Angkatan laut merupakan salah satu kekuatan besar dalam cerita One Piece, selain Pemerintah Dunia dan juga Yonko. Mereka merupakan ujung tombak bagi pihak Pemerintah Dunia, karena biasanya pemerintah akan mengandalkan para angkatan laut untuk melakukan berbagai hal yang terkait dengan keamanan. Contohnya membasmi ancaman bajak laut, atau menjaga keseimbangan dunia.

Mereka yang bergabung dengan angkatan laut merupakan sosok yang kuat, karena mereka disiapkan untuk menghadapi berbagai ancaman besar yang ada. Karena hal inilah, meskipun para angkatan laut ini sudah pensiun biasanya mereka masih memiliki kekuatan yang sangat dahsyat dalam diri mereka. Berikut adalah para pensiunan angkatan laut yang masih sangat kuat.

Sengoku

Sengoku the Buddha dahulu merupakan Fleet Admiral atau kepala markas pusat angkatan laut sebelum time-skip terjadi. Posisi Sengoku tersebut menggantikan posisi Kong, yang pindah ke Mary Geoise. Sengoku kemudian memutuskan untuk pensiun pasca perang besar Marineford, dan sekarang Sakazuki yang menggantikan posisinya. Bersama Garp dan Tsuru, Sengoku menjadi salah satu angkatan laut terkuat di generasinya.

Sengoku mengonsumsi buah iblis Hito Hito no Mi, Model: Daibutsu, yang merupakan buah iblis langka yang bisa membuat Sengoku berubah menjadi sosok patung Buddha raksasa berwarna emas. Ketika Sengoku menjadi raksasa, dia bisa mengeluarkan gelombang kejut yang membuat musuh kewalahan. Selain buah iblis, kemampuan Haki Sengoku juga sangat kuat.

Monkey D. Garp

Monkey D. Garp atau yang lebih dikenal sebagai Garp sang pahlawan angkatan laut, merupakan seorang karakter yang luar biasa kuat dalam cerita One Piece. Sebagai rival dari Roger, Garp berhasil mengukuhkan namanya menjadi salah satu karakter yang paling kuat di seri ini. Garp merupakan sosok angkatan laut yang pernah mengalahkan Rocks D. Xebec, yang mana menjadikannya sosok menarik.

Kekuatan Garp ada pada kemampuan Hakinya yang sangat luar biasa. Di usianya yang masih muda, Garp pernah menghancurkan delapan gunung hanya dengan tangannya saja. Semua itu dilakukan untuk persiapan bertarung menghadapi Don Chinjao, bajak laut yang dia kalahkan hanya dengan satu pukulan saja. Dengan kekuatan yang dia miliki, Garp saat ini menjadi legenda hidup di angkatan laut.

Kong

Kong merupakan mantan pemimpin angkatan laut di markas pusat sebelum kemudian di pindah jabatan dan berpindah lokasi bekerjanya, yaitu di Mary Geoise. Dia bekerja di bawah kendali langsung Pemerintah Dunia. Kong merupakan Fleet Admiral sekitar 27 tahun yang lalu saat Edd War terjadi, dan ketika Gol D. Roger dihukum mati sekitar 24 tahun yang lalu. Mengingat penampilan fisiknya, bekas luka di badannya, serta posisinya di angkatan laut, Kong bisa dianggap sebagai salah satu yang terkuat. Namun, sayangnya tidak banyak yang diketahui tentang Kong dan kita juga belum melihat bagaimana kekuatannya.

Kuzan

Dibandingkan Garp, Sengoku, dan Kong, Kuzan merupakan pensiunan angkatan laut yang paling muda. Dan sebenarnya Kuzan bukan pensiun dari angkatan laut melainkan mengundurkan diri. Hal ini setelah Kuzan kalah dalam pertarungan melawan Sakazuki, demi memperebutkan posisi Fleet Admiral. Tidak mau berada di bawah kendali Sakazuki, Kuzan memutuskan untuk mundur dari posisinya.

Rasanya kita tidak perlu meragukan lagi seperti apa kekuatan dari Kuzan. Meskipun dia kalah dari Sakazuki, tetapi kemampuan buah iblis Hie Hie no Mi miliknya sangatlah dahsyat. Pasca pertarungan melawan Sakazuki di Punk Hazard, sebagian wilayah tersebut berubah menjadi wilayah yang dipenuhi es, memberikan bukti kedahsyatan dari sosok Kuzan.

Meskipun sudah pensiun atau tidak lagi aktif di angkatan laut, pada kenyataanya para mantan angkatan laut ini tetap memiliki kekuatan dahsyat dalam diri mereka. Dengan kedahsyatan tersebut bukan tidak mungkin jika mereka akan kembali bertugas, seperti yang terjadi kepada Fujitora. Menarik tentunya untuk melihat bagaimana peran mereka kedepannya dalam menghadapi berbagai ancaman yang ada.