Sejak pertama kali kisah Harry Potter diciptakan oleh J.K. Rowling, sampai saat ini sudah menelurkan waralaba film prequel yang berjudul Fantastic Beasts, banyak sekali hal menarik di mitologinya yang seakan tidak pernah ada habisnya untuk dibahas, dari mulai berbagai sihir yang unik, sampai para makhluknya yang sangat menarik. Dan dari sekian banyak ragam mitologi Wizarding World, ada beberapa kemampuan sihir spesial yang diceritakan hanya dimiliki oleh para penyihir tertentu. Dari banyaknya penyihir sakti yang telah diperkenalkan, berikut 5 penyihir yang terbukti memiliki kemampuan spesial!

Severus Snape 

Tidak diragukan lagi bahwa karakter Severus Snape adalah yang paling rumit di semesta Harry Potter. Memulai penampilannya sebagai guru yang menyebalkan, pada akhirnya kematian Severus telah menyebabkan para penggemar Harry Potter bersedih. Severus sering digambarkan sebagai guru yang sangat ahli dalam bidang ramuan. Ternyata, selain ahli ramuan, dia juga mempunyai kemampuan sihir spesial yang bisa membaca pikiran orang lain, yaitu Legilimency. Begitu juga Occlumency yang dikenal sebagai sihir anti-Legilimency. Dan secara diam-diam Severus mengajarkan Occlumens pada Harry Potter.

Queenie Goldstein

Legilimency adalah sihir spesial yang memerlukan pelatihan khusus sekaligus rumit, hal tersebut terbukti saat Severus mencoba untuk menguasainya selama bertahun-tahun. Namun, di film Fantastic Beasts, Queenie Goldstein diceritakan mempunyai kemampuan Legilimens yang jauh lebih hebat lagi. Alih-alih didapatkan melalui pelatihan rumit, Queenie terlihat secara alami mengembangkan kemampuan Legilimency-nya. Kemampuan hebat Queenie diperlihatkan ketika dia bisa merasakan penderitaan adiknya, yaitu Tina Goldstein, yang pada saat itu sedang terancam dieksekusi dan berada di tempat yang sangat jauh.

Credence Barebone 

Dari para penyihir yang menguasai Legilimens, kita beralih kepada karakter dari Fantastic Beast yang bernama Credence Barebone alias Aurelius Dumbledore. Di Fantastic Beast, Credence digambarkan sebagai sosok yang tumbuh dalam pengasuhan kasar dari seorang No-Maj bernama Mary Lou Barebone. Siksaan dan depresi yan dialaminya membuat sihir Credence kacau dan menjadi semacam kekuatan destruktif yang disebut Obscurus. Meskipun didapatkan secara tidak sengaja, tetapi cukup jelas bahwa Obscurus adalah sihir spesial yang sejauh diperlihatkan hanya dimiliki oleh Credence Barebone.

Voldemort

Sejak pertama kali muncul sebagai antagonis di kisah Harry Potter, banyak hal yang mengindikasikan kecintaan Voldemort pada ular. Dia menjadikan Nagini yang awalnya manusia menjadi salah satu Horcrux-nya. Kemudian, dia juga adalah seorang murid Hogwarts kelas Slytherin yang sejak awal memang menggunakan ular sebagai lambangnya. Dan sebagai Dark Lord, Voldemort ternyata mengusai sihir spesial yang disebut Parseltongue atau bahasa ular. Itulah mengapa Nagini sangat setia pada Voldemort, salah satu alasannya karena Voldemort menguasai Parseltongue.

Harry Potter

Sebagai penyihir muda, sebenarnya Harry Potter hampir sama seperti murid lain di Sekolah Hogwarts. Ketika dia diramalkan sebagai Chosen One yang ditakdirkan untuk mengalahkan Voldemort, hal tersebut karena memang sejak awal Voldemort telah memilihnya. Namun, seiring berjalannya waktu, terungkap bahwa Harry Potter menguasai Parseltongue seperti Voldemort. Dan saat mulai bisa menerima takdirnya, terungkap juga bahwa Harry adalah salah satu Horcrux hidup milik Voldemort, di mana hal tersebut membuatnya selamat saat Voldemort menyerangnya dengan Avada Kedavra yang mematikan.

Itulah lima penyihir di semesta Wizarding World yang diceritakan mempunyai kemampuan sihir spesial. Dengan berbagai sihir yang mereka miliki tersebut, kelima karakter ini telah menjadi sebagian kecil penyihir yang memiliki kemampuan sihir unik yang tidak dimiliki oleh orang lain. Di mana tidak jarang kemampuan spesialnya ini justru mengantarkan mereka menjadi penyihir terhebat di semestanya.