Sebagai salah satu franchise anime dan manga paling populer di dunia, One Piece memiliki berbagai karakter yang sangat ikonik dan juga konsep-konsep yang unik. Para fans di seluruh dunia tentu akan mengenal desain dari kapal Going Merry yang sangat imut dan lucu. Serta para fans jugaakan ingat dan mengenali bekas luka yang ada di dada Luffy serta topi jeraminya.

Sama halnya seperti Luffy atau pun para karakter lainnya di kelompok Topi Jerami, Usopp juga merupakan salah satu karakter yang cukup populer. Salah satu hal yang paling diingat dan melekat dengan sosok Usopp adalah bagian hidungnya yang panjang. Hidung Usopp tersebut bisa dibilang berbeda dengan hidung kebanyakan para karakter. Hal ini mungkin ada kaitannya dengan karakter mitologi dalam kepercayaan masyarakat Jepang.

Usopp dan Sosok Mitologi Tengu

Tengu merupakan karakter mitologi dalam cerita rakyat Jepang, yang muncul dalam kepercayaan Shinto. Tengu merupakan sosok yang memiliki penampilan seperti gabungan dari manusia, burung, dan kera. Meskipun secara penampilan sosok Tengu memiliki perbedaan – tergantung dari wilayah dan orang-orangnya – namun sosok Tengu sangat erat kaitannya dengan bagian hidung yang panjang dan warna kulit merah.

Tengu sering kali ditampilkan sebagai sosok yang sering menyebabkan masalah, meskipun terkadang juga Tengu digambarkan sebagai sosok villain. Biasanya Tengu melakukan kejahatan seperti menculik para biksu dan juga para biarawati, atau berusaha untuk menggoda dan mengelabui para wanita. Dalam versi yang “lebih baik” pun Tengu diperlihatkan sebagai sosok sering berbuat jahil atau melakukan berbagai hal nakal lainnya. Dan disadari atau tidak karakter Tengu ini pun muncul dalam karakter Usopp di seri One Piece.

Bagaimana Tengu Menginspirasi Usopp

Persamaan paling jelas dan paling besar antara Usopp dan Tengu adalah bagian hidung mereka yang besar dan panjang. Bentuk hidung Usopp benar-benar dibuat sangat mirip dengan sosok Tengu. Kemudian Usopp juga sering berbuat jahat, dan dikenal karena sering membual atau membicarkaan kebohongan dan cerita dongeng. Tengu sangat senang menganggu para petualang, membohongi mereka dan membuat mereka bingung demi kesenangannya.

Bagaimana Usopp bisa bergabung dengan kru bajak laut Topi Jerami pun pada awalnya dikarenakan cerita bohong Usopp, meskipun kemudian Luffy dan yang lain menerima Usopp karena kemampuannya. Hidung dan juga kebohongan yang erat kaitannya dengan Usopp juga mungkin terinspirasi dari karakter Pinocchio, terutama jika mengingat bahwa kata “uso” dalam nama Usopp berarti bohong.

Dalam cerita Pinocchio, dia bermimpi untuk benar-benar menjadi anak laki-laki seutuhnya. Usopp juga sering mengatakan bahwa dia ingin menjadi sosok paling ditakuti di seluruh lautan. Namun, dibandingkan dengan Pinocchio, karakter Usopp sepertinya lebih dekat dengan sosok Tengu. Julukan Usopp, yaitu God Usopp, juga sepertinya ada kaitannya dengan Tengu.

Seperti yang disebutkan di atas, Tengu merupakan salah satu karakter mitologi atau dewa dalam agama Shinto. Bagaimana kemudian Usopp menjadi “dewa” bagi sebagian orang memperkuat koneksi antara Usopp dan Tengu. Berdasarkan semua penjelasan tersebut bisa disimpulkan bahwa Oda Sensei banyak melakukan riset untuk membuat karakter Usopp.

Karakter Usopp sendiri besar kemungkinan diadaptasi dari karakter mitologi dalam agama Shinto yaitu Tengu. Dari sikap, bentuk penampilan, dan perilaku Usopp dibuat mirip dengan bagaimana sebagian penduduk Jepang menggambarkan sosok Tengu. Jadi, mungkin tidak salah jika kemudian julukan “God Usopp” disematkan kepada penembak jitu dari Topi Jerami ini.