Meskipun para bajak laut menjadi sorotan utama dalam seri One Piece, namun ada pihak lainnya yang juga memiliki peranan penting dalam ceritanya dan sering kali dianggap sebagai pihak antagonis yaitu angkatan laut. Angkatan laut berada di bawah kekuasaan Pemerintah Dunia dan tugas mereka adalah menjaga kedamaian dari berbagai ancaman yang ada.

Namun, terlepas dari status mereka yang merupakan penjaga perdamaian, angkatan laut sering kali digambarkan sebagai kelompok yang tidak lepas dari berbagai kebobrokan yang sudah akut. Para petinggi di pihak angkatan laut merupakan mereka yang memiliki kekuatan dahsyat di dunia. Berdasarkan hal tersebut, wajar jika angkatan laut menjadi salah satu kekuatan besar di dunia.

Apakah Angkatan Laut Jahat?

Salah satu pertanyaan besar yang muncul di kalangan fans terkait dengan angkatan laut adalah apakah mereka memang merupakan sosok antagonis? Angkatan laut sering kali digambarkan sebagai sosok yang jahat dan mengerikan, mengambil kesempatan dan keuntungan dari mereka yang benar-benar mengandalkan perlindungan mereka. Pada intinya, mereka sering memanfaatkan situasi.

Tidak jarang juga para angkatan laut ini menyalahgunakan kekuasaan mereka dengan menyerang para penduduk lokal. Dengan semua hal dan perilaku yang mereka tunjukan, rasanya wajar jika kemudian banyak orang menganggap bahwa angkatan laut adalah pihak yang jahat. Tetapi, meskipun angkatan laut dikenal sebagai pihak antagonis dan sering berbuat jahat, tidak semua orang di dalamnya memiliki pola pikir dan pemikiran yang sama.

Biasanya, mereka yang memiliki koneksi dengan kaum naga langit dan Pemerintah Dunia yang sering melakukan tindak kejahatan. Atau bisa jadi juga, seperti disebutkan di atas, mereka menyalahgunakan kekuasaan mereka. Selain menyerang penduduk biasa, terkadang angkatan laut juga tidak ragu untuk menyerang anak buahnya sendiri.

Contoh nyata dari hal tersebut adalah pemimpin angkatan laut saat ini, Sakazuki. Menjadi salah satu karakter yang paling dibenci di serinya, Sakazuki merupakan contoh nyata dari seseorang yang diberikan kekuasaan untuk kemudian digunakan secara sewenang-wenang. Bagi Sakazuki, hanya mereka yang terkuat yang bisa berkuasa dan mengatur semuanya.

Hal ini diperlihatkan dalam pertempuran puncak di Marineford, di mana dia mengancam akan menghabisi anak buahnya yang menolak untuk terus berperang. Padahal, situasinya saat itu sudah sangat kacau. Banyak korban tewas dan luka-luka yang harus segera dirawat, namun Sakazuki mengabaikannya. Menurut dia, angkatan laut yang lemah harus disingkirkan.

Banyak dari pihak angkatan laut yang dianggap tidak memiliki moral, karena apa yang dia anut atau percayai. Mereka tidak peduli apa, siapa, atau bagaimana. Selama menurut mereka salah, maka hukuman harus segera diberikan. Tidak peduli apakah itu merupakan bajak laut, atau dari pihak mereka sendiri.

Selain menyerang pihak mereka sendiri, kejahatan yang mengerikan dari pihak angkatan laut adalah bagaimana mereka sering melakukan eksperimen mengerikan. Berbagai upaya coba mereka lakukan untuk bisa terus menjadi kuat. Misalnya dengan membuat buah iblis buatan, membentuk kelompok SSG atau menciptakan Pacifista, dan sebagainya. Tidak jarang juga mereka melakukan aksi ilegal.

Angkatan Laut Adalah “Penjaga Kekuasaan”?

Yang ironis dari angkatan laut adalah pihak Pemerintah Dunia seolah tidak memberikan pengawasan yang cukup terhadap mereka. Mereka seolah diam dengan berbagai korupsi dan kebobrokan serta penyimpangan yang ada di tubuh angkatan laut. Banyak yang kemudian beranggapan bahwa hal tersebut mungkin ada kaitannya dengan menjaga kekuasaan.

Tanpa adanya pengawasan kekuasaan dan juga keseimbangan, maka kedua kekuatan besar di dunia tersebut masih akan tetap menggunakan kelebihan dan kekuasaan mereka untuk menekan orang-orang yang mereka lindungi dan arahkan. Berdasarkan hal tersebut, rasanya memang masuk akal jika Pemerintah Dunia tidak sembarangan memilih para petinggi angkatan laut.

Selain harus memiliki kemampuan bertarung yang hebat, pengalaman yang mumpuni, satu syarat lainnya adalah orang tersebut mau tidak mau harus mengikuti “aturan” yang sudah ada sejak lama. Tidak heran jika kemudian beberapa dari mereka – seperti halnya Garp – tidak senang dengan Pemerintah Dunia dan tidak menginginkan untuk memiliki jabatan yang tinggi.

Angkatan Laut Sebenarnya Baik?

Masih belum diketahui sudah berapa lama angkatan laut digambarkan sebagai sosok yang jahat. Apakah sejak Pemerintah Dunia pertama kali berdiri? Atau hal tersebut baru saja terjadi? Garp selalu mengatakan tentang menjadi sosok angkatan laut yang sebenarnya dan baik, kepada para generasi muda angkatan laut seperti Coby dan Helmeppo.

Keduanya diberikan arahan untuk bisa merubah semua hal yang ada dan berbeda dari angkatan laut yang lain. Berdasarkan dari tugas yang mereka jalani, sebenarnya pihak angkatan laut adalah pihak yang baik yang berusaha melindungi orang-orang. Kita mengenal angkatan laut yang memang tulus dalam menjalani tugasnya, seperti Monkey D. Garp, Sengoku, Kuzan, Tsuru, dan beberapa karakter lainnya.

Mereka berbeda dengan kebanyakan angkatan laut lainnya di mana para angkatan laut tersebut memiliki pendiriannya sendiri. Sudah menjadi tugas mereka juga untuk menangkap para bajak laut, karena mereka dianggap sebagai ancaman besar bagi orang-orang. Kita melihat bagaimana ada banyak bajak laut yang mengancam keselamatan orang-orang, meskipun ada juga yang sebaliknya, seperti kelompok Topi Jerami.

Jadi, kesimpulannya adalah apakah angkatan laut merupakan sosok yang jahat? Jawabannya adalah tidak. Mereka hanya menjalankan tugas seperti seharusnya, meskipun memang ada interfensi dari para petinggi Pemerintah Dunia dan kaum naga langit. Seperti halnya di dunia nyata, dalam sebuah organisasi atau kelompok pasti ada yang memiliki pandangan berbeda.

Dan hal ini pun berlaku di angkatan laut. Sakazuki adalah contoh dari angkatan laut yang berbeda tersebut. Pandangannya terhadap penegakan hukum dianggap terlalu ekstrem, yang menyebabkan bukan hanya jatuh korban di pihak orang biasa, melainkan juga di pihak angkatan laut sendiri. Menarik tentunya melihat perubahan besar-besaran di tubuh angkatan laut setelah Luffy menemukan One Piece dan menghadirkan rahasia dunia kepada semua orang.