Setelah sukses melakukan debutnya di film The Suicide Squad (2021), Christopher Smith alias Peacemaker yang diperankan oleh John Cena akhirnya kembali lagi dengan serial solo berjudul Peacemaker yang lebih nyeleneh dari sebelumnya. Banyak hal menarik yang sudah terungkap di tiga episode perdana Peacemaker, selain fakta bahwa Ayah Peacemaker Adalah White Dragon dan Butterflies Adalah Ancaman Berskala Global, terungkap juga bahwa sebenarnya Peacemaker mempunyai lebih dari satu helm silver!

Peacemaker mengaku bahwa helm dan kostum yang dia kenanakan adalah seragam yang sangat dia banggakan ketika dia beraksi. Dan ketika dia kehilangan helmnya karena dipakai untuk membayar taksi, dia kembali ke rumah ayahnya, Augie Smith, untuk mengambil cadangan helm yang lainnya. Tersimpan di sebuah ruangan rahasia yang sangat canggih, helm silver Peacemaker mempunyai banyak bentuk dan fungsi yang mengejutkan. Apa saja kemampuan yang dimiliki oleh helm-helm Peacemaker tersebut? Mari kita bahas, Geeks!

Kemampuan dan Fungsi Helm Peacemaker

Sejak pertama kali muncul di The Suicide Squad, Peacemaker terlihat dengan bangga memakai helm silver kesayangannya. Secara umum, fungsi dasar helm yang digunakan oleh Peacemaker adalah untuk melindungi kepala sekaligus identitasnya. Terbuat dari logam yang sangat kuat, kemudian diberi warna silver, helm tersebut melindungi kepala Peacemaker dari serangan peluru. Meskipun ada banyak ruang yang terbuka di wajahnya, setidaknya peluru akan sulit untuk menembus bagian tertentu.

Dan yang kedua, selain melindungi kepalanya, helm tersebut juga membuat identitasnya tetap “terjaga” sebagai Peacemaker. Maksud terjaga di sini, bukan terjaga kerahasiaan identitasnya, melainkan terjaga bahwa semua orang akan mengenalinya sebagai Peacemaker. Seperti yang terlihat di awal episode 1, Chris sangat narsis dengan identitasnya sebagai Peacemaker, dia bahkan bertanya pada orang lain apakah mereka mengenalnya atau tidak, karena menurutnya Peacemaker adalah superhero yang terkenal.

Serial Peacemaker episode 1 mengungkap juga bahwa ada banyak helm silver yang bisa digunakan oleh Peacemaker. Diciptakan oleh Augie alias White Dragon, masing-masing helm tersebut mempunyai kemampuan yang sangat unik. Sejauh yang sudah terlihat ada 9 helm (mungkin lebih) yang terlihat di ruang penyimpanan super canggih milik Augie, dan 5 di antaranya sudah terungkap seperti apa kemampuannya. Simak berbagai kemampuan helm Peacemaker yang sudah terungkap di bawah ini:

– Sonic Blast Helm: Helm yang satu ini adalah yang dipilih oleh Peacemaker untuk menggantikan helm biasanya yang dipakai membayar taksi. Ketika diaktifkan menggunakan suara Peacemaker, helm ini akan memberikan perlindungan pada seluruh tubuh penggunanya dan kemudian mengeluarkan ledakan sonic yang sangat destruktif. Di ending episode 1, kekuatan Sonic Boom dari helm Sonic Blast ini mampu menghancurkan tubuh manusia dan membuat lingkungan sekitar seperti terkena ledakan.

– Force Field Helm: Dari namanya, kemungkinan besar kemampuan helm Force Field adalah untuk menciptakan semacam medan kekuatan transparan yang bisa difungsikan sebagai alat untuk bertahan maupun menyerang. Seperti yang bisa dilihat di berbagai kisah komik, force field adalah kemampuan transparan yang bisa melindungin diri dari berbagai serangan besar, termasuk rentetan peluru dan ledakan, serta bisa digunakan untuk mendorong dan melempar musuh.

– Fish Helm: Tidak diketahui apa nama resmi dari helm ini, tetapi untuk mempermudah penyebutan, sementara kita sebut saja “Fish Helm” karena mempunyai fungsi untuk bernafas di dalam air. Seperti yang dijelaskan oleh Augie, helm Fish membuat penggunanya bisa bernafas di dalam air meskipun tidak membawa tabung oksigen. Helm ini sangat cocok bagi Peacemaker yang akan melakukan misi bawah air, misalnya berkunjung ke rumah King Shark atau sekadar mencari tahu apakah benar bahwa Aquaman menggauli ikan juga di dalam air, seperti yang dipercaya oleh Peacemaker.

– X-Ray Vision Helm: Kemungkinan besar helm ini mempunyai fungsi yang sama seperti kemampuan x-ray Superman, di mana dengan menggunakan helm ini Peacemaker bisa melihat tembus pandang terhadap benda dan juga makhluk di sekitarnya. Dan mungkin fungsi yang lebih canggih lagi tingkatan tembus pandangnya bisa diatur, sehingga Peacemaker bisa memilih sendiri apakah ingin melihat detak jantung musuh atau hanya sekadar tembus pakaian saja (Mungkin untuk melihat tanda lahir dari musuh yang sedang dia investigasi ya, Geeks, entahlah).

– Scabies Helm: Helm terakhir yang sudah terungkap adalah Scabies Helm. Berdasarkan penjelasan Augie di credit scene episode 1, helm Scabies memberikan “tantangan” pada penggunanya, karena menurutnya semua pria harus mengalami penyakit kulit scabies sekali seumur hidup. Mungin Peacemaker akan menggunakannya saat dia menginginkan tantangan yang lebih, atau bisa saja suatu saat nanti dia akan meminjamkannya pada Bloodsport. IYKWIM.

Meskipun kemampuan helm lainnya masih belum terungkap, kemungkinan besar sisanya juga mempunyai kemampuan yang tidak kalah hebat dari kelima helm yang sudah terungkap. Beberapa potensi kemampuan lainnya yang akan sangat menarik untuk muncul pada masa depan Peacemaker adalah Night Vision Helm yang bisa melihat dalam kegelapan, Anti-Telepathy Helm yang membuat pikirannya tidak bisa dibaca, atau mungkin Charming Helm yang bisa mengubah wajah penggunanya menjadi lebih tampan dan rupawan.

Seberapa Kuat Helm Peacemaker?

Kesimpulannya seberapa kuat helm silver kebanggaan Peacemaker? Berdasarkan apa yang sudah terungkap, helm Peacemaker adalah elemen penting dari karakternya sendiri yang memungkinkan dia bersanding dengan para karakter super di DC Universe, khususnya di DCEU. Jika ada peribahasa yang mengatakan bahwa kekuatan alat ditentukan oleh penggunanya, sepertinya hal tersebut tidak berlaku untuk Peacemaker, karena justru kekuatan Peacemaker yang ditentukan oleh helm. Jadi selama Peacemaker tidak mati, bisa disimpulkan bahwa helm silvernya mempunyai kemampuan unik yang super kuat!

Itulah pembahasan berbagai kemampuan helm Peacemaker. Meskipun Peacemaker terlihat melepaskan helmnya dalam beberapa kesempatan, tetapi dengan ancaman global dari “Project Butterfly”, tampaknya mulai saat ini Peacemaker harus lebih sering menggunakan helm kesayangannya. Dan bukan tidak mungkin, episode-episode Peacemaker selanjutnya akan mengekplorasi kemampuan helm lainnya. Kita nantikan saja ya, Geeks.