Banyak sekali senjata kuat yang telah diperkenalkan di Marvel Universe selama bertahun-tahun. Selain senjata tradisional, seperti palu dahsyat Mjolnir milik Thor atau pedang kutukan Ebony milik Black Knight, ada banyak juga senapan canggih yang jauh lebih modern. Dari banyaknya senapan yang diceritakan dalam berbagai kisah Marvel, beberapa di antaranya terkenal karena kekuatannya, bahkan tidak jarang yang menganggap bahwa berbagai senapan ini lebih hebat dari senjata populer lainnya di mitologi Marvel. Dari mulai pistol kecil sampai blaster ukuran raksasa, berikut tujuh senapan terkuat di Marvel Universe!

Element Gun

Berbeda dengan versi MCU-nya, Element Gun milik Peter Quill alias Star-Lord di Marvel Universe jauh lebih kuat dari yang terlihat. Sebagai senapan yang diwariskan dari ayah Star-Lord, yaitu Ego the Living Planet, Element Gun mempunyai kemampuan untuk memanfaatkan sekaligus menyalurkan kekuatan elemen dasar, seperti air, udara, api, tanah, dan juga berbagai kombinasi dari elemen dasar tersebut. Sejak dipegang oleh Star-Lord, Element Gun menerima banyak pembaruan yang membuatnya lebih canggih. Selain dijadikan dua senjata, Element Gun juga terkoneksi dengan sumber kekuatan para Dewa Olympus yang membuat senapannya mempunyai energi yang tidak terbatas.

Exorcist Gun

Diproduksi oleh Stark Industries, Exorcist Gun adalah penemuan yang didanai oleh seorang keturunan Count Dracula bernama Frank Drake. Terinspirasi dari nanotech milik Stark, Exorcist Gun ditenagai oleh necrotech, semacam energi gaib yang bisa melukai makhluk gaib. Frank kemudian menggunakan senapan kuat ini sebagai senjata andalannya ketika menjadi pemburu vampir bersama Blade dan Hannibal King. Korban pertama dari tembakan senapan ini adalah Ghost Rider yang tidak berkutik setelah ditembak tepat di perut.

Hellfire Shotgun

Ketika identitas Ghost Rider dilanjutkan oleh Danny Ketch, Ghost Rider pertama yang bernama Johnny Blaze kembali sebagai manusia biasa yang tidak mempunyai kemampuan super apa pun. Untuk mengatasi musuh-musuhnya Johnny memilih Shotgun sebagai senapan andalannya, sampai suatu saat energi hellfire Ghost Rider mengalir di shotgunnya yang kemudian diberi nama Hellfire Shotgun. Yang membuat senapan neraka ini sakti adalah karena bisa membunuh semua jenis makhluk, dari yang nyata sampai yang gaib.

Knowhere Gun

Di komik Avengers Forever Vol. 2 yang baru saja dirilis pada akhir tahun 2021 lalu, diceritakan bahwa Tony Stark terlalu malas untuk membuat kostum canggih yang bisa terbang dan menembakan repulsor blast, sebagai gantinya dia justru secara tidak sengaja menciptakan Stark Particle yang bisa mengecilkan suatu objek, termasuk kepala asli Celestial yang dia temukan di dalam perut gunung berapi Kutub Utara. Stark kemudian menamainya dengan Knowhere Gun dan menggunakannya sebagai senapan yang bisa menembakan energi kosmik yang sangat dahsyat.

Phoenix Gun

Saat Wolverine dan Spider-Man berpetualang bersama sampai ke ujung timeline, mereka menemukan senjata dahsyat yang disebut Phoenix Gun. Senjata tersebut diciptakan oleh Beast pada masa depan, dan ditenagai oleh energi kosmik Phoenix Force yang maha dashyat. Selain dapat membunuh penggunanya, Phoenix Gun juga bisa menghancurkan sebuah planet dengan satu pelurunya. Di komik Amazing Spider-Man & Wolverine, Wolverine diceritakan menembakan Phoenix Gun untuk menghancurkan Doctor Doom yang pada saat itu berbentuk planet. Syukurnya, kemampuan healing factor Wolverine berhasil membuatnya tetap bertahan dari efek Phoenix Gun.

Tactigon

Digambarkan sebagai senjata omega-level, Tactigon adalah senapan hidup yang bisa berubah bentuk dan bisa menembakan energi dahsyat yang disesuaikan dengan kelemahan targetnya. Digunakan pertama kali oleh seorang gadis bernama Violet Lightner, akhirnya Tactigon diwariskan kepada seorang superhero bernama KIA. Dengan fungsi yang bisa menyatu dengan penggunanya, senapan canggih ini mempunyai AI alien yang mengklaim bahwa Tactigon mempunyai kekuatan yang setara dengan palu Mjolnir milik Thor dan Nega-Bands milik Captain Marvel.

Ultimate Nullifier

Sebenarnya Marvel tidak menjelaskan apakah Ultimate Nullifier termasuk ke dalam kategori senapan atau tidak. Namun, berdasarkan penggunaannya yang digengam dengan satu tangan dan ditembakan, untuk sementara cukup aman untuk menyebutnya sebagai “senapan”. Di seluruh Marvel Universe, Ultimate Nullifier adalah senjata terkuat yang konon bisa menghancurkan alam semesta beserta semua timeline-nya dengan sekali tembak. Bahkan bagi entitas kosmik sekelas Galactus, dia mengklaim bahwa Ultimate Nullifier adalah satu-satunya senjata yang bisa membunuhnya.

Itulah tujuh senapan paling kuat di Marvel Universe. Meskipun tidak terlalu populer, tetapi dari segi kekuatan dan kecanggihan, ketujuh senapan ini jauh lebih baik dari sebagian besar senjata di Marvel Universe. Dan tentu saja, keunggulan lainnya dari tujuh senapan kuat ini adalah bisa digunakan dari jarak jauh. Sebagai contoh, Ultimate Nullifier dan Phoenix Gun adalah dua senjata yang sangat destruktif, hanya dengan sekali tembak, suatu galaksi atau planet bisa hancur seketika.