Tidak diragukan lagi bahwa Diana Prince alias Wonder Woman adalah superhero wanita paling perkasa di DC Universe, bahkan tidak jarang dia diperlihatkan mempunyai kemampuan yang setara dengan Superman dalam beberapa aspek. Sejak diperkenalkan pada tahun 1942, dia digambarkan sebagai sosok wanita Amazon yang mendapatkan kekuatan langsung dari para Dewa Olympus. Walaupun begitu, dia sebenarnya bisa saja jauh lebih hebat dari yang terlihat sekarang, sayangnya ada beberapa kejadian yang justru melemahkan kemampuannya. Berikut 5 kejadian yang melemahkan Wonder Woman!

Berkubu dengan Superman di Injustice

Injustice adalah kisah DC yang sangat legendaris, di dalamnya diceritakan bahwa para superhero dan supervillain berbaru menjadi dua kelompok besar yang saling berseteru. Kelompok pertama dipimpin oleh Batman yang ingin menggulingkan kekuasaan Superman, sedangkan kelompok kedua dipimpin oleh Superman yang ingin menaklukan dunia dan membunuh semua yang menghalanginya. Pada saat itu Wonder Woman yang awalnya diceritakan sebagai wanita bijaksana, diperlihatkan berkubu dengan Superman yang menjadi jahat. Secara tidak langsung kejadian tersebut telah mencoreng nama baik Wonder Woman di DC Universe dan juga di hati penggemar.

Berpacaran dengan Superman

Melihat karakternya Superman dan Wonder Woman yang sama-sama menjadi figur favorit di DC Universe, banyak sekali penggemar yang menjodohkan Wonder Woman dengan Superman. Karena merasa perlu, pada akhirnya DC membuat mereka berdua benar-benar pacaran dalam beberapa kisah komik yang ikonik, termasuk The Dark Knight Strikes Again, Kingdom Come, dan JLA Act of God. Pada akhirnya mengapa kejadian tersebut melemahkan Wonder Woman, karena dia sebenarnya sudah sangat cocok dengan Steve Trevor, yang sering memberinya semangat dan menjadikannya karakter yang lebih kuat.

Hanya Mengandalkan Kekuatan Fisik

Tidak banyak yang tahu bahwa Wonder Woman bukan hanya tangguh secara fisik, tetapi dia juga mempunyai kemampuan yang berhubungan dengan psikis. Di era sebelum Crisis, kemampuan psikis tersebut memungkinkan dia untuk melakukan telepati, menembakan proyektil gaib, dan juga membaca masa depan. Sayangnya, kemampuan tersebut dihilangkan saat masuk era Crisis, dia menjadi superhero wanita yang lebih sering memperlihatkan kekuatan fisiknya, dengan berberapa perlengkapan sakti, seperti Lasso of Truth, pelindung tangan sihir, dan jet transparan.

Menjadi Sekretaris di Justice League 

Sebenarnya bisa dibilang semua kisah dan latar belakang Wonder Woman yang diceritakan di DC Comics nyaris sempurna. Namun, ada satu kejadian memalukan yang pernah dialami oleh Wonder Woman pada awal-awal debutnya sebagai superhero wanita di DC Comics, tepatnya di komik All-Star Comics #13. Diceritakan bahwa setelah para superhero DC bersatu dan membentuk Justice Society of America (nama lain Justice League pada saat itu), dia diceritakan hanya diundang sebagai sebagai “sekretaris” JSA di antara para superhero pria. Kejadian diskriminasi tersebut pada akhirnya mengerdilkan kehebatan Wonder Woman yang sebenarnya lebih hebat dari para superhero pria pada saat itu.

Sempat Menjadi Anak Buah Darkseid

Tentu saja Darkseid adalah ancaman yang serius bagi Bumi dan juga para pelindungnya, yaitu Justice League, tanpa terkecuali bagi Wonder Woman. Dan yang lebih mengerikan lagi, ternyata di kisah Final Crisis, Darkseid pernah diceritakan berhasil menginfeksi Wonder Woman dengan bakteri Morticoccous yang dapat mengubah superhero menjadi pelayan Darkseid. Dengan cepat Wonder Woman menjadi salah satu pemimpin pasukan Darkseid yang menyerang superhero lain. Meskipun pada akhirnya diceritakan sembuh, tetapi pengalamannya membuat Wonder Woman mempunyai satu kelemahan yang fatal.

Entah disadari atau tidak, itulah 5 kejadian di DC Universe yang pada akhirnya melemahkan Wonder Woman. Jika saja Wonder Woman tidak melalui lima kejadian ini, mungkin saat ini dia menjadi superhero terkuat di DC, bahkan mengalahkan Superman yang tidak mempunyai kemamuan psikis seperti Wonder Woman di era sebelum Crisis. Bagaiamana menurut kalian, Geeks, apakah Wonder Woman lebih hebat pada masa lalu atau sekarang?