Mempunyai nama asli Tony Stark, Iron Man adalah salah satu karakter paling populer di Marvel Universe, bukan hanya di kalangan penggemar, tetapi juga di antara para superhero lain. Meskipun sifatnya arogan dan sering terlihat menyombongkan kemampuannya, tetapi pada dasarnya Iron Man adalah superhero baik yang sering melindungi Bumi dan membantu para koleganya di Avengers. Namun, selain Iron Man utama, ada banyak Iron Man lain yang tersebar di Multiverse, dan beberapa di antaranya adalah sosok yang sangat jahat. Siapa saja mereka? Berikut lima inkarnasi Iron Man paling Jahat!

Iron Man 2020

Muncul pertama kali di komik Machine Man #2, Arno Stark adalah sepupu jahat Tony Stark yang diceritakan lumpuh sejak lahir, dan dengan armor Iron Man 2020-nya, Arno akhirnya bisa berjalan dengan ditopang teknologi canggih. Salah satu kejahatannya adalah menggunakan teknologi time travel untuk mengubah timeline sesuai dengan keinginannya. Itulah mengapa Arno sering berhadapan dengan para superhero, termasuk Iron Man dan Spider-Man. Dan karena hal tersebut juga, Arno sering diceritakan bersekutu dengan supervillain Kang the Conqueror untuk mengalahkan para superhero sekaligus menguasai timeline Marvel Universe.

Darkhold Iron Man

Selain jahat, Iron Man versi Darkhold diceritakan mempunyai tubuh yang sangat menjijikan. Hal tersebut terjadi karena armor Mark-I milik Tony Stark alias Iron Man secara misterius menyatu dengan tubuhnya sendiri, dan mulai mengeluarkan semacam cairan dari setiap lubang di armornya. Dengan pikiran yang mulai kacau, Tony kemudian menciptakan dan mengirim banyak armor yang sama ke tengah kota, dia mengumumkan bahwa armor tersebut bisa menyembuhkan semua penyakit. Ternyata, hal tersebut sengaja dilakukan agar semua warga kota mau mencobanya dan berubah menjadi cairan seperti dirinya.

Superior Iron Man

Dalam salah satu kisah Marvel Comics, diceritakan bahwa para karakter di Marvel berubah 180 derajat menjadi pribadi yang sifatnya berlawanan dari sebelumnya, dan salah satu yang terpengaruh adalah Tony Stark yang kembali menjadi sosok yang sangat serakah. Menggunakan identitas sebagai Superior Iron Man, Stark memodifikasi virus Extremis menjadi semacam obat-obatan yang bisa diakses dengan aplikasi. Setelah semua orang ketergantungan terhadap obatnya, dia kemudian memasang harga berlangganan sebesar 100 dolar per hari. Mirisnya, ketika semua karakter Marvel kembali seperti semula, Stark justru dengan sengaja mengenakan armor khusus agar tidak kembali menjadi baik.

Iron Maniac

Di kisah Marvel Team-Up, diceritakan bahwa para superhero di semesta utama (Earth-616) harus berhadapan dengan seorang penjahat tangguh yang mirip seperti Tony Stark. Dan bukan hanya sekadar mirip, karena pada dasarnya dia memang Tony Stark yang berasal dari semesta alternatif (Earth-5012). Bertujuan untuk menyerang semesta utama, Tony Stark alternatif yang menggunakan identitas sebagai Iron Maniac, kemudian mengurung Tony Stark utama dan mulai menyerang para superhero lain. Syukurnya, Captain America berhasil mengalahkannya, dan pada akhirnya Iron Maniac dipenjara oleh SHIELD.

Emperor Stark

Pertama kali diceritakan di komik Exiles #23, Emperor Stark adalah versi alternatif Tony Stark yang digambarkan sebagai sosok kejam dan sangat ambisius. Tujuan utamanya adalah menguasai dunia dengan menyebarkan teror. Salah satu upaya jahatnya adalah dengan mendanai kelompok mutan jahat Magneto agar terjadi perang besar di antara para mutan dan manusia. Tragedi tersebut menyebabkan banyak superhero tewas, termasuk Captain America. Setelah semua orang menganggap Magneto sebagai penjahat, Emperor Stark kemudian membunuh Magneto dan membuatnya terlihat seperti superhero.

Itulah lima inkarnasi Iron Man paling jahat yang ada Marvel Universe. Meskipun tidak banyak inkarnasi Iron Man yang diceritakan sebagai villain, tetapi kelima Iron Man jahat ini membuktikan bahwa jika Stark berniat untuk menjadi penjahat, maka dia bisa jauh lebih jahat dari para supervillain mana pun. Dengan kegeniusannya dan juga kekayaannya, banyak hal yang bisa dia lakukan sebagai penjahat, termasuk mengadu domba seperti yang dilakukan Emperor Stark, atau membuat para manusia tunduk padanya seperti yang dilakukan oleh Superior Iron Man.