Para admiral merupakan kekuatan terbesar dalam angkatan laut. Para admiral dalam cerita One Piece dikenal sebagai pasukan militer terkuat dari pihak angkatan laut dan juga Pemerintah Dunia. Posisi para admiral sendiri tepat di bawah Fleet Admiral atau pemimpin markas angkatan laut pusat. Selain itu, para admiral juga berada di bawah kendali kaum naga langit.

Biasanya, untuk menentukan sosok admiral baru, perlu diadakan sebuah rapat khusus untuk menentukan siapa yang pantas. Ada banyak hal yang tentunya harus dipertimbangkan untuk menjadi seorang admiral. Hal ini dikarenakan mereka adalah ujung tombak angkatan laut. Lalu, apa saja persyaratan untuk menjadi admiral angkatan laut?

Kuat

Syarat pertama dan yang paling jelas untuk menjadi admiral adalah mereka harus kuat atau memiliki kekuatan yang dahsyat. Bisa kita lihat bagaimana karakter Issho, Sakazuki, Kuzan, dan Kizaru, memiliki kekuatan yang sangat dahsyat yang bahkan membuat musuh pun kesulitan untuk bisa menghadapi mereka. Dan seperti disebutkan di atas para admiral adalah kekuatan terbesar angkatan laut.

Artinya mereka harus jauh lebih kuat dan lebih hebat dibandingkan angkatan laut di bawahnya. Salah satu alasan mengapa admiral harus kuat juga adalah karena musuh yang mereka hadapi, yaitu para bajak laut, juga tidak kalah hebat. Mereka memiliki kekuatan buah iblis atau bahkan Haki. Tentunya akan sulit bagi mereka untuk menangkap para bajak laut jika admiral tidak lebih kuat dari mereka.

Memiliki Pengalaman

Selain memiliki kekuatan yang dahsyat, syarat selanjutnya untuk bisa menjadi seorang admiral adalah angkatan laut tersebut harus memiliki pengalaman yang cukup. Pengalaman tersebut adalah pengalaman bertarung atau pun pengalaman dalam menjalani berbagai misi sebagai seorang angkatan laut. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa para admiral biasanya merupakan karakter yang sudah berumur.

Pengalaman ini tentunya sangat dibutuhkan, karena menjadi admiral artinya juga menjadi “pemimpin” bagi para bawahannya. Kematangan mereka tentunya sangat dibutuhkan untuk bisa membuat situasi berpihak kepada mereka. Dengan pengalaman yang banyak pun membuat para admiral ini tidak akan gegabah dalam bertarung. Mereka tahu apa yang harus dilakukan.

Dekat dengan Pemerintah Dunia

Selain kuat dan memiliki pengalaman yang banyak, terdapat sebuah syarat “khusus” bagi mereka yang ingin menjadi admiral. Kandidat tersebut harus memiliki kedekatan dengan Pemerintah Dunia, atau setidaknya mereka mau mengikuti dan menuruti apa pun yang diperintahkan oleh Pemerintah Dunia. Seperti yang dijelaskan dalam artikel sebelumnya, para admiral ini merupakan salah satu cara untuk tetap menjaga kekuasaan Pemerintah Dunia.

Artinya mereka butuh sosok yang memang mau untuk “bekerja sama” dengan mereka dengan cara mau mengikuti apa pun yang diperintahkan – terlepas dari perintah tersebut baik atau buruk. Hal ini bisa dilihat dari sosok Sakazuki, yang justru dikandidatkan oleh Pemerintah Dunia untuk menjadi Fleet Admiral sebagai tandingan dari Kuzan. Pemerintah Dunia tahu bahwa Sakazuki bisa mereka kendalikan.

Memiliki Jiwa Pemimpin

Ini juga menjadi salah satu syarat khusus lainnya bagi angkatan laut yang ingin menjadi kandidat admiral. Admiral merupakan “wakil” dari Fleet Admiral, di mana mereka memiliki wewenang yang hampir sama besarnya dengan Fleet Admiral. Hal ini dikarenakan para admiral tersebut berada langsung di bawah kepemimpinan Fleet Admiral. Sehingga, wajar jika dibutuhkan jiwa pemimpin untuk bisa mengisi posisinya.

Tanpa adanya jiwa pemimpin, mungkin para admiral ini tidak akan sanggup untuk bisa mengatur atau memimpin para anak buahnya dalam sebuah pertempuran. Dan jika hal itu terjadi, bisa dipastikan kegagalan dalam menjalan misi atau tugas akan datang kepada mereka. Sedangkan, para admiral dituntut untuk tidak melakukan kesalahan sekecil apa pun.

Menjadi admiral tentunya merupakan impian dari setiap angkatan laut, bahkan Coby pun bermimpi untuk menjadi seorang admiral. Namun, tidak mudah untuk bisa menjadi kekuatan terbesar di angkatan laut ini karena ada persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Mengingat mereka adalah kekuatan terbesar, wajar jika persyaratan yang diberikan pun tidaklah mudah.