Seri Attack on Titan tidak membuang-buang waktu untuk menghadirkan cerita besar yang dihadirkan sejak awal bagian kedua dari musim terakhir serinya. Para fans terakhir kali melihat Zeke Jaeger dan Levi Ackerman saling bertarung, dan Zeke sendiri meledakan sebuah Thunder Spear dan melukai dirinya sendiri. Bukan hanya itu, serpihan ledakannya pun mengenai tubuh Levi.

Para fans pun bertanya-tanya, apakah Levi sudah tewas? Apa yang terjadi kepada Zeke? Bagaimana nasib mereka? Episode 17, “Judgement,” dibuka dengan cerita pasca momen terakhir tersebut. Diperlihatkan bagaimana Hange, yang saat ini menjadi tawanan dari Floch yang menjadi bagian dari Jaegerist, memegang tubuh Levi yang terluka sangat parah.

Kita melihat bagaimana wajahnya hancur dan juga banyak jarinya yang putus, akibat serpihan dari Thunder Spear. Di sisi lain, Zeke muncul kembali dari dalam perut Titan yang sudah tewas. Hal ini membuat para Jaegerist terkejut dengan apa yang terjadi. Lalu, apa yang sebenarnya terjadi kepada mereka berdua? Apakah mereka selamat?

Nasib Levi

Diagnosis yang dilakukan oleh Hange saat mengatakan kepada Floch, menyatakan bahwa Levi sudah tewas akibat ledakan dari Thunder Spear. Namun, meskipun Levi sudah dinyatakan tewas oleh Hange, Floch sendiri masih belum yakin. Dia meminta Hange menunjukan wajah Levi dan juga meminta Hange untuk menyingkir agar dia bisa memegang denyut nadinya.

Hange sendiri tidak bergeming dengan permintaan Flock tersebut, yang mana menunjukan bahwa kemungkinan besar Levi sebenarnya masih hidup hanya saja kondisinya sangat kritis. Hange sebenarnya ingin melindungi Levi dari Floch. Dan ketika Floch dan para Jaegerist teralihkan dengan apa yang terjadi kepada Zeke, Hange dan Levi pun kemudian melarikan diri dengan menyelam ke sungai yang ada di sampingnya.

Berdasarkan hal tersebut, memperbesar kemungkinan bahwa Levi masih belum tewas. Dia hanya terluka parah, dan belum sadarkan diri. Rasanya Levi pun tidak akan memiliki cukup waktu untuk pulih dari luka-lukanya dan ikut bertarung dalam pertempuran di Shiganshina. Menarik tentunya untuk melihat apa yang akan terjadi kepada Levi selanjutnya, dan bagaimana perannya ke depan untuk menghentikan pertempuran antara Paradis dan Marley.

Apa yang Terjadi pada Zeke?

Bisa dibilang Zeke sangat beruntung bahwa dia adalah salah satu Titan Shifter, di mana seharusnya jika Zeke manusia biasa dia akan tewas akibat ledakan dari Thunder Spear yang mengenai tubuhnya. Hal ini bisa dilihat dari kondisi Levi Ackerman. Namun, momen aneh kemudian muncul di mana terdapat Pure Titan yang memakan tubuh Zeke.

Masih belum jelas apa yang sebenarnya terjadi di dalam tubuh Titan tersebut. Namun, Zeke kemudian menjelaskan bahwa jiwanya sempat pergi menuju Path, di mana dia bertemu dengan seorang gadis kecil – yang merupakan Ymir Fritz. Zeke tidak tahu siapa gadis tersebut, dan di mana saat itu dia berada. Menurut Zeke, dia hanya bisa terdiam saat melihat langit yang ada di Path.

Zeke pun merasa bahwa dia sudah ribuan tahun berada di Path, meskipun faktanya dia baru beberapa saat saja di sana. Zeke pun muncul dalam keadaan sehat dan tidak ada luka, yang kemungkinan ada kaitannya dengan apa yang dilakukan oleh Ymir di mana dia menutup sebagian tubuh Zeke dengan pasir putih. Darah bangsawan yang ada di dalam tubuh Zeke mungkin juga memiliki peran dengan apa yang terjadi kepadanya. Zeke sendiri nampaknya tidak terlalu peduli dengan apa yang terjadi, dan lebih memilih untuk tetap pada rencana yang sudah disusun.

Sementara itu, di distrik Shiganshina, situasi benar-benar berubah menjadi kacau ketika pasukan Marley mengirimkan ribuan pasukan mereka. Reiner, Porco, dan Pieck pun ikut bertarung di sana. Yelena sudah meminta Eren untuk tidak meladeni mereka, namun yang terjadi Eren menghadapi semua ancaman tersebut sendirian. Dan hasilnya Eren dalam kondisi yang sulit, di mana bahkan dia terluka akibat serangan Reiner dan Pieck.

Zeke mungkin adalah satu-satunya orang saat ini yang bisa membantu Eren membalikan situasi. Apakah Eren akan mampu keluar dari situasi saat ini? Apakah Zeke akan membantu Eren menghadapi Marley? Apakah Levi akan kembali pulih dan kembali bertarung? Masih harus kita tunggu jawabannya pada episode selanjutnya.