Arc Wano Country saat ini menjadi arc yang paling panjang di seri One Piece. Arc ini bahkan mengalahkan rekor arc Dressrosa yang sempat menjadi arc terpanjang di serinya. Arc Wano sendiri pertama kali diperkenalkan pada pertengahan 2018 lalu, dan masih terus berjalan sampai saat ini. Sudah ada lebih dari 120 chapter yang sudah muncul di arc Wano.

Sampai chapter 1037 kemarin, para fans masih belum mengetahui kapan arc Wano akan selesai meskipun sebagian fans beranggapan bahwa ceritanya saat ini sudah mulai mendekati akhirnya. Namun, sebagian fans lainnya pun beranggapan bahwa arc Wano masih memiliki beberapa babak lagi yang artinya masih ada waktu yang cukup panjang untuk menyelesaikan arcnya.

Namun, meskipun arc Wano masih belum selesai banyak fans yang sudah berspekulasi mengenai arc selanjutnya. Sampai sejauh ini, arc yang membahas tentang Elbaf menjadi arc yang paling banyak diperbincangan di kalangan fans. Namun, ada juga beberapa spekulasi lainnya yang juga muncul di kalangan fans. Seperti arc tentang penyelamatan Sabo.

Seperti yang dijelaskan dalam chapter 956 kemarin, bahwa Sabo dalam keadaan bahaya. Dalam chapternya diperlihatkan bagaimana Pasukan Revolusi dan semua orang yang mengenal Sabo sangat sedih mendengar kabarnya. Namun, kita masih belum tahu apa yang sebenarnya terjadi, apakah Sabo tewas atau ditangkap. Dan inilah momen yang pas untuk menghadirkan cerita tentang menyelamatkan Sabo.

Arc tersebut juga bisa menjadi momen bagi Oda Sensei untuk memperkenalkan Pasukan Revolusi secara lebih dalam, mulai dari bagaimana Dragon membentuknya, mengapa kemudian mereka mengincar Pemerintah Dunia dan kaum naga langit, dan sebagainya. Kita juga bisa saja mendapatkan cerita masa lalu tentang sosok Monkey D. Dragon.

Selain berbicara mengenai masa lalu Dragon dan Pasukan Revolusi, arc yang juga dispekulasikan muncul setelah Wano adalah arc God Valley. God Valley merupakan sebuah pulau atau wilayah tempat terjadinya insiden paling ikonik, meskipun kemudian pihak Pemerintah Dunia memutuskan untuk menutupi semua fakta dan sejarah tentang apa yang terjadi di pulau tersebut.

Berdasarkan penuturan Sengoku, dalam insiden God Valley terdapat pertarungan antara angkatan laut, Roger, dan kelompok bajak laut Rocks. Hal inilah yang menjadi pertanyaan besar para fans. Apa yang sebenarnya terjadi pada saat itu? Arc God Valley mungkin bisa menjawab rasa penasaran dari para fans tersebut dengan membeberkan fakta sebenarnya.

Selain itu, arc God Valley tersebut pun bisa saja menghadirkan cerita lainnya. Misalnya, memperkenalkan sosok Rocks D. Xebec, bagaimana kemudian Xebec membentuk kelompok bajak lautnya, dari mana dia bertemu dengan Whitebeard, Kaido, dan sebagainya. Dan kita pun mungkin akan disuguhkan mengenai warisan tekad yang saat ini diyakini ada di sosok Blackbeard.

Ada juga yang berspekulasi tentang arc yang membahas pulau Lodestar, pulau paling ujung sebelum pulau Laugh Tale. Dalam ceritanya, Lodestar merupakan pulau terakhir yang dijelajahi oleh Roger di lautan sebelum dia meyakini bahwa ada satu pulau lainnya yang berada setelah pulau Lodestar. Para fans sendiri penasaran seperti apa sebenarnya Lodestar, ada apa saja di pulau tersebut, dan sebagainya.

Namun, sebelum melangkah ke arc selanjutnya ada hal yang harus diingat terlebih dahulu. Dalam cerita seri One Piece terdapat tiga jenis arc; micro arc, standard arc, dan long arc. Micro arc sendiri merupakan arc yang berisi kurang dari 10 chapter. Contoh dari micro arc adalah arc Reverie yang menjadi jembatan antara babak 1 dan kedua di arc Wano Country.

Standard arc merupakan arc yang berisi 10 – 40 chapter. Contohnya adalah arc Alabasta yang berlangsung selama 23 chapter. Kemudian untuk long arc adalah arc yang memang memiliki cerita yang panjang dan biasanya lebih dari 40 chapter. Contohnya adalah arc Dressrosa atau arc Wano Country yang sedang berjalan saat ini.

Mengingat arc Wano sudah menghadirkan berbagai cerita aksi, dan juga berbagai hal serius lainnya, ada baiknya jika kemudian pasca Wano kita mendapatkan arc yang ringan alias micro arc. Tujuannya tentu agar tidak ada kelelahan di kalangan para fans setelah apa yang terjadi sebelumnya. Barulah perlahan kita mulai masuk ke arc panjang selanjutnya, yang mungkin akan menjadi arc terakhir di serinya. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!