Seri Boruto: Naruto Next Generation merupakan sekuel dari dari seri karya Masashi Kishimoto sebelumnya yaitu Naruto. Seri Boruto berfokus pada sosok Uzumaki Boruto, anak pertama dari Naruto. Setelah sebelumnya Naruto yang menjadi protagonis utama, kini giliran anaknya. Serinya sendiri bersetting puluhan tahun setelah apa yang terjadi saat perang besar ninja keempat, di mana dunia menjadi tempat yang damai.

Meskipun era yang dihadirkan berbeda dari era sebelumnya, para ninja tetap ada. Mereka menjadi pihak yang menjaga desa-desa dari berbagai ancaman yang ada, karena ancaman masih tetap ada. Meskipun Boruto adalah sekuel yang sangat luar biasa, namun harus diakui ada berbagai hal yang aneh dari serinya. Apa saja?

Boruto vs Momoshiki

Uzumaki Boruto merupakan protagonis utama di serinya, dan menjadi salah satu karakter yang ikut bertarung menghadapi Momoshiki Otsutsuki. Momoshiki muncul saat Konoha sedang melaksanakan ujian Chunin. Dalam pertarunganya, memang Naruto dan Sasuke yang banyak memberikan serangan. Bahkan, kedua shinobi tersebut hampir mengalahkannya

Namun, Borutolah yang kemudian menyelesaikan semuanya. Hal ini tentunya menjadi pertanyaan besar, mengingat Boruto masih seorang Genin, yang artinya kemampuan Boruto masih belum seberapa. Mengapa kemudian Boruto mampu mengalahkan Momoshiki, yang notabene adalah bagian dari klan Otsutsuki, klan paling kuat di alam raya.

Kemunculan Kara

Kara merupakan organisasi kriminal yang muncul di seri Boruto, yang diciptakan oleh Jigen. Tujuan organisasi ini adalah membantu Jigen dengan misi terbesarnya yaitu memanen buah chakra dan mendapatkan tambahan kekuatan. Yang menjadi pertanyaan adalah Jigen sudah menjadi wadah bagi Isshiki selama kurang lebih 500 tahun. Bagaimana kemudian Kara bisa dibentuk? Apa yang dilakukan oleh Jigen selama 500 tahun tersebut sebelum kemudian membentuk Kara? Apakah Isshiki tidak memiliki ide lainnya?

Asal-Usul Kaguya

Kaguya Otsutsuki merupakan salah satu Otsutsuki pertama yang diperkenalkan di franchise ini. Dalam seri Naruto, diketahui bahwa Kaguya Otsutsuki datang sendiri ke bumi dan kemudian dia memakan buah chakra dari pohon suci. Dengan menggunakan kekuatannya yang sangat dahyat, Kaguya kemudian berhasil menghentikan seluruh perang yang terjadi di bumi.

Namun, keanehan muncul ketika asal-usul Kaguya ini sedikit dirubah di seri Boruto. Dalam serinya diceritakan bahwa sebenarnya Kaguya datang ke bumi tidak sendirian, melainkan bersama Isshiki Otsustuki. Kaguya kemudian memutuskan untuk mengkhianati Isshiki dan klan Otsutsuki untuk alasan tertentu. Selain itu, fakta bahwa Kaguya jauh lebih lemah dari Isshiki memunculkan tanda tanya lain.

Asal-usul Chakra

Dalam seri Naruto, para fans diberikan informasi bahwa chakra pada awalnya tidak ada di bumi. Sebelumnya, chakra dimiliki oleh Kaguya Otsutsuki, yang mendapatkannya setelah memakan buah chakra dari pohon suci. Setelah melahirkan dua anak, Hagoromo dan Hamura, Kaguya Otsutsuki kemudian berbagi chakra yang dia miliki dengan kedua anaknya.

Bertahun-tahun kemudian, Hagoromo berkeliling dunia dan menyebarkan chakra yang dia miliki. Dan pada akhirnya chakra tersebut berhasil disebar luaskan kepada semua orang. Namun, dalam seri Boruto, chakra diperlihatkan sudah ada di bumi sejak lama bahkan sebelum Kaguya dan Isshiki muncul. Hal ini tentunya sangat membingungkan para fans.

Keberadaan Kashin Koji

Saat pertama kali Kashin Koji muncul di seri Boruto, para fans benar-benar dibuat takjud dengan kemiripannya dengan sosok Jiraiya. Banyak teori kemudian bermunculan tentang Kashin Koji. Dia sendiri merupakan manusia buatan yang bekerja untuk Kara. Dia merupakan salah satu dari beberapa anggota Inner Kara. Namun, kemudian fakta pun terungkap.

Menurut Isshiki, Koji merupakan kloning dari Jiraiya, yang menjelasakan mengapa kemudian sosoknya sangat mirip dengan Jiraiya. Namun, untuk membuat kloningnya artinya Amado perlu DNA dari Jiraiya. Dari mana kemudian Amado mendapatkan DNA Jiraiya? Bagaimana Amado melakukan hal tersebut?

Sempat mendapatkan kritik keras dari para fans, seri Boruto saat ini sudah mulai berada pada jalurnya. Cerita yang disuguhkan pun cukup seru dengan berbagai intrik dan hal menarik lainnya. Namun, sayangnya, meskipun saat ini serinya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya, ada beberapa hal yang justru menjadi pertanyaan besar bagi para fans. Lima hal di atas adalah contohnya.