Salah satu misteri terbesar dalam seri One Piece adalah apa sebenarnya One Piece itu sendiri. Hal inilah yang menjadi pertanyaan para fans, bahkan sejak serinya pertama kali dirilis pada akhir 1990an. Sampai sejauh ini, informasi yang diketahui tentang One Piece harta karun tersebut berada di pulau terakhir yaitu Laugh Tale.

Dalam chapter 967 di mana kita melihat kilas balik cerita Kozuki Oden, Gol D. Roger diperlihatkan berhasil pergi menuju Laugh Tale setelah sebelumnya dia sempat mengalami kesulitan. Hal ini bisa terjadi setelah Roger merekrut Oden yang bisa membaca Poneglyph. Setelah sampai di Laugh Tale, menurut pengakuan Roger harta karun One Piece sudah sejak lama ditinggalkan di sana oleh Joy Boy.

Ketika Roger membaca Poneglyph yang ada di Laugh Tale, Roger menyadari bahwa dia terlalu awal untuk datang ke Laugh Tale. Dan Roger sendiri hanya tertawa saat membaca apa yang sebenarnya terjadi, serta berharap bisa hidup di era yang sama dengan Joy Boy. Sayangnya, sampai sekarang kita masih belum mengetahui apa sebenarnya harta karun One Piece.

Banyak fans yang berteori tentang hal tersebut. Salah satu teori yang cukup populer adalah One Piece merupakan sesuatu yang ada kaitannya dengan persahabatan, dan tidak ada kaitannya dengan harta atau sejenisnya. Ada juga yang berspekulasi bahwa One Piece merupakan pengalaman yang Luffy dan kru Topi Jerami alami selama petualangan. Dan ada berbagai teori lainnya.

Namun, sepertinya hal tersebut salah. Dalam sebuah wawancara terbaru dengan Oda Sensei, pengisi suara Luffy dalam seri anime, Mayumi Tanaka, mengungkapkan isi percakapannya dengan Oda Sensei, yang salah satunya adalah membantah mengenai teori-teori tersebut. Mayumi sempat mengatakan bahwa dia hanya memiliki waktu kurang dari sepuluh tahun untuk tetap mengisi suara Luffy.

Mayumi Tanaka juga memprediksi bahwa seri anime One Piece akan selesai dalam tujuh atau delapan tahun lagi. Tanaka mengatakan bahwa dia tidak mengetahui seperti apa cerita akhir dari serinya dan bahkan dia berharap bahwa dia masih diberi kesempatan untuk hidup untuk melihat episode terakhir One Piece. Tanaka pun kemudian membahas mengenai apa itu One Piece.

Dia mengungkapkan bahwa Oda membantah bahwa One Piece ada kaitannya dengan persahabatan, petualangan, pengalaman atau hal semacamnya. Menurut Oda, harta karun tersebut memang nyata. Namun, sampai sekarang baik di anime atau pun di manganya, para fans masih belum melihat seperti apa bentuk dari harta karun tersebut yang bisa jadi baru akan dihadirkan di akhir serinya.

Sebenarnya, apa yang diungkapkan Oda ini pernah juga diungkapkan beberapa tahun lalu kepada kreator dari seri Chibi Maruko-Chan, yaitu Momoko Sakura. Saat itu, keduanya juga terlibat dalam sebuah wawancara atau perbincangan. Momoko sempat bertanya kepada Oda Sensei tentang apa sebenarnya One Piece, dan apakah One Piece ada kaitannya dengan harta.

Oda kemudian menjawab bahwa One Piece memang ada kaitannya dengan harta. Setelah sekian lama berjuang, menghadapi berbagai rintangan, dan mengalahkan berbagai musuh, menurut Oda Luffy dan kelompok Topi Jerami perlu mendapatkan hadiah atas upayanya tersebut. Sehingga, bisa dipastikan bahwa ada sesuatu yang berharga dari One Piece.

Pengungkapan tentang apa itu One Piece dianggap sebagai waktu yang tepat saat ini. Pasalnya, Oda Sensei sudah mengatakan bahwa serinya akan segera selesai. Meskipun para fans masih memiliki beberapa tahun kedepan untuk menikmati ceritanya, tetapi hal ini mempertegas mengenai perjalanan cerita akhir serinya. Kita nantikan saja ya Geeks seperti apa harta karun One Piece tersebut di akhir ceritanya nanti.