X-Men adalah kisah andalan Marvel yang saat ini tengah berusaha dibesarkan oleh berbagai media Marvel, termasuk oleh Marvel Comics dan Marvel Studios. Sementara Marvel Studios akan menghidupkan kembali serial kartun X-Men: The Animated Series menjadi serial animasi X-Men ’97 di saluran streaming Disney+, Marvel Comics dipastikan akan mengadaptasi serial kartunnya menjadi serial komik baru yang diberi judul X-Men ’92: House of XCII.

Serial kartun X-Men: The Animated Series sendiri tayang dengan lima season pada tahun 1992 sampai 1997, menjadi salah satu kartun paling populer pada masanya dan masih diingat oleh para penggemar sampai sekarang. Terlepas dari kepopuleran serial kartunnya, pada tahun 2019, Marvel juga merombak secara besar-besaran kisah X-Men di komik House of X, sampai sekarang para mutan telah diceritakan mempunyai tempatnya sendiri yang disebut Krakoa. Menariknya, komik X-Men ’92: House of XCII mendatang, dipastikan akan menjadi penghubungan antara X-Men: The Animated Series dan House of X tersebut.

Ditulis oleh Steve Foxe dan digambar oleh Salva Espin, komik X-Men ’92: House of XCII akan mempunyai cerita yang kurang lebih mirip seperti House of X, di mana Professor Xavier, Magneto, dan seorang wanita misterius pertama kali menemukan pulau surga Krakoa. Meskipun di House of X wanita misterius yang dimaksud adalah Moira MacTaggert, tetapi di komik X-Men ’92: House of XCII sepertinya akan berbeda dengan versi House of X. Seperti yang terlihat pada desain sampul di atas, para mutan ikonik Marvel akan kembali dengan kostum lamanya.

Menjelang perilisan serial komiknya, penulis Steve Foxe mengungkapkan kegembiraannya bisa terlibat dalam proyek X-Men. “X-Men tahun 90-an telah memberi dampak besar pada perkembangan hidup saya,” ungkap Foxe dalam siaran pers. “Mendapatkan kesempatan untuk memberikan penghormatan kepada era yang begitu penting dalam sejarah mutan 30 tahun kemudian, dan juga menggabungkannya dengan karya kreator seperti Jonathan Hickman, Tini Howard, dan Gerry Duggan, adalah arti dari sebuah ‘pertunjukan impian’. Dan jika saya mati besok, saya akan senang, tetapi tolong bangkitkan saya di Krakoa.”

Masih perlu dilihat bagaimana Foxe akan menggabungkan kisah X-Men tahun 90-an dengan X-Men modern yang saat ini sangat populer. Ada kemungkinan kisah X-Men ’92: House of XCII nanti akan berada di universe alternatif, atau bisa juga para karakter di komiknya akan diceritakan berkunjung ke semesta utama, di mana Professor X sudah bisa berjalan dan Magneto adalah seorang anggota Quiet Council di Krakoa. Kita lihat saja nanti kebenarannya pada saat issue pertama X-Men ’92: House of XCII dirilis pada 6 April 2022.