Di sepanjang seri One Piece, Monkey D. Luffy selaku protagonis utama dalam serinya selalu mengungkapkan mimpi terbesarnya terhadap semua orang yaitu menjadi seorang raja bajak laut. Seiring berjalannya cerita dan juga bagaimana cerita di serinya berkembang secara prograsif semakin dalam dan dalam, makna dari titel raja bajak laut sendiri sepertinya mulai barubah.

Meskipun Luffy jelas masih ingin menjadi seorang raja bajak laut, namun titel tersebut sepertinya bukan lagi menjadi satu-satunya tujuan akhir dari sang protagonis utama. Titel raja bajak laut saat ini sudah berkembang menjadi sesuatu yang memang menjadi impian bagi semua orang. Contohnya Kaido dan Big Mom pun ingin menjadi raja bajak laut.

Raja Bajak Laut Bukan Tujuan Akhir

Di sepanjang serinya, titel raja bajak laut terus dibangun hype-nya sebagai tujuan akhir dari petualangan di Grand Line. Dan sekarang bahkan keempat penguasa samudra alias para Yonko, yang merupakan bajak laut paling dengan pulau terakhir, juga bahkan menginginkan untuk menjadi raja bajak laut, sang penguasa lautan dan dunia.

Big Mom adalah contoh nyata dari hal di atas. Big Mom memiliki dua mimpi besar yang bisa dia wujudkan ketika dia berhasil meraih titel raja bajak laut. Pertama, semua orang akan mengarahkan pandangannya hanya kepada Big Mom. Kedua, dia ingin membangun sebuah negara di mana semua ras bisa tinggal dan hidup dengan damai dalam sebuah harmoni.

Kedua mimpi tersebut membutuhkan level kekuatan dan pengaruh yang sangat besar, di mana hanya raja bajak laut yang bisa melakukannya. Kaido pun memiliki agendanya sendiri ketika dia berhasil mendapatkan titel sebagai raja bajak laut. Kaido hanya ingin peperangan dan juga kekacauan besar yang terjadi di seluruh dunia One Piece, karena dia sudah lelah dan bosan dengan dunia tersebut.

Menjadi raja bajak laut memberikan Kaido kemampuan dan kekuatan untuk bisa memulai perang besar di dunia tersebut, apalagi jika dia bisa tetap menguasai wilayah Wano di mana ada banyak pabrik senjata berdiri. Sama halnya seperti Kaido, Blackbeard juga ingin kekacauan dan kehancuran terjadi di dunia.

Meskipun ketiga Yonko tersebut memiliki tujuan dan mimpi mereka masing-masing saat mendapatkan titel sebagai raja bajak laut, namun mereka tidak pernah sekali pun menyebutkan tentang keinginan sebenarnya dan keinginan terdalam mengapa mereka ingin menjadi seorang bajak laut.

Jika menjadi raja bajak laut diartikan menjadi orang yang paling bebas di lautan, maka ketiga Yonko ini bisa dibilang salah untuk mengejar titel tersebut. Di sisi lain, Shanks adalah sosok yang berbeda dengan ketiga Yonko lainnya. Shansk sudah sejak lama menyadari bahwa menjadi raja bajak laut artinya dia harus menjadi sosok yang jauh lebih hebat dari raja bajak laut itu sendiri.

Maksudnya, siapa pun yang akan menjadi raja bajak laut selanjutnya harus jauh lebih hebat dan kuat dibandingkan Roger, dan memberikan dampak yang jauh lebih besar dibandingkan yang pernah dilakukan Roger sebelumnya. Saat Shanks bertemu dengan Luffy, dia menyadari bahwa Luffy adalah sosok yang potensial untuk bisa melampaui Roger.

Inilah yang mungkin membuat Shanks akhirnya memutuskan untuk membantu Luffy untuk menjadi apa yang sudah ditakdirkan kepadanya. Dengan menyadari makna sesungguhnya dari titel raja bajak laut, Shanks paham bahwa dia bukanlah sosok yang pas untuk titel tersebut. Shanks juga tahu bahwa dia tidak akan bisa memenuhi apa yang sebelumnya gagal untuk dilakukan.

Tujuan Luffy untuk menjadi raja bajak laut adalah menjadi orang paling bebas di lautan. Namun, ketika Luffy sudah mencapai Laugh Tale dan mempelajari tentang sejarah sebenarnya dunia ini, Luffy rasanya tidak akan lagi berpikir bahwa menjadi raja bajak laut adalah menjadi orang paling bebas di lautan.

Luffy mungkin akan mempelajari sesuatu tentang abad yang hilang di mana salah satu poin dari rahasia tersebut berkaitan dengan hilangnya kebebasan yang ada. Hasilnya, Luffy akan berbuat sesuatu yang akan mengembalikan semua kebebasan tersebut. Dan akhirnya Luffy pun akan menjadi sosok yang jauh lebih hebat dari raja bajak laut, dengan cara menjadi sosok yang membebaskan dunia dari tirani Pemerintah Dunia.

Tidak ada kandidat raja bajak laut lainnya yang memiliki keinginan dan juga mimpi tentang kebebasan seperti yang dimiliki Luffy. Hal ini bisa dilihat dari karakter mereka. Blackbeard diperlihatkan tidak peduli dengan semua aspek kehidupan, kecuali kekuasaan dan kekuatan. Kaido dan Big Mom memiliki budak di wilayah mereka.

Luffy menjadi satu-satunya karakter yang memang pantas dan cocok untuk menjadi raja bajak laut. Ketika Roger tiba di Laugh Tale, dia sadar bahwa kemunculannya masih terlalu awal. Dia bukanlah sosok yang dinantikan oleh Laugh Tale. Luffy adalah sosok yang dinantikan oleh Laugh Tale, dan akan melampaui Roger. Dalam cerita akhirnya nanti, Luffy akan membuktikan bahwa menjadi raja bajak laut bukanlah akhir dari perjalanan atau sebuah petualangan, melainkan awal dari sesuatu yang besar.