan ada indikasi bahwa Pike adalah dalang yang telah mengadu domba suku Tusken Raider yang bersama Boba Fett, dengan sekelompok geng Nikto Speed Biker. Meskipun belum diceritakan di serialnya, tetapi sepertinya cukup jelas bahwa ada hal aneh dibalik pembantaian Tusken Raider oleh Nikto Speed Biker.

Kejahatan Pyke bukan baru pertama kalinya di ceritakan di The Book of Boba Fett, karena sebelumnya mereka muncul juga di Clone Wars sebagai bagian dari kelompok Shadow Collective Darth Maul. Di Clone Wars, alien Pyke sering diceritakan berkonflik dengan para karakter protagonis, seperti Anakin Skywalker dan Ahsoka Tano. Dan selain di Clone Wars, alien Pyke juga muncul di serial Star Wars: The Bad Batch, kehadiran mereka bahkan diperlihatkan sebagai ras alien dari Planet Oba Diah yang ditakuti oleh pasukan spesial Clone Force 99.

Itulah pembahasan motif alien Pyke ingin menyerang Boba Fett dan menggulingkan kekuasaannya di Planet Tatooine. Cukup jelas bahwa alien Pyke adalah semacam sindikat perdagangan yang sangat ingin menguasai jalur-jalur dagang di galaksi, dimulai dari Triellus Trade Route yang dekat dengan Tatooine. Dengan menguasai jalur dagang tersebut, kemungkinan rencana mereka adalah ingin membuat semacam gerbang dagang yang mengharusnya siapa pun yang melewatinya untuk membayar pada penguasa Tatooine. Apakah Boba Fett akan menang melawan sindikat alien Pyke? Kita nantikan saja ya, Geeks.