Usopp dikenal sebagai salah satu dari kru bajak laut Topi Jerami dalam cerita One Piece. Dia memiliki kelebihan dalam hal menembak jitu dan kemampuannya tersebut sangat krusial, karena tidak jarang kemampuan Usopp tersebut justru bisa menyelamatkan nyawa orang lain. Tetapi, siapa sangkap bahwa Usopp yang sekarang sangat berbeda dengan Usopp yang dahulu.

Sebelum bergabung dengan Luffy dan yang lain, Usopp hanyalah seorang pemuda biasa di desa Syrupp. Namun, yang sering kali membuat warga kesal adalah Usopp selalu membuat kegaduhan dengan menciptakan berbagai kebohongan, yang membuat seluruh penduduk panik. Usopp juga sering membuat cerita bohong, terutama tentang petualangan sebagai bajak laut kepada salah satu gadis di desanya, Kaya.

Namun, kebohongan yang Usopp katakan dahulu nyatanya kini perlahan menjadi nyata. Dalam artikel sebelumnya pernah disebutkan bahwa ada banyak kebohongan yang pernah Usopp katakan dan sekarang menjadi kenyataan, contohnya bertemu dengan penduduk kurcaci, menghadapi Cerberus, atau mungkin yang paling epik adalah memiliki ribuan pengikut.

Salah satu kebohongan Usopp yang sering diucapkan juga adalah bagaimana dia merupakan sosok kapten bajak laut yang kuat dan ditakuti. Yang menarik adalah kebanyakan sosok kapten bajak laut yang ditakuti dan kuat tersebut memiliki Haki Penguasa alias Conqueror Haki. Contoh nyatanya adalah para Yonko, Roger, dan bahkan Luffy.

Jika kemudian Oda perlahan mulai mewujudkan berbagai kebohongan dari Usopp, dan kebohongan Usopp tersebut adalah menjadi kapten yang ditakuti dan kuat, apakah artinya nanti Usopp juga akan memiliki Haki Penguasa? Mungkin diatas kertas, hal tersebut sangat sulit untuk terwujud. Seperti diperlihatkan dalam ceritanya, mereka yang memiliki Haki Penguasa memiliki tekad yang sangat kuat.

Sebaliknya, Usopp jutsru adalah sosok yang penakut dan hampir tidak pernah terlibat dalam pertarungan menghadapi lawan kuat. Dia juga tidak percaya diri untuk bisa terlibat dalam sebuah pertarungan. Namun, hal tersebut sebenarnya merupakan “tekad kuat” dari Usopp. Usopp mungkin memang adalah sosok penakut dan rendah diri dalam hal keterlibatannya dalam pertarungan.

Tetapi, disadari atau tidak, Usopp tidak pernah kabur dan tetap berada di medan pertempuran, membantu rekan-rekannya yang lain atau mereka yang membutuhkan. Dan sudah beberapa kali hal tersebut terjadi dalam ceritanya. Contohnya ketika dia menantang Rob Lucci, yang bisa saja membuat Usopp kalah dengan satu kali serangan. Dia rela membahayakan dirinya demi menolong Luffy.

Usopp juga mampu melupakan rasa takutnya demi menolong teman-temannya, artinya Usopp juga memiliki tekad yang kuat. Dan juga, ketika Usopp memiliki kemampuan Haki Penguasa, hal ini akan sesuai dengan “julukan” dari Usopp yaitu God Usopp dan mewujudkan mimpinya sebagai bajak laut yang ditakuti dan juga sangat kuat.

Meskipun baru sebatas spekulasi, hal ini tentunya akan sangat menarik bila memang terjadi di akhir ceritanya nanti. dan Oda pun mungkin sudah memberikan petunjuk mengenai hal tersebut. Di awal chapter 1024 kemarin, terdapat sebuah momen di mana anak buah Kaido lainnya yang ada di dalam istana tiba-tiba tidak sadarkan diri. Muncul sosok misterius yang mendekati mereka.

Sosok tersebut ternyata adalah Usopp yang menaiki seekor buaya. Usopp berkelakar bahwa dialah yang membuat mereka semua pingsan. Meskipun Usopp tidak menyebutkan bahwa itu adalah Haki Penguasa, dia mengatakan bahwa wajar jika orang-orang yang lemah akan pingsan di hadapanya. Sayangnya, pada kenyataanya, itu bukanlah Haki Penguasa milik Usopp, melainkan Haki Penguasa Big Mom yang bertarung melawan Kid dan Law. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Oda Sensei akan menghadirkan Haki Penguasa bagi Usopp.