Selain buah iblis, Haki adalah salah satu elemen menarik mengenai kekuatan dalam cerita One Piece. Berbeda dengan buah iblis, Haki bukan bersumber dari buah-buahan yang memiliki kekuatan dahsyat, yang mana ketika seseorang memakannya maka mereka akan langsung mendapatkan kekuatan yang sesuai dengan buah yang mereka makan. Haki pada dasarnya berkaitan dengan tekad dan semangat.

Tekad dan semangat seseorang tersebut nyatanya bila dijadikan “senjata” maka akan sangat mematikan. Pada dasarnya, Haki adalah sebuah kemampuan seseorang untuk membuat tekad atau semangat mereka yang mengalir menjadi sebuah kekuatan yang bisa melapisi senjata atau tubuh mereka, mengetahui jumlah musuh, mengetahui arah musuh, dan membuat musuh terintimidasi.

Haki sendiri terbagi menjadi tiga, yaitu Armament Haki, Conqueror Haki, dan Observation Haki. Armament Haki dan Observation Haki adalah dua Haki yang paling umum di seri One Piece. Sedangkan Armament Haki adalah Haki yang sangat langka di mana tidak semua orang bisa memilikinya. Meskipun bisa dipelajari, namun tidak semua orang bisa memiliki Haki.

One Piece: Oda Jelaskan Haki Topi Jerami!, Greenscene

Namun, bagaimana dengan kru Topi Jerami? Apakah ada yang memiliki kemampuan Haki? Dalam salah satu kolom SBS, Eiichiro Oda, kreator dari One Piece pernah diberikan pertanyaan oleh fans terkait hal ini. Fans tersebut menanyakan tentang apakah kelompok bajak laut Topi Jerami bisa menggunakan Haki. Oda Sensei kemudian dengan tegas menjelaskan bahwa tiga orang di kelompok ini – Luffy, Zoro, Sanji – dipastikan bisa menggunakan Haki.

Menurut Oda Sensei, Luffy lebih memiliki kemampuan Conqueror Haki dan Sanji memiliki Observation Haki. Sedangkan Zoro adalah Armament Haki. Apakah artinya mereka hanya akan memiliki satu kemampuan Haki saja? Tentunya tidak. Seperti yang diperlihatkan dalam ceritanya, Luffy kini bahkan menguasai ketiga jenis Haki bahkan sampai ke tingkat yang lebih tinggi.

Ini artinya mereka bertiga kemungkinan juga akan mempelajari Haki lainnya, entah sengaja maupun tidak disengaja. Maksud sengaja di sini adalah mereka akan berlatih untuk kemampuan Haki mereka, seperti yang dilakukan di Rusukaina. Sedangkan yang dimaksud dengan tidak disengaja adalah mereka akan mendapatkan kemampuan tersebut tanpa mereka sadari.

One Piece: Oda Jelaskan Haki Topi Jerami!, Greenscene

Contoh nyata dari hal tersebut adalah ketika Luffy bertarung melawan Katakuri, dia berhasil mengembangkan Observation Haki tanpa dia sengaja sehingga Luffy bisa melihat pada masa yang akan datang seperti halnya Katakuri. Dan hal ini juga yang mungkin akan terjadi kepada Zoro dan juga Sanji. Mereka mungkin akan bertemu musuh kuat yang membuat mereka tidak sengaja membangkitkan kemampuan Haki yang lain.

Hal ini sudah diperlihatkan oleh Zoro, di mana saat bertarung menghadapi Kaido dengan menggunakan teknik Asura, tanpa disadari Zoro ternyata melapisi serangannya tersebut dengan Conqueror Haki. Akibatnya, Kaido terkejut bahwa Zoro memiliki kemampuan tersebut – padahal Zoro sendiri tidak tahu akan hal itu. Dan menurut Kaido, serangan Zoro tersebut bisa meninggalkan bekas luka.

One Piece: Oda Jelaskan Haki Topi Jerami!, Greenscene

Lalu, bagaimana dengan kru yang lain? Mereka juga mungkin akan mendapatkan kemampuan Haki seperti para trio monster di atas. Hal ini bisa kita lihat dari sosok Usopp, yang berhasil membangkitkan kemampuan Observation Haki, yang membuat dia mampu mengetahui posisi musuh meskipun dia tidak bisa melihat musuhnya. Hal ini terjadi di arc Dressrosa kemarin. Jinbe mungkin adalah kru lain yang memiliki kemampuan Haki.

Jinbe diketahui memiliki kemampuan Armament Haki, seperti diperlihatkan dalam pertarungan melawan Who’s Who. Sedangkan, untuk kru lainnya, masih dinantikan apakah mereka akan mendapatkan kemampuan Haki dari Oda Sensei. Menarik tentunya jika seluruh kru Topi Jerami memiliki kemampuan Haki. Hal ini akan membuat kru Luffy menjadi kru terkuat di lautan.

https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/