Franchise Dragon Ball menjadi salah satu franchise paling panjang dalam sejarah. Dan dengan ceritanya yang sudah berjalan sangat lama, membuat para fans banyak diperkenalkan dengan berbagai karakter, baik protagonis maupun antagonis. Para villain yang muncul dalam ceritanya memiliki karakteristik yang unik, dan keunikan tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi karakternya.

Para villain yang muncul di ceritanya juga memiliki motivasi mereka masing-masing, meskipun mayoritas dari mereka memiliki motivasi yang sama yaitu menguasai bumi atau menghancurkan bumi. Ada banyak villain yang sudah dihadapi Goku dan Z Fighters, namun beberapa diantara mereka dianggap sebagai villain yang terbaik. Siapa saja mereka? Berikut adalah daftarnya.

Raditz

Raditz merupakan salah satu villain hebat dan memorable yang muncul di franchise Dragon Ball. Dia juga merupakan salah satu villain yang muncul di awal kemunculan serinya. Raditz merupakan kakak dari Goku, yang muncul dalam seri Dragon Ball Z. Raditz juga melakukan tugasnya dengan baik, di mana dia adalah sosok Saiyan yang kejam dan jahat.

Kemunculan Raditz juga menjadi jalan bagi para villain lainnya di seri Dragon Ball Z dan juga secara keseluruhan. Meskipun Raditz lebih dikenal sebagai kakak dari Goku, namun dia tetap berhasil memperlihatkan kelasnya sebagai seorang villain dengan menghadirkan berbagai ancaman berbahaya bagi bumi. Ironisnya, Raditz sendiri harus tewas bersama dengan sang adik.

King Piccolo

Sama halnya seperti Raditz yang menjadi jalan bagi kemunculan para villain lainnya di seri Dragon Ball Z, King Piccolo juga menjadi model bagi para villain lainnya yang muncul di seri awal Dragon Ball pada momen kemunculannya. Koneksinya dengan Mutaito, Roshi, dan beberapa karakter lainnya berjalan dengan baik dengan cerita keseluruhan dari Dragon Ball. Sejak saat itulah, King Piccolo menjadi standar baru bagi para villain di franchise ini.

Zamasu

Tidak peduli form apa yang digunakan oleh Zamasu, dia adalah seorang antagonis yang sangat luar biasa yang terjadi di arc Future Trunks dalam seri Dragon Ball Super. Semua form Zamasu diperlihatkan sangat cerdas, kejam, dan sangat kuat, tiga hal yang menggambar sosok Zamasu. Kemunculan Zamasu benar-benar memberikan warna lain pada serinya.

Sebelum kemunculan Zamasu dan seluruh formnya, Dragon Ball Super dirasa seperti sebuah seri yang tidak memiliki cerita pasti atau pun tantangan atau resiko besar. Tetapi, hal tersebut berubah ketika Zamasu muncul dan membuat para fans menyambut karakternya dengan positif. Sampai saat ini, Zamasu pun menjadi salah satu villain yang banyak diingat para fans.

Jiren

Jiren merupakan karakter antagonis yang juga muncul di seri Dragon Ball Super. Jiren juga dianggap sebagai sosok yang menarik untuk seorang antagonis yang jahat. Meskipun Jiren tidak sepenuhnya jahat dan berbeda dengan para villain lain, dia tetap memiliki sisi jahat dalam dirinya seperti yang diperlihatkan saat Tournament of Power di mana Jiren menjadi musuh bagi Goku dan yang lain.

Namun, sekarang, Jiren tidak berbeda dengan Goku yang mencoba untuk melindungi keberlangsungan universenya. Terlepas dari hal itu, momen di mana Jiren hendak melukai Goku dan teman-temannya dianggap sebagai salah satu momen jahat dari Jiren. Dan Jiren sendiri membuktikan bahwa dia bisa menjadi lawan tangguh bagi Goku.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2