Battlefield 2042 adalah salah satu game baru yang rilis akhir tahun 2021, tepatnya di bulan November. Bagi mereka penggemar FPS, Battlefield 2042 telah lama ditunggu, setelah tahun 2020 absen tanpa game baru Battlefield. Yap, EA Games dan DICE kala itu seolah tidak ingin gegabah mengembangkan seri Battlefield. Mereka pun enggan mengikuti trend game yang rilis tahunan, seperti yang terjadi pada kompetitornya yaitu Call of Duty.

Tetapi ketika game Battlefield 2042 dirilis, respons awal untuk game ini memang sangat buruk. Ada ragam masalah yang harus dihadapi pemain, dari mulai masalah teknis, bug, hingga para pemain konsol tidak mendapatkan fitur aim-assist, sehingga pemain kesulitan membidik lawan. Ada juga beberapa perubahan fitur yang dianggap menganggu. Hal itulah yang pada akhirnya membuat Battlefield 2042 dianggap sebagai game yang setengah matang dan belum tuntas.

Walau baru berumur 2 bulan, tetapi Battlefield 2042 mulai ditinggalkan oleh para pemainnya. Bahkan nih Geeks, jumlah pemain Battlefield V dan Battlefield 1 lebih banyak dari Battlefield 2042. Padahal kedua game tersebut adalah game lama dari franchise Battlefield. Data jumlah pemain Battlefield 2042 dapat dilihat melalui SteamDB, sebuah situs yang memperlihatkan trafik pemain game Steam di PC. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa banyak pemain Battlefield 2042 yang beralih memainkan game Battlefield V.

Jumlah pemain Battlefield 2042 bahkan turun sangat rendah, hingga berada di bawah pemain Battlefield 1. Tetapi yang harus dicatat bahwa data tersebut tidak menggambarkan secara keseluruhan jumlah pemain Battlefield 2042, karena hanya terbatas pada pemain Battlefield 2042 di Steam. Sementara untuk pemain Battlefield 2042 di origin ataupun konsol masih belum diketahui. Tetapi lewat data tersebut, EA Games dan DICE harus segera memperbaiki kekurangan dari gamenya, untuk mengembalikan jumlah pemain Battlefield 2042.

Beberapa waktu lalu, DICE sudah memastikan bahwa mereka akan memberikan update besar-besaran untuk Battlefield 2042 di tahun 2022. Kemungkinan besar update tersebut baru akan tersedia di bulan Februari mendatang. Tetapi kita tunggu saja apakah update tersebut akan mengalami kemunduran atau tidak, mengingat masifnya masalah yang dihadapi gamenya.

Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.