Sebagai semesta yang sangat luas, Marvel Universe adalah tempat bagi banyak superhero dan supervillain favorit penggemar. Dan dari sekian banyak karakter di Marvel Universe tersebut, cukup mudah juga untuk menemukan karakter yang sangat menjunjung nilai-nilai kebebasan dan kemerdekaan Amerika, ya, dia adalah Steve Rogers alias Captain America.

Selama bertahun-tahun, Marvel telah menggambarkan karakter Captain America sebagai sosok panutan yang sangat bijaksana, tetapi tahukah kalian bahwa ternyata Captain America juga pernah melakukan sesuatu yang buruk, atau bisa disebut juga sebagai kejahatan. Perbuatan paling jahat apa saja yang pernah dilakukan Captain America? Simak daftarnya di bawah ini, Geeks!

Memburu Para Mutan

7 “Kejahatan” yang Dilakukan Captain America!, Greenscene

Sejak pertama kali mutan hadir di Marvel Universe, mereka digambarkan sebagai ras yang umumnya dibenci oleh manusia. Pada tahun 2011, di kisah Age of X, sentimen terhadap mutan diceritakan sedang berada di titik yang menyedihkan. Berlangsung di semesta alternatif, Professor X diceritakan tidak pernah mendirikan X-Men, dan Captain America yang pada saat itu memimpin Avengers mempunyai tugas untuk melacak, menangkap, dan bahkan sampai memusnahkan mutan. Dalam kisah tersebut, Captain America diceritakan membunuh Mystique, hanya karena berusaha melindungi para mutan muda.

Menjadi Agen Rahasia Hydra

7 “Kejahatan” yang Dilakukan Captain America!, Greenscene

Selama bertahun-tahun, Marvel telah menceritakan kisah Captain America sebagai sosok baik yang sangat menjunjung tinggi moral superhero. Namun, secara tiba-tiba citranya tersebut langsung runtuh setelah Marvel merilis kisah Secret Empire, yang menceritakan bahwa selama ini Captain America adalah seorang agen Hydra yang menyamar. Kejadian tersebut diceritakan bisa terjadi karena Cosmic Cube menulis ulang sejarah Captain America dan membuanya menjadi penjahat sepanjang serial komik tersebut.

Mematahkan Leher Black Widow

7 “Kejahatan” yang Dilakukan Captain America!, Greenscene

Masih dalam kisah Secret Empire, setelah mengungkap bahwa dirinya adalah agen Hydra yang ingin menguasai Amerika Serikat, dia tidak segan-segan melakukan segala cara untuk mencapai tujuannya tersebut. Ketika salah satu kisah di komiknya menceritakan pertarungan antara Captain America dan Miles Morales, tiba-tiba Black Widow datang untuk melerai. Dan dalam prosesnya, aksi nekat Black Widow justru membuat lehernya patah oleh perisai Captain America dan langung meninggal seketika. Mengingat sejarahnya yang panjang Black Widow, perbuatan Captain America ini terlalu kejam dan juga jahat.

Memenggal Supervillain

7 “Kejahatan” yang Dilakukan Captain America!, Greenscene

Sebagai simbol perjuangan Amerika, seriap gerak-gerik Captain America selalu menjadi contoh bagi para superhero lain dan juga para generasi muda di Marvel Universe. Namun, ada fakta yang jarang diketahui oleh banyak orang, yaitu Captain America pernah beberapa kali membunuh para musuh-musuhnya. Jika mematahkan leher Red Skull dianggap tidak terlalu masalah karena dia adalah pemimpin Nazi, Captain America juga pernah membunuh villain bernama Baron Blood dengan cara memenggalnya menggunakan perisai vibranium yang sangat dia banggakan.

Merebut Istri Orang Lain

7 “Kejahatan” yang Dilakukan Captain America!, Greenscene

Di Ultimate Universe, tepatnya di komik Ultimates #9, Captain America diceritakan menaruh hati pada Janet Van Dyne yang pada saat itu telah menikah dengan Hank Pym. Di semesta tersebut Hank Pym memang digambarkan sebagai karakter yang tempramental dan “agak” jahat setelah diperlihatkan menampar Janet. Ketika mengetahui kejadian yang telah menimpa Janet, Captain America masuk sebagai sosok penghibur. Hal tersebut akhirnya mengarah pada hubungan romantis di antara keduanya, padahal pada saat itu Hank dan Janet masih belum resmi bercerai.

Berselingkuh?

7 “Kejahatan” yang Dilakukan Captain America!, Greenscene

Captain America adalah superhero pada era Perang Dunia II yang diceritakan membeku dan kembali bangkit pada masa modern. Sebagai kekasih Peggy Carter, ketika bangkit kembali dua puluh tahun kemudian, Captain America justru malah memacari adik Peggy yang bernama Sharon Carter. Dan setelah mengetahui bahwa meraka bersaudara, Captain America yang memacari keduanya memutuskan untuk tidak memberi tahu siapa pun, dengan alasan takut menyakiti perasaan Peggy dan Sharon. Jika bukan berselingkuh, apa sebutan yang pantas untuk perbuatan Captain America yang satu ini?

Eksekusi Teroris di Acara Televisi

7 “Kejahatan” yang Dilakukan Captain America!, Greenscene

Saat kejadian 9/11 sedang hangat-hangatnya di Amerika dan seluruh dunia, Marvel merilis komik Captain America yang bercerita tentang Cap melawan sekelompok teroris yang dipimpin oleh Faysal Al-Tariq. Meskipun kisahnya cukup emosional, tetapi ending komiknya memperlihatkan emosi Captain America yang meledak-ledak. Ketika momen heroik Captain America disiarkan secara langsung di televisi, dia akhirnya berhadapan dengan Al-Tariq dan membunuhnya. Captain America sempat mengatakan pada penonton bahwa yang dilakukannya bukan mewakili Amerika melainkan dirinya sendiri.

Itulah tujuh kejahatan yang pernah dilakukan oleh Captain America di kisah Marvel. Meskipun beberapa di antaranya dilakukan di semesta alternatif, tetapi hal tersebut tidak menutup fakta bahwa ada Captain America di ujung Multiverse sana yang ternyata tidak sebaik yang selama ini kita pikirkan. Jika “membunuh”, baik sengaja maupun tidak, adalah konsekuensi yang harus diterima sebagai superhero, tetapi apakah perbuatan selingkuh dan merebut istri orang lain bisa dimaafkan? Syukurnya, kejahatan tersebut tidak sepenuhnya terjadi di semesta utama ya, Geeks.