Jougan merupakan Doujutsu yang menarik sekaligus misterius dalam seri Boruto: Naruto Next Generation. Jougan sendiri merupakan Doujutsu yang dimiliki oleh Uzumaki Boruto, sang protagonis utama serinya. Boruto memiliki Jougan pada bagian mata kanannya. Mengapa kemudian Doujutsu Jougan menjadi Doujutsu yang misterius? Hal ini dikarenakan kita masih belum tahu mengenai asal-usulnya.

Bagaimana Boruto bisa mendapatkan Doujutsu tersebut? Siapa yang memberikannya? Itulah merupakan pertanyaan yang sampai sekarang masih menjadi misteri di kalangan para fans mengenai mata dari Jougan. Jougan sendiri merupakan Doujutsu baru yang diperkenalkan di serinya. Dan yang menarik adalah sampai sejauh ini diketahui bahwa Doujutsu tersebut hanya dimiliki oleh Boruto.

Meskipun begitu, ada kemungkinan juga bahwa Jougan merupakan Doujutsu yang dimiliki oleh klan Otsutsuki atau setidaknya memiliki keterkaitan dengan klan tersebut. Selain asal-usul Jougan, kekuatan dari Jougan pun belum dijelaskan secara sempurna. Sejauh ini, baru sedikit kemampuan Jougan yang sudah diperlihatkan seperti mampu melakukan teleportasi, serta melihat titik lemah dari musuh.

Banyak dari para fans yang mencoba untuk berteori dari mana Jougan milik Boruto tersebut berasal. Dari sekian banyak teori yang beredar di kalangan fans, terdapat dua teori yang mungkin bisa menjawab pertanyaan besar mengenai asal-usul Jougan. Pertama, terdapat sebuah teori yang menyebutkan bahwa Jougan merupakan Doujutsu yang “diberikan” oleh Toneri Otsutsuki.

Dalam film The Last: Naruto the Movie, para fans diperkenalkan dengan salah satu anggota klan Otsutsuki lainnya yaitu Toneri. Toneri sendiri diketahui berencana untuk menghancurkan planet bumi, beserta seluruh isinya. Namun, rencana tersebut sempat terhenti setelah Toneri jatuh cinta terhadap Hinata Hyuga dan Hanabi sehingga mereka kemudian diculik oleh Toneri.

Namun, rencana tersebut kemudian berhasil digagalkan oleh Naruto. Dalam filmnya, Toneri memberikan semacam mantra agar Hinata mau menuruti perintahnya, namun ada juga yang beranggapan bahwa sesuatu yang ditanamkan Toneri ke tubuh Hinata adalah semacam “parasit.” Meskipun kemudian Naruto berhasil mengeluarkan hal tersebut, sebagian fans meyakini bahwa parasit tersebut masih tersisa.

Itulah yang kemudian memberikan perbedaan jelas antara Boruto dan Himawari. Ada pun yang beranggapan bahwa seharusnya Jougan Boruto ada di kedua matanya, dan bukan hanya satu. Kemudian kesimpulan yang kedua adalah bukan Toneri pelakunya. Boruto memang mendapatkan kekuatan tersebut sejak lahir, dan bukan pemberian siapa-siapa. Itu semua merupakan murni kekuatannya.

Meskipun dalam serinya kemudian dijelaskan bahwa Jougan ada kaitannya dengan klan Otsutsuki, bukan berarti Toneri adalah sosok yang pasti memberikannya. Kesimpulan yang kedua ini menjelaskan bahwa mata Jougan Boruto bisa jadi muncul karena adanya percampuran gen antara Naruto, Ashura, Hagoromo, serta chakra Kurama yang ada di dalam tubuh Naruto.

Belum lagi Hinata merupakan bagian dari klan Hyuga yang merupakan keturunan dari Hamura Otsutsuki. Sehingga, rasanya memang masuk akal jika kemudian mata Jougan ada kaitannya dengan klan Otsutsuki, dan bukan pemberian dari Toneri. Meskipun kesimpulan yang pertama dianggap menarik, namun rasanya kesimpulan yang kedua lebih masuk akal untuk menjelaskan mengenai asal-usul Jougan.

Dengan adanya percampuran berbagai chakra terhebat, mungkin ini juga yang kemudian menjadi alasan jika level kekuatan Boruto berbeda dengan shinobi pada umumnya. Bahkan, dia pun sering kali memperlihatkan keunggulannya dibandingkan shinobi seusianya dan juga para Jonin. Menarik tentunya untuk melihat bagaimana ketika Boruto berhasil menguasai penuh seluruh kemampuannya.

Pertanyaan lainnya yang juga muncul kemudian adalah apakah Himawari juga memiliki kekuatan Jougan? Sebagian fans meyakini bahwa Himawari mungkin memiliki separuh Jougan Boruto. Tetapi, jika menilik dari “sejarah” bahwa Himawari adalah karakter wanita dalam cerita Shounen, yang mana umumnya adalah laki-laki yang lebih unggul, Himawari rasanya tidak akan jauh lebih kuat dari Boruto. Kita nantikan saja ya Geeks kejutan dan informasi lainnya mengenai Jougan pada masa yang akan datang.