Geeks tentu mengenal tiga sosok Sannin legendaris dari desa Konoha dalam cerita Naruto. Mereka adalah Jiraiya, Orochimaru, dan Tsunade. Ketiganya dianggap sebagai sosok ninja hebat dari desa tersebut, yang mana hal ini dibuktikan dalam perang besar ninja sebelumnya. Banyak ninja musuh yang tewas di tangan mereka, dan hal inilah yang membuat ketiganya ditakuti shinobi desa lain.

Selain itu, ketiga ninja hebat ini juga yang membuat nama Konoha dikenal sebagai desa dengan para shinobi yang hebat. Dengan kekuatan yang mereka miliki wajar jika banyak shinobi takut terhadap ketiganya dan mereka pun begitu dihormati. Namun, seperti biasa, para fans mempertanyakan siapa diantara mereka yang paling kuat.

Sebenarnya, secara keseluruhan untuk bisa menentukan siapa yang paling kuat merupakan keputusan yang sulit. Ketiga Sannin legendaris ini diibaratkan seperti gunting, kertas, dan batu dalam permainan anak-anak. Gunting bisa menang melawan kertas, namun belum bisa menang melawan batu. Begitu juga kertas yang bisa menang melawan batu, namun sulit untuk menang melawan gunting.

Artinya ketiganya sangat seimbang dalam hal kekuatan. Tetapi, jika harus memilih siapa yang paling kuat, sebagian besar fans setuju bahwa pilihannya hanya ada dua yaitu Jiraiya dan Orochimaru. Mengapa kemudian Tsunade tidak masuk dalam pilihan? Tsunade adalah sosok ninja yang kuat, dan tidak perlu diragukan lagi bagaimana kekuatannya.

Tetapi, seperti yang kita ketahui Tsunade lebih mendahulukan unsur medis atau keselamatan orang-orang dibandingkan pertarungan. Sehingga teknik atau kemampuannya lebih banyak dicurahkan kepada berbagai hal yang berkaitan dengan medis. Lain dengan Jiraiya dan Orochimaru yang memang keduanya adalah petarung. Wajar jika kekuatan mereka banyak dicurahkan untuk menaklukan lawan.

Lalu, siapa yang paling kuat diantara keduanya? Meskipun sulit, Jiraiya dianggap sebagai sosok yang paling kuat diantara kedua Sannin lainnya. Jiraiya memiliki sesuatu yang jauh lebih kuat. Jiraiya mungkin tidak secerdas Orochimaru, namun Jiraiya memiliki proporsi yang baik dalam semua hal. Kisame, salah satu anggota Akatsuki dan memiliki chakra bijuu dalam dirinya, mengakui bahwa dia tidak bisa mengalahkan Jiraiya di puncak kekuatannya.

Itachi Uchiha pun pernah mengatakan bahwa dia berharap dia bisa mengalahkan Jiraiya suatu saat nanti. Pain mengakui bahwa kemenangannya terhadap Jiraiya dikarenakan Jiraiya tidak tahu rahasianya. Dan kita pun bisa melihat bagaimana Jiraiya begitu kesulitan menghadapi Pain, karena Jiraiya tidak tahu tentang identitas Pain dan rahasia di balik tekniknya. Jiraiya pun saat itu tidak tahu mengenai Rinnegan yang dimiliki oleh Pain.

Naruto sendiri berhasil menang melawan Pain, karena dia berhasil mengetahui rahasia yang dimiliki Pain berkat Jiraiya. Jiraiya bisa saja kabur dari lokasi pertarungan saat melawan Pain, namun dia memilih untuk tidak melakukannya karena dia yakin tidak akan ada orang yang mampu untuk mengungkapkan identitas asli dari Pain dan juga berbagai rahasia lainnya.

Berbicara mengenai Pain, dalam serangannya ke Konoha, Pain berhasil menghancurkan seluruh desa. Dia pun berhasil mengalahkan banyak ninja hebat mulai dari Ibiki, Kakashi, para Anbu, teman-teman Naruto, bahkan Tsunade. Naruto dan tim Guy adalah shinobi yang tersisa setelah seluruh desa Konoha hancur dan semua shinobi berhasil dikalahkan.

Jiraiya muncul dan bertarung melawan Pain sendirian tanpa mengetahui rahasia yang dimiliki Pain. Kemampuan bertarung dan kekuatannya juga dianggap sebagai salah satu yang terkuat di desa Konoha. Dan bukti yang paling baru adalah Amado pun menggunakan DNA dari Jiraiya untuk membuat Kashin Koji. Amado beranggapan bahwa Jiraiya adalah sosok kuat dibandingkan Orochimaru dan Tsunade.

Kesimpulannya, dibandingkan Tsunade dan Orochimaru, Jiraiya adalah Sannin terkuat. Namun, apakah artinya Orochimaru dan Tsunade lemah? Jawabannya adalah tidak. Baik Orochimaru dan Tsunade sama-sama memiliki kekuatan dahsyat. Orochimaru memiliki kekuatan dahsyat berkat berbagai Jutsu yang sudah dia pelajari, termasuk berbagai Jutsu terlarang.

Dia pun memiliki kecerdasan yang luar biasa, sehingga menjadi salah satu karakter paling cerdas di serinya. Tsunade pun demikian. Dia memiliki energi dan juga chakra yang sangat dahsat. Daya hancur dari serangannya tidak perlu diragukan lagi. Jika Orochimaru memiliki kecerdasan, Tsunade memiliki kelebihan dalam hal medis yang mana kemampuan medis inilah yang selalu diandalkan desa konoha.

Seperti yang disebutkan di atas, menentukan siapa yang terkuat sangatlah sulit karena mereka seimbang dan saling mengisi. Namun, meskipun begitu Jiraiya dianggap sedikit lebih baik dibandingkan dua rekannya tersebut. Bagaimana menurut kalian Geeks? Apakah kalian setuju bahwa Jiraiya adalah Sannin terkuat?