Diciptakan pertama kali pada tahun 1919 oleh novelis Johnston McCulley, Zorro adalah pendekar pedang yang sering terlihat mengenakan kostum serba hitam, lengkap dengan topeng dan topi cordovan yang juga berwarna hitam. Sejak saat itu karakternya terus berkembang di berbagai media, termasuk novel, serial TV, dan film, sampai akhirnya menjadi ikon pop culture seperti sekarang ini. Dan filmnya yang paling populer adalah The Mask of Zorro (1998) karya Martin Campbell yang dibintangi oleh Antonio Banderas.

Pada akhir tahun 2021 lalu, sempat beredar kabar bahwa sebuah serial baru Zorro tengah dikembangkan oleh Robert Rodriguez, yang sempat hampir menjadi sutradara The Mask of Zorro pada tahun 1998, sebelum akhirnya digantikan oleh Campbell. Namun, berbeda dari versi Zorro sebelumnya, serial yang sedang dikembangkan oleh Rodriguez ini rencananya akan mengubah gender Zorro menjadi seorang wanita tangguh yang diceritakan sangat hebat dalam menggunakan pedang dan berkuda. Meskipun awalnya akan di tayangkan di saluran NBC, kabar terbaru menyebutkan bahwa saluran The CW mengambil alih serialnya.

Menurut Deadline, saat ini serial Zorro rencananya akan ditayangkan di saluran TV kabel The CW, dengan Sean Tretta yang akan menjadi showrunner-nya. Naskah dan episode pilot akan digarap langsung oleh Robert Rodriguez bersama saudara perempuannya, yaitu Rebecca Rodriguez. Detail naskha terbaru menyebutkan bahwa yang akan menjadi Zorro nanti adalah seorang wanita latin yang berusaha membalas dendam atas pembunuhan ayahnya. Dalam prosesnya, dia bergabung dengan sebuah perkumpulan rahasia yang mengadopsi persona Zorro asli.

Berdasarkan plot baru tersebut, kemungkinan Zorro wanita di serialnya nanti adalah anak dari Zorro asli yang diperankan oleh Antonio Banderas di film The Mask of Zorro. Hal tersebut karena pentunjuk yang menyebutkan bahwa dia bergabung dengan perkumpulan rahasia pemuja Zorro, artinya di semestanya nanti, sebenarnya sudah ada Zorro asli yang lebih dahulu beraksi dan dipuja oleh para pendukungnya. Sampai akhirnya dia mati karena suatu kejadian, dan anaknya akan mengambil alih identitas sebagai Zorro baru.

Proyek serial Zorro wanita ini sebenarnya bukan satu-satunya proyek Zorro yang saat ini tengah dikembangkan. Ada juga serial Zorro lain yang saat ini sedang dikembangkan untuk tayang di saluran Disney+, kemudian aktor Gael García Bernal dan Kiersey Clemons juga sudah menandatangi kontrak film Zorro yang berjudul Z, dan bahkan sutradara veteran Quentin Tarantino sempat mengatakan bahwa dia ingin melihat Zorro di sekuel Django Unchained. Terlepas dari banyaknya proyek tayangan Zorro, kita lihat seperti apa aksi Zorro wanita di serial yang akan tayang di The CW nanti ya, Geeks.