Moon Knight adalah salah satu tayangan Marvel Cinematic Universe mendatang yang sangat diantisipasi kehadirannya pada tahun 2022 ini. Ditulis oleh Jeremy Slater dan digarap oleh Mohamed Diab, serial ini dibintangi oleh Oscar Isaac sebagai Marc Spector / Steven Grant / Mr. Knight / Moon Knight, dan Ethan Hawke sebagai Arthur Harrow. Berdasarkan apa yang sudah terungkap dari trailernya, jika dibandingkan dengan serial MCU sebelumnya, Moon Knight lebih terasa seperti tayangan bergenre horor psikologis.

Selain memperlihatkan karakter Steven Grant / Mr. Knight / Moon Knight, trailernya juga mengungkap seperti apa penampilan Arthur Harrow sebagai antagonis misterius yang terlihat sangat dipuja-puja oleh banyak orang. Terlepas dari seperti apa penampilan Moon Knight dan Arthur Harrow, sebenarnya ada satu lagi karakter Marvel yang sangat menarik perhatian para penggemar, dia adalah sosok Khonshu. Tidak banyak yang diketahui dari karakter Marvel yang satu ini. Siapa sebenarnya Khonshu ini, dan seperti apa hubungannya dengan Moon Knight? Simak pembahasannya di bawah ini, Geeks!

Dewa Bulan Mesir

Marvel mempunyai banyak sekali karakter dewa-dewa kuno yang terinspirasi dari mitologi asli, termasuk Thor dari mitologi Nordik, kemudian Zeus dari mitologi Yunani, dan bahkan Vishnu dari mitologi Hindu. Untuk Khonshu sendiri, dia adalah salah satu dewa atau makhluk kuat yang disembah oleh orang-orang Mesir Kuno. Digambarkan sebagai Dewa Bulan, Khonshu di Marvel Universe adalah mantan mentor Dewa Keadilan Horus dan saingan dari Dewa Kematian Seth.

Diciptakan oleh Doug Moench dan Bill Sienkiewicz, Khonshu pertama kali diceritakan di komik Moon Knight #1 pada tahun 1980. Khonshu diceritakan sebagai dewa misterius yang menjadikan Marc Spector sebagai salah satu kaki tangannya di Bumi yang disebut Priest of Khonshu. Meskipun awalnya motivasi Khonshu sangat misterius, dan tidak dijelaskan mengapa dia sangat tertarik pada Marc, pada akhirnya terungkap bahwa selama ini Khonshu memang mempersiapkan Marc untuk menjalankan beberapa misi penting untuk tujuannya.

Setelah memberi Marc kemampuan super, Khonshu menyuruhnya untuk bergabung dengan Avengers secara diam-diam. Hal tersebut dilakukan karena dia sangat ingin Moon Knight mengalahkan Seth dalam pertempuran besar Avengers yang terjadi di Asgard. Setelah mengetahui bahwa dirinya hanya dijadikan alat oleh Khonshu, Marc sempat meninggalkan Dewa Bulan tersebut, begitu juga dengan yang dirasakan oleh Khonshu, dia lebih memilih untuk menciptakan “alat” lain daripada hanya bergantung pada Marc.

Namun, pada akhirnya mereka berdua kembali bersatu, karena Marc sangat membutuhkan kekuatan Khonshu, dan Khonshu tidak menemukan orang yang bisa lebih berguna dari Marc. Pada akhirnya mereka berdua menjalin hubungan yang saling memanfaatkan satu sama lain. Awalnya Marc juga sering mempertanyakan mengapa Khonshu menciptakan banyak alter ego di dalam dirinya. Meskipun Marc sempat curiga bahwa hal tersebut sengaja dilakukan untuk merusak pikirannya, ternyata terungkap bahwa Khonshu melakukannya justru agar Marc sembuh dari kegilaannya.

Pengaruh dan Kesaktian Khonshu

Setiap tindakan Marc Spector alias Moon Knight tidak luput dari pengaruh Khonshu. Selain pernah menyuruhnya masuk ke Avengers, Khonshu juga pernah menyuruh Marc pergi ke masa lalu untuk mencuri kekuatan Avengers 1,000,000 BC di komik Avengers Vol 8 #35 (2020). Hal tersebut karena Khonshu merasa iri bahwa dia tidak diajak menjadi Avengers pada masa prasejarah. Dalam kesempatan lain, Khonshu pernah menyuruh Moon Knight untuk mencuri kekuatan Iron Fist, Doctor Strange, Ghost Rider, dan Thor, kemudian menggunakannya untuk membunuh Mephisto.

Meskipun sering menjadi pertanyaan dan juga diselimuti banyak misteri, bisa dibilang tujuan utama Khonshu adalah mengalahkan dewa-dewa serta iblis yang menurutnya terlalu kuat, karena dia ingin menjadi satu-satunya dewa paling kuat di Marvel Universe. Padahal dengan kekuatannya sendiri, sebenarnya Khonshu bisa dibilang sangat hebat, dia bisa melakukan teleportasi ke tempat-tempat yang dia ingin kunjungi. Selain mempunyai kemampuan fisik super, Khonshu juga menguasai berbagai sihir sakti, seperti telepati, menciptakan gempa bumi, healing factor, dan yang paling penting adalah keabadian.

Khonshu di Serial Moon Knight

Di trailernya, Khonshu terlihat sekilas menghantui Steven Grant (identitas lain Marc Spector) saat dia sedang berada di sebuah lift. Khonshu yang ukurannya lebih besar dari manusia, terlihat mendekat dengan tongkat bulan sabit dan kepala tengkorak burungnya yang sangat menyeramkan. Steven yang ketakutan kemudian dikagetkan dengan Khonshu yang menahan pintu lift dan seketika berubah menjadi seorang nenek. Maish belum jelas apakah nenek tersebut nyata atau jelmaan Khonshu.

Kemungkinan besar di serialnya nanti, Khonshu akan mempunyai pengaruh besar dalam hidup Marc, sama seperti di Marvel Comics, dia akan terus menghantui Marc sampai Marc mau berdamai dan mendengarkan permintaan Khonshu. Selain itu, bisa jadi villain Arthur Harrow juga mempunyai dewa lain yang mendukungnya, itulah mengapa Khonshu menyuruh Marc menjadi Moon Knight untuk mengalahkan dewa lain yang mendukung Arthur Harrow. Meskipun Arthur versi komik tidak ada hubungannya dengan dewa, tetapi setidaknya teori tersebut cukup menarik untuk diangkat di serial Moon Knight.

Itulah pembahasan siapa sebenarnya Khonshu, seperti apa pengaruhnya dalam hidup Moon Knight, dan seberapa penting kehadirannya di serial Moon Knight nanti. Untuk saat ini masih belum banyak yang diketahui dari karakter Khonshu di serialnya, apakah dia benar-benar dewa yang memberi kekuatan pada Marc Spector, atau hanya sekadar khayalan Marc. Karena walaupun karakternya berasal dari Marvel Comics, kisah MCU sering mengubah beberapa materi agar terasa lebih segar. Kita lihat saja seperti apa Khonshu di serialnya nanti, saat Moon Knight tayang perdana di Disney+ pada 30 Maret 2022.