Sosok Joy Boy merupakan sosok penting dalam cerita di seri One Piece. Nama Joy Boy sempat kembali muncul dalam kilas balik Kozuki Oden di arc Wano Country, di mana saat Roger membaca Poneglyph yang ada di Laugh Tale dia hanya tertawa sambil berkata bahwa dia berharap bisa hidup di zaman yang sama dengan Joy Boy.

Nama Joy Boy juga sempat muncul dalam Poneglyph yang ada di pulau manusia ikan. Dalam Poneglyph tersebut disebutkan bahwa Joy Boy meminta maaf karena gagal untuk memenuhi janjinya kepada para manusia ikan. Selain sosok penting bagi sejarah pulau manusia ikan, Joy Boy juga merupakan sosok penting ketika era abad yang hilang dan hal ini dibuktikan di chapter 967 kemarin.

Jadi, rasanya masuk akal jika Kerajaan Kuno, Joy Boy, senjata kuno, dan tekad D semuanya saling terhubung. Bahkan, hal itu juga dikonfirmasi di chapter 967 kemarin. Sosok Joy Boy sendiri banyak diasumsikan oleh sebagian fans sebagai sosok penting di Kerajaan Kuno, yang kemungkinan dia adalah pemimpin atau rajanya.

Ada juga teori lainnya yang menyebutkan jika kerajaan kuno merupakan sebuah kerajaan yang seluruh masyarakatnya adalah seorang bajak laut, yang mana dengan kata lain Kerajaan Kuno adalah sebuah kerajaan bajak laut. Mereka menyebar ke seluruh dunia untuk menjelajah dan menyebarkan “ideologi” dari kerajaan tersebut tentang kebebasan dan persamaan semua ras yang ada di seluruh dunia.

Hal tersebut dirasa masuk akal karena pada faktanya mereka menjalin banyak kerja sama, seperti dengan para manusia ikan atau dengan suku Minks. Apa yang dilakukan oleh para penduduk kerajaan kuno sama dengan apa yang dilakukan oleh Luffy, dengan membangun banyak sekutu di sepanjang cerita One Piece berlangsung. Banyak cara Luffy untuk membangun kerja sama tersebut, mulai dari membebaskan tahanan, membebaskan sebuah negara dari kelompok jahat, dan sebagainya.

Untuk saat ini, kita memang masih belum tahu faktanya tentang Kerajaan Kuno dan Joy Boy. Namun, jika kemudian memang Joy Boy adalah pemimpin atau raja dari Kerajaan Kuno, yang dispekulasikan adalah kerajaan para bajak laut, maka artinya Joy Boy adalah raja bajak laut pertama dan raja bajak laut secara harfiah.

Selama ini gelar raja bajak laut diketahui hanya akan diberikan kepada mereka yang sudah mencapai Laugh Tale dan menemukan One Piece. Dengan teori bahwa Laugh Tale adalah Kerajaan Kuno yang hilang, dan juga teori bahwa Kerajaan Kuno adalah kerajaan yang mayoritasnya adalah bajak laut, maka titel tersebut memang masuk akal untuk diberikan kepada mereka yang berhasil mencapai pulau tersebut.

Hal tersebut dikarenakan perjalanan atau petualangan untuk bisa pergi ke Laugh Tale bisa juga dianggap sebagai sebuah “kompetisi.” Siapa pun yang mampu menyelesaikan petualangannya untuk bisa pergi ke Laugh Tale, maka dialah yang menang. Mereka akan tiba di sebuah pulau yang menjadi awal mula munculnya bajak laut. Karena itulah bajak laut yang tiba di Laugh Tale akan menjadi sosok raja bajak laut selanjutnya.

Jadi, kesimpulannya, Joy Boy kemungkinan adalah pemimpin atau raja dari Kerajaan Kuno. Kerajaan tersebut dispekulasikan banyak dihuni oleh orang-orang hebat seperti klan D dan sebagainya. Mayoritas penduduk di Kerajaan Kuno pun diteorikan adalah bajak laut, yang kemudian menyebar ke seluruh dunia. Dengan Joy boy yang menjadi pemimpin dari para “bajak laut” tersebut, artinya dia adalah raja bajak laut pertama di dunia. Yang harus dicatat bahwa hal tersebut masih sebatas teori ya Geeks!