Justice League adala tim super utama DC yang paling terkenal di kalangan penggemar. Selama bertahun-tahun, tim super ini diceritakan telah berhasil melindungi Bumi dengan menghalau semua bahaya yang mengancam keselamatan Bumi. Terdiri dari berbagai anggota yang populer secara individu, seperti Batman, Superman, Wonder Woman, dan masih banyak lagi, Justice League mempunyai tempatnya sendiri di hati penggemar. Dan di DC Comics sendiri, Justice League juga mempunyai beberapa tempat ikonik yang mereka jadikan markas. Berikut 7 markas terbaik Justice League di DC Universe!

Secret Sanctuary

Secret Sanctuary adalah markas paling pertama sekaligus tertua yang pernah dimiliki oleh Justice League. Terletak di dalam perut Pegunungan Justice, Pulau Rhode, Secret Sacntuary sering dijadikan tempat pertemuan oleh para superhero, dan dalam beberapa kesempatan, markas ini juga sering dijadikan tempat untuk melepas lelah para superhero yang kelelahan setelah memikul beban superhero-nya. Banyak sekali tim super yang pernah bermarkas di sini, selain Justice League, tim seperti Young Justice dan bahkan Doom Patrol juga pernah menjadikan Secret Sanctuary sebagai tempat berkumpul dan berdiskusi.

Satellite

Sebagai tim super terbaik di DC Universe, Justice League sering diceritakan mempunyai markas di ruang angkasa, salah satunya yang cukup ikonik adalah Justice League Satellite yang diceritakan pada era Crisis on Infinite Earths. Sebagai markas ruang angkasa pertama yang sangat luas dan juga mempunyai peralatan canggih dari Wayne Enterprise, pada masanya tidak ada yang bisa mengalahkan Justice League Satellite. Di dalamnya bahkan ada banyak sekali ruangan, dari mulai kolam renang, area latihan tembak, dan juga ruang trofi tempat menyimpan barang-barang para villain yang sudah dikalahkan.

Compound

Dalam sejarahnya di DC Comics, Justice League diceritakan mempunyai beberapa cabang tim super yang juga tidak kalah hebatnya, salah satunya adalah Justice League Detroit. Sebagai tim super populer kedua pada saat itu, Justice League Detroit mempunyai markasnya sendiri yang disebut Justice League Compound, yang lokasinya berada di dekat sungai Detroit. Diceritakan juga, bahwa markas tersebut awalnya didesain sebagai bungker anti bom pada era Perang Dingin, dan setelah dijadikan markas Justice League, suasana di dalamnya menjadi jauh lebih ceria dan ramai dari sebelumnya.

Embassy

Setelah Justice League Detroit dianggap tidak mampu menangani masalah yang tersebar di seluruh dunia, tim super DC ini kemudian dirombak ulang menjadi Justice League of International yang mempunyai markas di belahan dunia, tepatnya di gedung-gedung kedutaan besar Justice League yang tersebar di berbagai negara, seperti Justice League of America, Justice League Europe, dan juga Justice League Antarctica. Jadi, secara tidak langsung, Justice League of International adalah perwakilan PBB yang bisa bermarkas di mana saja, termasuk di berbagai gedung kedubes yang tersebar di seluruh dunia.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2