Monkey D. Dragon merupakan salah satu karakter paling penting di seri One Piece, mengingat dia adalah pemimpin dari salah satu organisasi terbesar dalam sejarah. Dragon merupakan pemimpin dari organisasi Pasukan Revolusi, serta dikenal sebagai penjahat paling buruk di seluruh dunia. Hal ini memberikan gambaran seberapa mengerikan dan berbahayanya sosok Dragon.

Sayangnya, sampai sejauh ini masih belum banyak informasi yang diketahui dari sosok Dragon, terutama mengenai kekuatannya. Meskipun begitu, bagaimana dia menjadi pemimpin Pasukan Revolusi dan juga menjadi penjahat paling dicari memberikan petunjuk tentang kekuatannya. Berbicara mengenai kekuatan dari Dragon, terdapat lima kemungkinan kekuatan yang dimiliki oleh Monkey D. Dragon. Apa saja?

Buah Iblis

Salah satu kekuatan yang paling banyak diteorikan oleh para fans dari kekuatan Dragon adalah dia memiliki kekuatan buah iblis. Dan buah iblis yang paling banyak dispekulasikan adalah buah iblis Logia yang berkaitan dengan cuaca, khususnya angin. Hal ini berdasarkan beberapa bukti, seperti selalu munculnya badai atau hujan deras ketika Dragon muncul di sebuah tempat.

Kekuatan buah iblis Dragon juga yang kemudian membuat Luffy bisa kabur dari Smoker saat berada di Loguetown. Juga, buah iblis ini yang sudah menolong Sabo yag terluka, serta orang-orang di Grey Terminal yang tempatnya dibakar. Dragon membuka jalan bagi mereka untuk bisa kabur. Rasanya memang masuk akal jika kemudian Dragon memiliki kekuatan buah iblis.

Ryuo

Ryuo merupakan kekuatan yang dahsyat yang mirip seperti Armament Haki, karena memang berasal dari kekuatan yang sama yaitu Haki. Bahkan, bisa dibilang Ryuo merupakan kata lainnya dari Armament Haki, karena Ryuo digunakan hanya di wilayah Wano. Meskipun mirip dengan Armament Haki, pengaplikasiannya berbeda dari Armament Haki.

Inilah yang menjadi alasan mengapa para samurai di Wano dianggap sangat hebat. Ryuo membuat seseorang mampu untuk mengalirkan Hakinya tanpa halangan dari satu titik tubuhnya ke titik yang lain. Dengan Ryuo, penggunanya bisa membuat Haki jauh lebih kuat dan lebih efektif. Mengingat beberapa karakter hebat di serinya memiliki kemampuan ini – seperti Roger dan Luffy – rasanya tidak heran jika Dragon juga menguasai tekniknya.

Voice of All Things

Kemampuan ini merupakan salah satu kemampuan yang masih misterius sampai sekarang. Voice of All Things merupakan kekuatan yang membuat seseorang mampu mendengar “suara” dari semua hal yang ada di sekitar mereka. Hal tersebut termasuk makhluk hidup, binatang, dan bahkan benda mati seperti halnya Poneglyphs. Ketika Roger berada di Skypiea, dia bisa dengan mudah menemukan lokasi Golden Bell dengan mengikuti suara Poneglyph.

Kemampuan untuk bisa mendengar semua hal ini merupakan kemampuan yang sangat langka. Sejauh ini diketahui hanya orang-orang hebat saja yang memiliki kemampuan ini, contohnya adalah Roger, Kozuki Oden, Momonosuke, dan bahkan Luffy. Roger pun mungkin memiliki kemampuan ini, karena itulah dia dianggap sebagai ancaman terbesar dunia oleh pihak pemerintah.

Haki

Selain kemampuan buah iblis, sebagian fans lainnya berspekulasi bahwa Dragon memiliki kemampuan Haki. Spekulasi tersebut rasanya memang logis, mengingat siapa sosok Dragon. Bagaimana kemudian Dragon menahan serangan Smoker dan juga membantu Luffy, mungkin bisa menjadi bukti bagaimana Dragon memiliki kemampuan Haki.

Yang menjadi pertanyaanya kemudian apakah Dragon memiliki semua kemampuan Haki atau hanya sebagian? Mengingat reputasi Dragon, mungkin dia memiliki semua kemampuan Haki mulai dari Armament Haki, Observation Haki, dan bahkan Conqueror Haki. Armament Haki dan Conqueror Haki sepertinya menjadi dua jenis Haki yang dimiliki Dragon.

Advanced Conqueror Haki

Monkey D. Dragon kemungkinan bukan hanya memiliki kemampuan dari ketiga jenis Haki. Dia juga kemungkinan memiliki kemampuan level tertinggi dari Conqueror Haki. Seperti yang disebutkan oleh Kaido, hanya mereka yang dianggap sosok kuat yang memiliki kekuatan tersebut. Advanced Conqueror Haki membuat penggunanya bisa melapisi serangan atau tubuhnya dengan Haki Penguasa.

Dengan teknik ini, serangan yang dilancarkan akan jauh lebih dahsyat dan lebih mematikan. Daya hancurnya juga sangatlah luar biasa. Selain itu, teknik ini membuat penggunanya bisa melapisi tubuhnya dengan Haki Penguasa, membuat mereka menjadi sulit untuk dilukai. Inilah rahasia kekuatan dari Kaido selama ini. Dan dengan Dragon dianggap sebagai sosok yang kuat, artinya dia pun menguasai teknik ini.

Monkey D. Dragon menjadi salah satu karakter yang penampilannya sangat dinantikan oleh para fans. Mereka juga menantikan bagaimana Dragon menunjukan kemampuannya. Saat ini, Dragon sendiri sedang berada di Kamabakka, setelah Baltigo hancur. Apakah Dragon akan mulai bergerak mengingat apa yang terjadi kepada Sabo? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!