Marvel Universe adalah semesta luas yang di dalamnya terdapat banyak makhluk kuat, dari mulai superhero, supervillain, sampai para dewa. Khusus untuk para dewa sendiri masih bisa dibagi menjadi beberapa bagian, dari mulai dewa Mesir, dewa Nordik, dewa Hindu, sampai dewa-dewa klasik dari mitologi Jepang. Dan seperti dewa pada umumnya, di dalamnya juga terdapat sisi baik dan sisi jahat yang harusnya saling menyeimbangkan. Mirisnya, beberapa dewa jahat justru tampil lebih mengancam dan berbahaya dari dewa-dewa lain. Siapa saja mereka? Berikut 5 dewa jahat paling berbahaya di Marvel Universe!

Hela 

Dewa Nordik adalah kelompok dewa yang paling sering dibahas di Marvel Universe, dan Hela adalah salah satunya. Di Marvel Comics sendiri, Hela adalah Dewi Kematian yang merupakan anak dari sang Dewa Penipu Loki dan seorang penyihir raksasa. Mengetahui kekuatannya sangat berbahaya, Odin kemudian menjadikan Hela sebagai penguasa Hel dan Niflheim, hal tersebut dilakukan agar kekuatan Hela tidak berkembang. Namun, setelah mengetahui rencana Odin tersebut, pada akhirnya Hela mulai memperluas kekuasaannya dengan menyebabkan banyak kematian di Midgard alias Bumi.

Hades

Bukan hanya dewa Nordik saja yang mempunyai dewa jahat, dewa Yunani atau Romawi juga mempunyai Hades yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya. Sebagai adik Zeus yang turut menggulingkan kekuasaan ayahnya yang bernama Cronus, Hades menjadi penguasa Underworld yang sangat disegani. Mempunyai nama panggilan lain sebagai Pluto, Hades sering mencoba menghancurkan Bumi agar wilayah Underworld-nya makin luas. Di Olympus sendiri, Hades dikenal sebagai Dewa Kematian yang juga memegang kendali atas kehidupan para manusia di Bumi, itulah mengapa Hades sangat berbahaya.

Cul

Jika Odin dikenal sebagai dewa paling kuat sekaligus populer di Marvel Universe, dia mempunyai seorang kakak yang jahat bernama Cul. Sebelum Odin menjadi All-Father dan penguasa Asgard, jabatan tersebut dipegang oleh Cul, yang mengembangkan wilayah kekuasaan Asgard di Nine Realm dengan cara brutal. Kebiasaanya yang suka menyebarkan ketakutan, membuat Cul menjadi Dewa paling jahat di Marvel Universe. Sebagai Dewa yang sangat mengandalkan rasa takut musuh-musuhnya, bisa dibilang Cul adalah Dewa Rasa Takut yang akan tumbuh makin kuat selama musuhnya bertambah takut pada Cul.

Chthon

Selain dewa-dewa yang mengadaptasi mitologi asli, Marvel juga mempunyai jajaran dewa Marvel yang disebut Elder God, salah satunya adalah Chthon yang dikenal sebagai Dewa Kegelapan dan Kekacauan. Sudah hidup sejak semesta pertama kali diciptakan, Chthon sempat menguasai banyak planet di Marvel Universe, termasuk salah satunya adalah Bumi. Saat berada di Bumi, Chthon menjadi penyihir kegelapan pertama yang kemudian menelurkan banyak penyihir yang bersumber dari sihir kegelapan dan sihir kekacauan, salah satunya adalah Wanda Maximoff alias Scarlet Witch. Salah satu keburukan lainnya yang pernah dilakukan Chthon adalah menciptakan vampir pertama di Bumi.

Chaos King

Jepang juga mempunyai jajaran dewa yang terkenal tangguh dan juga jahat. Salah satunya yang paling jahat adalah Chaos King atau yang dikenal juga sebagai Dewa Kejahatan Amatsu-Mikaboshi. Selain terkenal sebagai dewa yang sangat jahat, Chaos King juga mempunyai hobi yang sangat ekstrem, yaitu membunuh dewa-dewa lain. Dia pernah ambil andil dalam peristiwa kiamat Ragnarok di Asgard, kemudian pernah menyerang Olympus juga, dan bahkan sampai membunuh Zeus. Jika bukan jahat, tidak ada sebutan lain yang cocok untuk disematkan para dewa berbahaya yang satu ini.

Itulah lima dewa jahat yang terkenal sangat berbahaya dan juga brutal di Marvel Universe. Kehadiran mereka di alam semesta hanya membawa kehancuran dan justru membuatnya menjadi tidak seimbang, karena lebih banyak menyebabkan kematian daripada menciptakan kehidupan. Meskipun kelima karakter ini menyandang status sebagai dewa, tetapi pada kenyataannya mereka justru lebih cocok disebut sebagai iblis yang sering membawa kekacauan dan kepanikan di Marvel Universe.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.