Sebagai waralaba paling terkenal di seluruh dunia, Star Wars bercerita tentang sebuah galaksi yang dipenuhi dengan berbagai karakter dan mitologi menarik. Bertema tentang kekuatan Force yang dibagi menjadi jahat dan baik, ada banyak karakter selain Jedi dan Sith yang sebenarnya layak juga untuk diikuti. Selain pengguna kekuatan Force ada karakter yang lebih mengutamakan otaknya. Dalam sejarah Star Wars yang panjang, baik di film, komik, maupun video game, ada 5 karakter yang dianggap paling genius di galaksi. Siapa saja mereka? Simak di bawah ini, Geeks.

Grand Admiral Thrawn

Jika membahas karakter yang sering mempunyai strategi mematikan ketika bertempur, Grand Admiral Thrawn adalah nama paling atas yang akan disebut. Sejak pertama kali diperkenalkan di komik Heir to the Empire karya Timothy Zahn pada tahun 1991, Grand Admiral Thrawn adalah salah satu karakter Star Wars paling populer. Hal tersebut karena dia hadir sebagai sosok genius perang yang sangat ditakuti oleh Republic. Sebagai bagian dari Empire, tidak peduli keadaannya seperti apa, Grand Admiral Thrawn selalu berhasil menciptakan strategi mematikan, lengkap dengan detail tahapan yang harus dilakukan.

Marchion Ro

Ketika seorang karakter akan digambarkan sebagai sosok yang pintar atau kuat, Marchion Ro menguasai keduanya. Sebagai villain pada era High Republic, konon ancaman yang dibawa oleh Marchion Ro sama berbahayanya seperti yang dilakukan Palpatine saat Skywalker saga. Mempunyai julukan Eye of the Nihil, Marchion Ro adalah dalang dari berbagai kehancuran Jedi pada era High Republic. Dengan kemampuannya bertarung, Marchion Ro sangat sulit untuk dikalahkan, ditambah lagi dia mempunyai pemikiran genius yang membuatnya selalu berhasil melancarkan stratefi mematikan. Pada saat itu, Jedi bahkan lebih takut pada Marchion Ro daripada Sith.

Boba Fett

Siapa yang tidak mengenal Boba Fett? Sebagai salah satu karakter paling populer di Star Wars, Boba Fett adalah bounty hunter paling terkenal di galaksi. Boba Fett adalah kloning sekaligus anak dari Jango Fett yang sangat terkenal saat era Clone War, dia juga mengenakan armor beskar seperti Mandalorian pada umumnya. Seakan dua hal tersebut masih kurang, Boba adalah sosok genius yang ahli dalam strategi. Berkat semua yang dimilikinya tersebut, Boba menjadi orang pertama yang dimintai tolong oleh Darth Vader dan Jabba the Hutt untuk mengalahkan Han Solo yang juga dikenal sebagai ahli strategi.

Morrigan Corde

Selain Boba Fett, ada bounty hunter lain yang terkenal genius, yaitu Morrigan Corde. Selain genius, Morrigan Corde adalah karakter yang sangat ahli menggunakan senjata dan menerbangkan pesawat ruang angkasa. Dengan kegeniusannya, Morrigan Corde sering berhasil menggali informasi yang siapa pun inginkan, termasuk informasi rahasia terkait Empire, Republic, Jedi, dan Sith. Selain itu, kegeniusan lainnya terbukti ketika dia memanipulasi pikiran orang lain dan mengadu domba siapa pun yang dianggap sebagai musuhnya, demi melancarkan segala keinginannya di galaksi.

Darth Wyyrlok III

Sebenarnya banyak sekali pengguna Force yang diceritakan mempunyai kepintaran di atas rata-rata, seperti Palpatine, Darth Vader, dan Obi-Wan Kenobi, tetapi yang paling genius di antara semuanya adalah seorang Sith bernama Darth Wyyrlok III. Di komik Star Wars: Legacy yang pertama kali dirilis pada tahun 2006, diceritakan bahwa setelah Battle of Yavin, Darth Krayt menguasai Sith Empire selama lebih dari 100 tahun. Dan Darth Wyyrlok adalah bawahan Krayt yang telah membantunya mencapai kekuasaan di galaksi. Karena hal tersebut, Darth Wyyrlok sangat genius sehingga mengetahui semua pengetahuan tentang Sith.

Itulah 5 karakter Star Wars yang palng terkenal karena kegeniusannya. Kelima karakter ini juga mempunyai satu kesamaan, yaitu jika mereka genius maka semua kekuatan yang mereka inginkan bisa berada dalam genggamannya. Artinya, jika karakter kuat belum tentu genius, sebaliknya, justru karakter genius selalu berhasil tampak kuat sekaligus mematikan. Sejauh ini posisi paling genius masih dipegang oleh kelima karakter ini, kita nantikan saja pada masa depan Star Wars, apakah daftar ini akan berubah atau tidak.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.