Semenjak pasca peristiwa di arc Whole Cake Island, sosok Monkey D. Luffy digadang-gadang menjadi penguasa samudra kelima atau Yonko kelima. Hal itu memang pada awalnya merupakan kabar yang dilebih-lebihkan oleh surat kabar Morgan mengenai Luffy pasca dia dan kelompok Topi Jerami berhasil kabur dari kejarang bajak laut Big Mom. Namun, sepertinya perlahan Luffy mulai membuktikan hal tersebut.

Selama di arc Wano Country, Luffy banyak mengalami peningkatan kekuatan. Salah satu hal yang mengalami peningkatan adalah kemampuan Haki dari Luffy. Di penjara Udon, dia berlatih Ryo dan Advanced Ryuo bersama Hyogoro. Namun, sayangnya, semua hal yang sudah dia lakukan dalam latihan masih belum cukup untuk bisa mengalahkan Kaido.

Kaido masih terlalu kuat bagi Luffy. Kaido berhasil membuat Luffy tidak sadarkan diri dua kali dalam pertempuran di Onigashima. Bahkan, Kaido sempat menjatuhkan Luffy ke lautan setelah dia berhasil membuat Luffy kembali tidak sadar. Meskipun begitu, terdapat satu hal yang kemudian berkembang secara tiba-tiba di tengah pertempuran.

Luffy mengalami peningkatan kemampuan dalam hal Conqueror Haki. Luffy menyadari bahwa Armament Haki bukanlah hal yang membuat Kaido kuat dan abadi, melainkan Conqueror Haki yang dia lapisi dalam setiap serangan dan juga tubuhnya. Inilah yang kemudian membuat Luffy beradaptasi, dengan melakukan serangan yang dilapisi oleh Conqueror Haki. Dan hasilnya sangat efektif untuk bisa membuat Kaido terkapar.

Bukan hanya berhasil membuat Kaido terkapar, Luffy juga berhasil membuktikan dirinya sudah setara level Yonko dengan menghadirkan Conqueror Haki level tinggi yang membuat langit terbelah, saat beradu dengan Conqueror Haki milik Kaido. Dan dengan situasi saat ini, seperti yang diperlihatkan pada chapter 1036 kemarin, para fans pun berpendapat bahwa Luffy akan mampu mengalahkan Kaido.

Apa yang kemudian terjadi jika kemudian Luffy berhasil mengalahkan Kaido? Besar kemungkinan Luffy akan menjadi sosok Yonko yang baru menggantikan posisi dari Kaido. Meskipun untuk bisa dianggap sebagai Yonko secara resmi perlu persetujuan dari pihak Pemerintah Dunia, namun seperti disebutkan di atas, Luffy sudah dianggap sebagai Yonko kelima.

Artinya sama seperti halnya Blackbeard, Luffy akan menggantikan posisi Kaido sebagai salah satu Yonko. Namun, akan ada perubahan besar yang kemudian muncul dalam sistem Yonko ini. Karena, seperti yang kita ketahui di Onigashima saat ini bukan hanya Kaido Yonko yang berada di sana. Ada juga sosok Big Mom yang sedang bertarung menghadapi Law dan Kid.

Artinya, jika kemudian Kaido dan Big Mom kalah maka Yonko yang tersisa hanya ada dua orang yaitu Blackbeard dan Shanks. Dengan Luffy yang mungkin akan menggantikan posisi Kaido, artinya jumlah Yonko pun bertambah satu menjadi tiga orang. Lalu, siapa yang akan menggantikan Big Mom? Bisa jadi salah satu diantara Kid dan Law. Atau bisa jadi juga akan ada perubahan besar di mana bukan lagi empat melainkan lima penguasa samudra.

Sehingga, posisi para Yonko – atau Goko – di akhir pasca Wano adalah Shanks, Blackbeard, Luffy, Law, dan Kid. Namun, sebenarnya masih ada beberapa pertanyaan besar yang muncul dari hal ini. Pertama, pasca kekalahan Kaido dan Big Mom apakah Pemerintah Dunia masih akan tetap mempertahankan sistem Yonko? Atau justru membubarkannya seperti Shichibukai?

Kedua, apakah Luffy pun mau menduduki posisi sebagai penguasa samudra? Kita tahu bahwa Luffy bermimpi untuk menjadi raja bajak laut dengan pergi ke Laugh Tale. Sedangkan menjadi Yonko, meskipun bisa saja mereka pergi ke Laugh Tale, namun mereka cenderung diam di tempat alias tidak bisa pergi ke mana-mana. Dan Luffy tidak ingin hal tersebut. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!