Echo adalah salah satu serial Marvel mendatang yang akan menjadi bagian dari Fase 4 Marvel Cinematic Universe. Karakter Maya Lopez alias Echo (Alaqua Cox) belum lama ini baru saja melakukan debutnya di serial Hawkeye, dia diceritakan sebagai karakter tuna rungu yang dijadikan anak angkat oleh Kingpin (Vincent D’Onofrio). Di ending Hawkeye, Maya diceritakan menembak Kingpin setelah mengetahui bahwa villain Marvel tersebut adalah orang yang telah membunuh ayah kandungnya. Kemungkinan besar ending Hawkeye tersebut akan dijadikan salah satu fondasi di serial Echo nanti.

Seperti yang kita tahu, Kingpin yang diperankan oleh D’Onofrio adalah karakter yang sebelumnya muncul di serial Netflix Daredevil. Pada akhir tahun 2021 lalu, Marvel secara mengejutkan membawa karakternya, bersama Matt Murdock (Charlie Cox) yang juga muncul d film Spider-Man: No Way Home, sebagai bagian dari MCU. Meskipun Marvel masih merahasiakan plot serial Echo, tetapi banyak penggemar yang berspekulasi bahwa Kingpin akan kembali. Begitu juga dengan Matt Murdock yang mempunyai hubungan dekat dengan Maya di Marvel Comics.

Baru-baru ini, The Illuminerdi melaporkan bahwa serial Echo akan melibatkan Ken Kristensen dan Dara Resnik sebagai bagian dari penulis naskahnya. Menariknya, Resnik adalah salah satu penulis yang pernah terlibat di serial Netflix Daredevil, dan Kristensen adalah penulis yang juga sebelumnya terlibat di serial Netflix lain, yaitu Punisher. Meskipun Marvel belum mengeluarkan pernyataan resminya, banyak penggemar yang berspekulasi bahwa karakter Daredevil dan Punisher akan terlibat di serial Echo nanti.

Sebagai serial yang berada di semesta yang sama, sejauh ini baru serial Daredevil saja yang “diakui” sebagai bagian dari MCU, sedangkan nasib Punisher sendiri masih belum diketahui. Diperankan oleh Jon Bernthal, Punisher digambarkan sebagai anti-hero brutal yang melakukan segala cara untuk membalaskan dendamnya kepada para pembunuh keluarganya. Dengan latar belakangnya yang tragis dan karakternya yang brutal, mungkin perlu beberapa penyesuian jika Marvel ingin memasukannya ke MCU yang terkenal sebagai tayangan “ramah keluarga”.

Dengan terungkapnya jajaran penulis yang terlibat di serial Echo ini, hal tersebut membuka jalan bagi karakter Punisher untuk menyusul Daredevil ke MCU. Kita nantikan saja ya, Geeks, semoga Marvel mempertimbangkan masuknya Punisher ke MCU melalui serial Echo tersebut. Meskipun serial Echo masih belum mempunyai tanggal perilisan resminya, jika benar Daredevil akan hadir di serialnya nanti, sepertinya akan menarik melihat hubungan Maya dan Matt dibangun, khususnya ketika bekerja sama untuk mengalahkan Kingpin.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.