Moon Knight adalah serial MCU mendatang yang akan memulai tayangan Marvel pada tahun 2022 ini dengan kisah yang digadang-gadang akan bikin bulu kuduk merinding. Hal tersebut karena karakter utama serialnya, yaitu Marc Spector, akan diceritakan menderita kepribadian ganda yang bisa berubah sewaktu-waktu. Adapun kepribadiannya gandanya yang sudah terungkap sejauh ini adalah seorang jutawan bernama Steven Grant dan manusia super yang mendapatkan kekuatan dari Dewa Bulan Khonsu, yaitu Moon Knight.

Ditulis oleh Jeremy Slater dan digarap oleh Mohamed Diab, serial Moon Knight dibintangi oleh Oscar Isaac sebagai Marc Spector/Steven Grant/Moon Knight dan Ethan Hawke sebagai villain bernama Arthur Harrow. Baru-baru ini, Marvel telah merilis trailer perdana Moon Knight yang memperlihatkan betapa anehnya kepribadian ganda yang dialami oleh Marc. Selain itu, untuk pertama kalinya villain Arthur Harrow menampakan sosoknya yang sangat dipuja-puja oleh para pengikutnya. Siapa sebenarnya Arthur Harrow dan seberapa hebat dia? Simak pembahasannya di bawah ini, Geeks.

Ilmuwan Gila di Marvel Comics

Dari sekian banyak musuh tangguh yang pernah dihadapi Moon Knight, sebenarnya Arthur Harrow tidak terlalu sering diceritakan di Marvel Comics. Namun, bagi beberapa penggemar setia Moon Knight, Dr. Arthur Harrow adalah villain yang sangat berkesan. Diciptakan oleh Alan Zelenetz dan Chris Warner, Arthur pertama kali diceritakan di komik Moon Knight Vol. 2 #2 yang dirilis pada tahun 1985. Mempunyai rambut berwarna cokelat dan sisi kiri wajah yang lumpuh, Dr. Arthur Harrow adalah seorang ilmuwan O.M.N.I.U.M., semacam organisasi misterius yang sering mendanai penelitian para villain.

Meskipun tujuan dari O.M.N.I.U.M. masih misteri sampai sekarang, organisasi tersebut menyuruh Arthur Harrow untuk melakukan penelitian agar tubuh manusia bisa kebal dari rasa sakit. Untuk penelitian tersebut, O.M.N.I.U.M. bahkan mendirikan laboratorium rahasia di Yucatan, Mexico, tepatnya di bawah piramida suku Maya. Di sana, Arthur melakukan banyak ekperimen mengerikan dengan menjadikan para petani di sekitar sebagai kelinci percobaan. Alasan mengapa Arthur setuju untuk mengerjakan penelitian tersebut adalah untuk menyembuhkan mukanya yang lumpuh.

Pertemuan pertamanya dengan Moon Knight terjadi ketika Marc yang sedang berada di Meksiko, mendapatkan penglihatan gaib yang menunjukkan Arthur Harrow sedang melakukan ekperimen mengerikan di sebuah piramida. Marc yang pada saat itu kebetulan melihat penculikan seorang wanita bernama Victoria Grail oleh suruhan O.M.N.I.U.M., langsung menyelamatkannya dan mengetahui bahwa mereka berdua mempunyai tujuan yang sama, yaitu mencari Arthur Harrow.

Bersama Victoria yang ingin mengungkap kejahatan Arthur, Marc yang berubah menjadi Moon Knight kemudian melacak keberadaannya. Setelah menemukan tempat penelitiannya, betapa terkejutnya mereka berdua karena ternyata banyak korban eksperimen yang sekarang sudah dikendalikan pikirannya oleh Arthur. Para petani korban ekperimen tersebut ternyata merupakan hasil percobaan yang telah berhasil, karena mereka tidak bisa merasakan sakit walaupun Moon Knight mematahan tulang-tulang mereka.

Setelah Moon Knight berhasil menemukannya, Arthur Harrow mencoba kabur dengan menggunakan helikopter, sebelum pergi dia melemparkan peledak yang membuat Moon Knight terpaksa membiarkan Arthur lolos karena berusaha menyelamatkan Victoria. Arthur akhirnya bisa kabur dan bertemu dengan pemimpin O.M.N.I.U.M. yang kembali mendanai penelitiannya di sebuah laboratorium baru di Asuncion, Paraguay. Sejak saat itu, Arthur tidak pernah terlihat lagi di Marvel Comics. Dan menjadi salah satu penjahat yang berhasil memenangkan pertarungan melawan Moon Knight.

Manusia Biasa yang Mengerikan

Meskipun sebagian besar musuh Moon Knight diceritakan mempunyai kemampuan super yang berasal dari dunia gaib, Dr. Arthur Harrow justru sama sekali tidak mempunyai kemampuan super apa pun. Dia hanya seorang ilmuwan gila yang genius dalam melakukan penelitian “rasa sakit”. Sebagai orang yang sangat ahli dalam membedah dan juga ilmu sains, dia melakukan banyak ekperimen terlarang pada sekelompok manusia dan menjadikan mereka seperti zombie yang tidak merasakan sakit.

Meskipun terbilang cukup berhasil dalam penelitian dan eksperimennya, Arthur Harrow tidak pernah diceritakan berhasil menyembuhkan lumpuh di wajahnya. Di mana penyakit tersebut menjadi satu-satunya kelemahan Arthur yang membuatnya tidak pernah berhenti merasakan sakit. Itu juga yang pada akhirnya dijadikan motivasi oleh Arthur untuk melakukan semua ekperimen jahatnya.

Arthur Harrow di Serial Moon Knight

Sejauh yang terlihat di trailer Moon Knight, Arthur Harrow yang diperankan oleh Ethan Hawke terlihat mempunyai penampilan yang hampir mirip seperti di komiknya, yaitu berambut cokelat tua dan sama-sama mengenakan kemeja berwarna cokelat. Perbedaannya terletak pada wajah yang tidak memiliki brewok dan juga terlihat normal tanpa ada kelumpuhan sama sekali. Kemungkinan latar belakang Arthur di serialnya diubah menjadi lebih modern dan bisa jadi dia bukan seorang ilmuwan, melainkan seorang pemimpin sekte misterius yang akan bersinggungan dengan petualangan Moon Knight.

Sebelumnya dalam sebuah sesi wawancara, aktor Ethan Hawke sempat menggambarkan bahwa karakter yang diperankannya adalah sosok yang terinspirasi tokoh nyata David Koresh. Di Amerika sendiri, Koresh dikenal sebagai pemimpin sekte sesat Branch Davidians sekaligus orang yang bertanggung jawab atas tragedi baku tembak di Waco (1993) yang telah menewaskan banyak orang termasuk Koresh sendiri. Artinya, kemungkinan besar Arthur di serial Moon Knight akan memimpin sebuah sekte misterius, sebelum dia bertemu dengan Marc dan menyuruhnya untuk merangkul kekacauan yang ada di dalam kepalanya.

Itulah pembahasan tentang siapa Arthur Harrow dan seberapa berbahaya dia. Kemunculannya di serial Moon Knight sebagai villain, kemungkinan akan lebih besar dari sekadar ilmuwan yang ada di Marvel Comics. Apalagi jika melihat pengalama Ethan Hawke dalam berperan dalam berbgai film di Hollywood, sepertinya Arthur Harrow akan jauh lebih berbahaya dari yang terlihat. Di salah satu cuplikan trailernya terlihat juga ada seekor Anubis yang dipukuli oleh Moon Knight, mungkin monster tersebut ada hubungannya dengna Arthur. Kita lihat saja nanti ketika serial Moon Knight dirilis pada 30 Maret 2022.