Akhir-akhir ini popularitas Doctor Strange sepertinya telah mencapai tingkat yang lebih tinggi lagi dari sebelumnya. Bukan hanya penggemar Amerika saja yang penasaran dengan berbagai kisahnya, tetapi juga para penggemar Indonesia yang dahulu mungkin belum pernah mendengar namanya. Salah satu pemicu popularitasnya di seluruh dunia adalah kehadirannya di Marvel Cinematic Universe dengan diperankan oleh Benedict Cimberbatch. Dan sebentar lagi dia akan kembali dengan film sekuel Doctor Strange yang sangat dinanti.

Film sekuel yang berjudul Doctor Strange in the Multiverse of Madness akan mengungkap seperti apa bahaya Multiverse yang sebenarnya. Berdasarkan apa yang sudah terungkap di teaserya, ada beberapa potensi villain yang akan dihadapi oleh Strange, termasuk Karl Mordo dan Evil Strange. Melihat ancaman berbahaya tersebut, kemungkinan “mati” adalah salah satu opsi yang sulit dihindari. Namun, apakah Doctor Strange benar-benar bisa mati? Karena banyak sekali kejadian yang memperlihatkan Doctor Strange lolos dari kematian. Mari kita bahas fakta sebenarnya tentang Doctor Strange yang seakan tidak bisa mati!

Marvel Comics Tidak Bisa Mematikan Strange

Kejadian pertama yang memperlihatkan Doctor Strange lolos dari kematian adalah kisah awal kariernya sebagai superhero di komik Strange Tales #110. Di komik yang dirilis pada tahun 1963 tersebut, Strange diceritakan mengalami kecelakaan hebat yang menyebabkan mobil yang dikendarainya masuk ke dalam jurang. Alih-alih mati, dia justru berhasil selamat dari kejadian tersebut. Sebagai gantinya, kecelakaan tersebut merusak saraf lengan Strange dan membuat kariernya sebagai dokter bedah hancur seketika.

Setelah berhasil menemukan cara untuk menyembuhkan lengannya dengan berlatih sihir Mystic Art, Strange menjadi seorang penyihir sakti yang kemudian mencapai puncaknya sebagai Sorcerer Supreme. Dengan jabatan tersebut, Strange memikul beban yang sangat besar di pundaknya, yaitu harus melindungi Bumi dari segala bahaya yang mengancam, baik dari luar angkasa maupun dari luar dimensi. Sejak saat itu, dia sering diperlihatkan nyaris mati karena beberapa kejadian, tetapi dia benar-benar baru mengalaminya di serial komik Doctor Strange terbaru yang berjudul Death of Doctor Strange.

Dirilis pada akhir tahun 2021, serta ditulis oleh Jed MacKay dan digambar oleh Lee Garbett, komik Death of Doctor Strange memperlihatkan Strange yang dibunuh oleh sosok misterius yang mendatangi Sanctum Sanctorum. Keesokan paginya, Strange ditemukan tewas dengan luka tusukan di dada dan kedua tangan yang hilang. Setelah para orang-orang terdekatnya mendatangi Sanctum Sanctorum untuk melihat jasadnya, termasuk Wong dan Karl Mordo, sesaat kemudian muncul Doctor Strange muda dari dimensi lain yang mengejutkan semua orang.

Strange muda mengatakan bahwa jauh sebelum kejadian tersebut, sebenarnya Strange utama telah menyimpan dirinya yang lain di sebuah dimensi, jaga-jaga jika Strange utama mati maka Strange muda akan menggantikannya di universe utama sekaligus menyelesaikan kasus pembunuhannya. Secara tidak langsung, Marvel mengisyaratkan bahwa tidak ada cara untuk “mematikan” karakter Strange di Marvel Comics. Lantas bagaimana dengan di Marvel Cinematic Universe?

Karakter yang Paling Sering Mati di MCU

Pertama kali melakukan debut MCU-nya di film Doctor Strange (2016), dia mempunyai awal kisah yang mirips seperti di komiknya, yaitu kecelakaan mobil yang merenggut fungsi kedua lengannya. Singkat cerita setelah menjadi murid Sorcerer Supreme Ancient One, Strange diceritakan berkembang pesat menjadi seorang penyihir sakti. Dan ketika Ancient One tewas dibunuh oleh anak buah Dormammu, Strange terpaksa mengambil alih peran Sorcerer Supreme dan juga artefak kalung Eye of Agamotto yang berisi Time Stone.

Ketika berhadapan langsung dengan sang penguasa Dimensi Kegelapan, Strange menggunakan otaknya untuk mengalahkan Dormammu. Dia mengunci waktu ketika dirinya bertemu denga Dormammu di Dimensi Kegelapan, hal tersebut membuatnya terus hidup kembali pada saat yang sama ketika dia mati di tangan Dormammu. Sejauh yang bisa dilihat di film Doctor Strange, Strange mati sebanyak 13 kali, dari mulai dibakar, digantung, sampai ditimpa meteor besar. Dan dia terus kembali hidup, sampai akhirnya membuat Dormammu menyerah karena hatinya lelah dan memilih untuk melepaskan Bumi.

Kejadian di mana Strange mati tidak berhenti sampai di situ saja. Di film Avengers: Infinity Wars (2018), setelah Strange bersama Iron Man, Spider-Man, dan para Guardians dikalahkan oleh Thanos, dia diperlihatkan menjadi salah satu korban “Thanos Snap” yang telah memusnahkan setengah kehidupan di alam semesta. Terlihat dengan jelas bagaimana tubuhnya menjadi debu dan dikonfirmasi langsung oleh Marvel bahwa kejadian tersebut telah membunuh Doctor Strange bersama setengah populasi di alam semesta.

Pada akhirnya, dia diceritakan kembali hidup setahun kemudian (lima tahun di MCU) di film Avengers: Endgame (2019). Setelah para superhero yang tersisa berhasil “meminjam” Infinity Stone dari timeline lain, “Hulk Snap” berhasil membalik proses Thanos Snap dan membuat setengah populasi yang menjadi korban Thanos kembali hidup, termasuk Doctor Strange. Dia kemudian ikut bertarung bersama Avengers lain dalam pertempuran besar melawan Thanos dan pasukannya. Film pun ditutup dengan kemenangan para Avengers, dan pada titik itu Strange telah diceritakan mati lebih dari 10 kali di MCU.

Jadi Apakah Strange Abadi?

Sulit untuk mengonfirmasi apakah Doctor Strange abadi atau tidak, tetapi jika meihat apa yang sudah dia lalui sampai saat ini, cukup aman untuk mengatakan bahwa Strange tidak bisa mati. Belum diketahui apakah hal tersebut akan berlaku juga di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness yang akan datang, karena banyak kemungkinan bagi Doctor Strange untuk mati, misalnya dibunuh oleh Evil Strange atau terjebak di sebuah universe yang pada akhirnya membuatnya mati.

Namun, perlu dicatat juga bahwa ada banyak kemungkinan lain bagi Doctor Strange untuk kembali hidup, misalnya sama seperti di komik Death of Doctor Strange. Karena sekarang dia telah mengetahui adanya Multiverse, setelah kejadian di Spider-Man: No Way Home (2021), Doctor Strange bisa saja mencari varian dirinya yang masih muda dan mempersiapkannya untuk menggantikan Strange utama ketika tewas oleh villain di Multiverse of Madness. 

Itulah pembahasan mengenai apakah Doctor Strange benar-benar tidak bisa mati di MCU. Dengan sejarahnya yang panjang di Marvel Comics dan juga MCU, sepertinya Strange tidak akan semudah itu untuk mati, karena banyak sekali kemungkinan bagaimana dia bisa hidup kembali. Belum lagi sepertinya Marvel tengah mempersiapkan Doctor Strange sebagai salah satu karakter sentral di New Avengers pada masa yang akan datang, jadi bisa disimpulkan “keabadian” Doctor Strange datang dari Marvel sendiri yang sangat sulit untuk merelakannya. Bagaimana menurut kalian, Geeks?