Superman adalah salah satu karakter terkuat di DC Universe. Selain bisa terbang, dia juga digambarkan sebagai sosok yang mempunyai banyak kemampuan super, di antaranya adalah napas es, heat vision, kekuatan fisik super, indra pendengaran yang sangat tajam, kecepatan super, dan masih banyak lagi. Dengan semua memampuan supernya tersebut, bisa dibayangkan apa yang akan terjadi jika Superman tidak menjadi superhero, melainkan supervillain yang mengancam keselamatan Bumi. Dari banyaknya inkarnasi Superman di Multiverse, ada 5 di antaranya yang terkenal jahat dan mengerikan. Siapa saja mereka?Simak di bawah ini, Geeks.

Ultraman (Earth-3)

Jika kebanyakan Superman di Multiverse DC digambarkan sebagai sosok baik, ada satu inkarnasi Superman di Earth-3 yang justru diceritakan sebagai sosok tirani sejak awal dia tiba di Bumi, dia adalah Ultraman. Di kisah Forever Evil, diceritakan bahwa Ultraman adalah pemimpin Crime Syndicate yang mirip seperti Justice League tetapi versi jahat. DI semestanya, Ultraman hanya mempunyai tujuan untuk menaklukan dan berkuasa di Bumi. Yang lebih mengerikannya lagi, Ultraman terkenal karena tidak mempunyai kelemahan. Kryptonite yang seharusnya melemahkan Superman di semesta utama, justru membuatnya makin kuat dan jahat.

Superman Injustice (Earth-22)

Dari semua daftar ini, mungkin inkarnasi Superman yang satu ini adalah yang paling familier di kalangan penggemar. Di semesta lain, tepatnya saat kejadian Injustice, diceritakan bahwa sebuah tragedi yang dirancang oleh Joker telah mengubah Superman untuk selamanya. Setelah diperlihatkan berhalusinasi dan membuat Lois Lane tewas, Superman juga menyebabkan ledakan nuklir di Kota Metropolis. Dan ketika dirinya sudah sadar, Superman langsung marah dan menghabisi Joker. Kejadian tersebut pada akhirnya mengubah moral Superman menjadi sosok kejam yang akan membunuh siapa pun yang menghalanginya, bahkan para superhero seperti Green Arrow dan Batman.

Super-Zombie (DCeased)

Jika Marvel punya Marvel Zombies, DC juga mempunyai kisah tentang wabah zombie yang menjangkiti para superhero, yaitu DCeased. Dalam berbagai tragedi tragis ini, banyak sekali superhero yang pada akhirnya berubah menjadi zombie, termasuk Superman. Setelah Flash menjadi zombie tercepat di Bumi, Superman yang berusaha menghentikannya kemudian terbang menembus tubuh Flash dan menghancurkannya. Mirisnya, potongan jari Flash menancap di perut Superman dan mengubahnya menjadi Super-Zombie paling mengerikan yang langsung melahap banyak superhero dan manusia lain.

Superman Apokolips (Earth-1198)

Seperti yang kita tahu, Kal El alias Superman adalah Kryptonian yang mendarat di Bumi saat dirinya masih bayi. Hal tersebut terjadi karena sebelum Planet Krypton hancur, kedua orang tuanya mengirim Superman ke ruang angkasa agar selamat. Namun, dalam satu kisah DC, bukannya mendarat di Bumi, Superman malah mendarat di Planet Apokolips tempat Darkseid berkuasa. Di planet tersebut, Superman dilatih oleh Darkseid sebagai calon petarungnya yang akan menguasai planet lain. Banyak kematian dan kehancuran planet yang pada akhirnya disebabkan oleh Superman Apokolips ini.

Super-Killer (Earth-1)

Dalam kisah Batman: The Devastator, Superman yang biasanya digambarkan sebagai sahabat Batman dan harapan para manusia Bumi, tiba-tiba berubah menyeramkan dengan membunuh para manusia dan menghancurkan apa pun yang dilihatnya, bahkan membunuh Lois Lane dengan tangannya sendiri. Saat Batman mencoba mencari tahu apakah dia dikendalikan oleh supervillain, ternyata Superman mengaku bahwa selama ini dia hanya berpura-pura baik demi mendapatkan simpati dari para manusia sampai akhirnya mengetahui semua kelemahan pada superheronya. Pada akhirnya, tindakan superman jahat ini memaksa Batman untuk membunuhnya.

Itulah lima inkarnasi Superman yang terkenal jahat dan bahkan paling mengerikan di DC Universe. Kelima Superman ini memperlihatkan pada penggemar tentang apa yang akan terjadi jika Superman menjadi jahat, selain kehancuran Bumi, akan banyak nyawa yang melayang di tangan salah satu makhluk terkuat DC ini. Pada akhirnya, hanya ada satu cara yang bisa dilakukan oleh para superhero lain untuk mengalahkan kelima Superman jahat ini, yaitu dengan membunuhnya dan menghentikan mereka untuk selamanya.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.