Haki merupakan sebuah kekuatan yang sangat luar biasa yang hanya dimiliki oleh sebagian kecil saja orang-orang di seri One Piece. Tidak semua orang mampu membangkitkan Haki dalam diri mereka. Meskipun sebagian besar orang-orang yang ada di New World memiliki kemampuan ini, namun jika dibandingkan dengan jumlah seluruh orang yang ada di dunia, hanya sedikit saja yang mampu menggunakan kekuatan ini.

Haki sendiri pada dasarnya adalah kemampuan spiritual, yang membuat seseorang mampu menggunakan tekad atau semangat mereka untuk sesuatu yang sangat luar biasa dalam sebuah pertarungan. Haki sendiri, seperti yang kita ketahui, di bagi menjadi tiga jenis. Pertama adalah Observation Haki, kemudian Armament Haki, dan Conqueror Haki.

Cara Membangkitkan Haki

Haki merupakan sebuah kekuatan yang cukup kompleks untuk dibangkitkan dan di sepanjang serinya hanya ada beberapa orang saja yang mampu melakukannya. Beberapa orang memang lahir dengan kemampuan Haki dalam dirinya, contohnya adalah Aisa yang berasal dari ras Shandia. Sedari kecil, Aisa mampu menggunakan Observation Haki atau Mantra tanpa perlu latihan untuk bisa membangkitkannya.

Bahkan, Aisa mampu menggunakan Observation Haki dalam skala yang lebih besar terlepas dari usianya yang masih sangat kecil. Kemudian yang juga lahir dengan kekuatan Haki adalah para penduduk Suku Kuja. Bedanya, mereka lahir dengan kemampuan Armament Haki, yang membuat serangan mereka jauh lebih kuat dan berbahaya. Contohnya adalah mereka melapisi panah mereka dengan Haki.

Namun, selain dari pada Haki memang sudah ada dalam diri seseorang sejak lahir, Haki pun bisa dibangkitkan dengan dua cara. Cara yang paling mudah adalah dengan berlatih dengan seseorang yang memang sudah ahli dalam kemampuan Haki. Contoh nyata dari hal ini adalah Monkey D. Luffy yang berlatih di bawah pengawasan sosok Silvers Rayleigh yang memang dikenal memiliki kemampuan Haki yang sangat dahsyat. Dalam waktu dua tahun, Luffy berhasil membangkitkan seluruh jenis Haki dalam dirinya.

Hal yang sama juga diperlihatkan oleh Roronoa Zoro yang dilatih oleh ahli pedang terbaik di dunia, Dracule Mihawk. Selain mengajari cara berpedang, Mihawk juga mengajari Zoro tentang kemampuan Haki, khususnya Armament Haki. Cara lainnya untuk bisa membangkitkan kemampuan Haki adalah berada dalam situasi genting atau situasi antara hidup dan mati. Dalam situasi terdesak biasanya manusia akan mengeluarkan kekuatan yang tidak mereka duga.

Dalam pertempuran puncak di Marineford, kita melihat bagaimana Coby membangkitkan Observation Haki dan menyelamatkan banyak nyawa angkatan laut lainnya. Sanji juga membangkitkan Armament dan Observation Haki saat dia berada di kerajaan Kamabakka. Saat itu, nyawa Sanji berada dalam ancaman karena terus dikejar-kejar oleh para Okama yang ada di sana. Sehingga tanpa disadari Sanji berhasil membangkitkan kedua Haki tersebut.

Mengapa Orang Biasa Tidak Pernah Membangkitkan Kemampuan Haki

Meskipun Haki adalah sebuah kemampuan yang bisa diakses atau bisa dibangkitkan dan dipelajari oleh semua orang, namun mayoritas memilih untuk tidak membangkitkan kemampuan ini. Selain dari kasus khusus di mana mereka sudah lahir dengan kemampuannya, seperti di sebutkan di atas bahwa Haki bisa dibangkitkan dengan cara berlatih atau berada dalam situasi hidup dan mati.

Namun, mayoritas orang-orang dalam cerita One Piece tidak bisa dan tidak pernah mendapatkan latihan yang layak seperti halnya Luffy dan Zoro. Sehingga bagi mereka membangkitkan Haki melalui metode ini mustahil untuk dilakukan. Orang-orang biasa bisa saja membangkitkan kemampuan Haki dengan cara yang lain, yaitu berada dalam situasi yang berbahaya yang mengancam nyawa mereka.

Tetapi, yang perlu dicatat, berada dalam situasi yang berbahaya sekali pun tidak menjadi jaminan bahwa mereka akan membangkitkan kekuatan Haki. Hal ini dikarenakan orang-orang biasa hampir tidak pernah terlibat dalam situasi pertarungan dengan intensitas tinggi. Misalnya, orang-orang biasa sangat jarang terlibat dalam pertarungan menghadapi bajak laut. Yang terjadi mereka justru takut terhadap bajak laut.

Mereka yang sering berada dalam situasi pertarungan dengan intens tinggi biasanya adalah orang-orang yang ada di New World. Inilah alasannya mengapa para penduduk di New World banyak yang memiliki kemampuan Haki. Bukan berarti Haki tidak bisa dibangkitkan di dalam diri orang-orang biasa. Dengan situasi yang tepat, siapa pun rasanya bisa membangkitkan kekuatan tersebut.

Hanya saja, bagi sebagian besar orang, situasi berbahaya yang dibutuhkan untuk menguji kekuatan mereka dan mendapatkan kemampuan Haki tidak pernah muncul, karena mereka memang tidak pernah terlibat dalam pertarungan tensi tinggi.