Para pasukan Survey Corps dalam cerita di seri Attack On Titan menggunakan sebuah alat khusus untuk bisa mengatasi para Titan. Alat khusus tersebut bernama ODM Gear. ODM Gear bisa dibilang adalah salah satu senjata terbaik yang diciptakan umat manusia untuk bisa menghadapi para raksasa Titan. Bagaimana cara kerja dari ODM Gear?

ODM Gear atau Omni-Directional Mobility Gear, adalah senjata yang digunakan oleh para pasukan Survey Corps yang ada di pulau Paradis. Mereka mengembangkan dan menciptakan alat tersebut untuk membantu menghadapi serangan mengerikan para Titan. Meskipun begitu, untuk bisa mengendalikan ODM Gear dengan baik perlu latihan yang tidak sebentar. Pengalaman juga penting untuk bisa menguasai alat ini.

Beberapa karakter dari Survey Corps dikenal sangat ahli dalam menggunakan alat ini, contohnya adalah Levi Ackerman, Mikasa Ackerman, dan Miche Zacharius. Levi bahkan dianggap yang paling ahli dan paling baik diantara ketiganya, dengan kelebihannya dalam hal kecepatan dan kemampuan berpedang yang tidak bisa disaingi oleh orang-orang.

Sistem Kerja ODM Gear

ODM Gear dibuat dari berbagai mesin, baik yang kompleks atau pun yang simpel, membuat penggunanya bisa menembakan dan menarik tubuh mereka dengan kabel baja. Sayangnya, tidak semua hal yang berkaitan dengan sistem kerja ODM Gear bisa diketahui. Banyak komponen di dalam gagang pedangnya dan juga kendali dari ODM Gear yang dirahasiakan.

Pada umumnya, ODM Gear memiliki tiga hal utama; ruang utama (main chamber), tabung untuk penyimpanan gas (gas cylinders), dan pengendalinya. Ruang utama alias main chamber berada di belakang dari penggunanya. Dan di ruang utama pula besi-besi penyangga yang ditembakan dari alat ini tersimpan. Kapanpun penggunanya menekan trigger yang ada di bagian kendali, kabel tersebut akan keluar dan menarik mereka dengan bantuan turbin berkekuatan gas.

Tabung atau silinder gas yang dimanfaatkan untuk menggerakan turbin tersebut terikat di bagian pinggang penggunanya. Tabung gas ini sangat penting karena menjadi penggerak utama bagi keseluruhan ODM Gear. Ketika diaktifkan, silinder tersebut akan melepaskan gas menuju turbin, yang menjadi sumber tenaga untuk melepaskan/menembakan kawat atau tali bajanya.

Untuk bisa mengendalikan semua mekanisme tersebut dengan mudah, bagian kendalinya didesain untuk ada di bagian gagang pedangnya. Di setiap gagangnya terdapat dua tombok dan juga sebuah tuas. Tombol atas digunakan untuk menembakan kabel baja, dan bagian tombol bagian bawahnya digunakan untuk mengatur jumlah gas yang dikeluarkan. Setelah kabelnya menempel pada sebuah bidang, penggunanya akan menarik tuas yang menyebabkan kabel baja tersebut tertarik dan penggunanya pun ikut tertarik.

ODM Gear dilengkapi dengan pedang baja yang sangat kuat dan tajam, membuat para Survey Corps bisa lebih mudah untuk mengalahkan para Titan. Para pasukan yang sudah terlatih, akan mampu “terbang” di udara lebih cepat dibandingkan pergerakan para Titan, dengan bantuan ODM Gear. Alat ini juga membantu mereka untuk bisa lebih mudah menuju bagian tengkuk para Titan, titik terlemah dan titik serang para Titan.

Kedahsyatan ODM Gear

Episode 17 dari musim ketiga memperlihatkan bagaimana Levi Ackerman sangat handal dalam menggunakan ODM GEar. Levi saat itu bertarung menghadapi Zeke Jaeger dalam form Beast Titannya. Levi memanfaatkan tubuh Beast Titan yang bisa mencapai 17 meter sebagai titik lompatnya. Hal ini membuat Levi mampu bergerak dan bermanuver dengan baik, meskipun tanpa adanya bangunan atau pepohonan.

Levi benar-benar menggunakan ODM Gear sampai pada titik puncaknya. Levi menggunakan momentum gas di ODM Gear untuk bisa berayun dan terbang di sekitar tubuh Beast Titan. Hal inilah yang kemudian menjadi salah satu pertarungan paling memorable di serinya. Levi benar-benar memperlihatkan kemampuan penuh dari ODM Gear.

ODM Gear memang adalah perwujudan dari upaya manusia untuk bisa bertahan hidup saat berhadapan dengan para Titan. Namun, kita pun bisa melihat bahwa menggunakan ODM Gear saja tidaklah cukup. Sesuai namanya, ini hanyalah sebuah alat bantu saja. Tanpa penggunanya yang handal atau berpengalaman, yang bisa menggunakannya dengan leluasa, ODM Gear tidak ada bedanya dengan alat-alat yang lain.