Marvel Universe dipenuhi oleh berbagai karakter tangguh yang diceritakan mempunyai berbagai kemampuan super. Meskipun kebanyakan superhero diceritakan kuat dengan kemampuan super alaminya, ada beberapa di antaranya manusia biasa yang menapaki tangga superhero dengan upayanya sendiri, salah satunya adalah Tony Stark alias Iron Man. Dengan upayanya selama bertahun-tahun, Iron Man menjadi salah satu karakter populer Marvel yang hampir selalu berhasil mengalahkan musuh-musuhnya. Namun, ternyata dari sekian banyak musuh yang pernah dia hadapi, lima di antaranya jutru tidak pernah berhasil Iron Man kalahkan. Siapa saja mereka? Simak di bawah ini, Geeks.

Beyonder

Dalam sejarah Marvel yang sangat panjang, sering kali diceritakan bahwa entitas kosmik adalah makhluk super sakti yang tingkatannya berada jauh di atas para superhero. Namun, bukan berarti Iron Man tidak pernah mengalahkan entitas kosmik, karena pada kenyataannya dia pernah mengalahkan lawan berkekuatan kosmik, seperti Thanos, Korvac, dan bahkan Dark Celestial.

Sayangnya, pengalaman hebat tersebut tidak membuat Iron Man bisa mengalahkan entitas kosmik sakti bernama Beyonder. Di kisah Secret Wars dan Secret Wars 2, Iron Man adalah salah satu superhero yang berhasil Beyonder kalahkan dengan mudah, dan sejak saat itu Iron Man tidak pernah telihat bisa mengalahkannya.

Hydra Supreme

Sebenarnya Hydra Supreme adalah inkarnasi Captain America, yang kisahnya ditulis ulang menggunakan Kosmik Cube menjadi seorang agen rahasia Hydra. Pada dasarnya, Hydra Supreme mempunyai kekuatan yang sama seperti Steve Rogers alias Captain America, tetapi dia mempunyai sumber daya yang besar sebagai agen Hydra dan kegeniusan taktik untuk melancarkan berbagai skema pertempuran melawan para superhero.

Saat Hydra Supreme melancarkan rencananya untuk menguasai Amerika, dia berhadapan dengan para Avengers termasuk Iron Man. Namun, karena dia mengetahui semua langkah yang akan dilakukan oleh Iron Man dan superhero lain, pada akhirnya mereka dikalahkan. Dan Iron Man yang pernah mengalahkan Captain America, ternyata tidak bisa berkutik di hadapan Hydra Supreme.

Phoenix Five

Phoenix Five sebenarnya adalah tim super yang secara tidak sengaja dibentuk oleh Iron Man sendiri. Setelah Phoenix Buster milik Iron Man memecah Phoenix Force menjadi lima bagian, kekuatan sakti tersebut masuk ke dalam tubuh lima superhero dan merusak pikiran mereka dari dalam, termasuk Namor, Emma Frost, Colossus, Magik, dan Cyclops. Karena dianggap berbahaya pada akhirnya Avengers turun tangan, hanya untuk dikalahkan oleh Phoenix Five, termasuk Iron Man yang kalah dengan luka yang cukup serius. Meskipun Avengers akhirnya menang, tetapi Iron Man tidak berkontribusi dalam kemenangan tersebut.

Veranke

Ada banyak kisah menarik di Marvel Universe salah satunya adalah Secret Invasion yang menceritakan invasi Skrull ke Bumi. Untuk melancarkan serangannya, Ratu Skrull yang bernama Veranke diceritakan menyamar menjadi Spider-Woman dan bergabung dengan New Avengers. Iron Man yang pada saat itu memegang kendali atas S.H.I.E.L.D., pada akhirnya mulai mengendus rencana jahat Veranke. Pertarungan mereka berdua akhirnya tidak bisa dihindari, dan ternyata Iron Man sama sekali tidak mengetahui betapa hebatnya Veranke. Setelah kalah dengan cara memalukan, Iron Man kemudian dikeluarkan dari S.H.I.E.L.D.

Void

Void adalah versi jahat di dalam tubuh superhero kuat bernama Sentry. Sebagai salah satu makhluk paling kuat di Marvel Universe, tentu saja Sentry dan Void adalah ancaman yang bisa sangat berbahaya bagi Bumi dan bahkan semesta. Versi jahat Void telah beberapa kali diceritakan menyerang para superhero, dan yang paling sering bertarung dengannya adalah Iron Man. Secara kekuatan dasar saja, Void adalah musuh Iron Man yang jauh lebih kuat dari musuh-musuh lamanya. Dalam berbagai pertarungan yang dilakukan olehnya, Iron Man selalu kalah telak, baik oleh Void maupun Sentry.

Itulah 5 supervillain yang sama sekali tidak pernah berhasil Iron Man kalahkan di Marvel Universe. Meskipun diceritakan mempunyai teknologi yang jauh lebih canggih dan beragam, tetapi versi komiknya ini lebih sering diperlihatkan kalah jika dibandingkan dengan versi MCU-nya. Dan kelima villain ini membuktikan bahwa ada batasan yang sebenarnya tidak bisa ditembus oleh Iron Man. Apakah suatu hari nanti Iron Man bisa mengalahkan kelima villain ini? Mungkin saja, tetapi yang jelas untuk saat ini dia masih belum mampu untuk membuktikan hal tersebut.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.