One-Punch Man merupakan salah satu seri anime dan manga yang banyak diterima oleh para penggemar karena menghadirkan sesuatu yang baru bagi para fans, di mana seri aksi yang seru dan epik dipadukan dengan komedi yang menarik dan lucu. Dengan kesuksesan serinya, tidak heran jika para fans selalu menantikan musim terbaru dari seri animenya dan juga chapter manganya.

Dalam ceritanya, kita mengenal ada banyak sekali karakter pahlawan yang memperlihatkan kemampuan mereka. Masing-masing memiliki kemampuan dan keunikannya. Asosiasi pahlawan membagi mereka ke dalam empat kelas yaitu Kelas C, B, A, dan S. Kelas C adalah kelas yang paling rendah, sedangkan kelas S merupakan kelas yang paling tinggi.

Salah satu karakter pahlawan yang paling populer sekaligus misterius dalam serinya adalah Blast. Dia selama ini tidak pernah muncul dalam cerita dan hanya sekedar muncul dalam bentuk referensi. Namun, ternyata bukan hanya Blast yang populer sekaligus misterius. Sosok Metal Knight juga merupakan sosok yang misterius dan juga populer. Siapa sebenarnya sosok Metal Knight?

Metal Knight merupakan nama pahlawan dari sosok jenius Dr. Bofoi. Metal Knight berada di peringkat enam dalam kelas S. Untuk membantu menyelamatkan orang-orang dari para monster, Dr. Bofoi sering menyuplai Asosiasi Pahlawan dengan berbagai senjata dan juga hal lainnya. Yang menarik adalah Dr. Bofoi tidak mengendalikannya secara langsung dari dalam tubuh Metal Knight, melainkan dari jarak jauh.

Ada juga berbagai robot canggih dan juga dahsyat lainnya yang dimiliki oleh Dr. Bofoi yang bisa dia kendalikan dari jauh. Sosok Dr. Bofoi begitu mencintai teknologi dan hal ini juga yang terus membuat dia mengalami peningkatan kekuatan. Dr. Bofoi diketahui sangat ahli dalam hal ledakan dan juga persenjataan. Hal inilah yang kemudian diaplikasikan olehnya di salah satu robot miliknya.

Karena Dr. Bofoi adalah seorang ilmuwan, pendekatannya sangat pragmatis. Dia merupakan sosok yang kejam dan juga terkadang cara yang dia gunakan terlalu ekstrem tanpa memperdulikan orang lain. Misalnya, ketika anak dari pemimpin Asosiasi Pahlawan, Waganma, diculik oleh Asosiasi Monster, dia memberikan pendapat untuk meledakan tempat tersebut.

Sampai sejauh ini, Dr. Bofoi belum memperlihatkan kemampuan penuhnya. Hal inilah yang kemudian membuat orang-orang di Asosasi Pahlawan sangat khawatir dan takut terhadap Dr. Bofoi. Mereka juga khawatir bagaimana jika kemudian dia memutuskan untuk berkhianat dan berbalik menyerang pihak pahlawan. Namun, beruntung sampai sejauh ini belum ada tanda-tanda jika dia akan berkhianat.

Metal Knight Bukan Pahlawan?

Meskipun jarang muncul untuk membasmi kejahatan, Metal Knight termasuk dalam jajaran tertinggi para pahlawan bersama sosok Blast di Asosiasi Pahlawan. Metal Knight selalu beralasan jika dia harus memiliki strategi yang matang sebelum memulai aksinya. Hal ini pernah ditunjukan saat Metal Knight menolak ajakan Child Emperor untuk menyusup ke markas Asosiasi Monster, demi menyelamatkan Waganma. Dia beralasan hal itu terlalu ceroboh karena tidak ada perlindungan.

Hal tersebut memunculkan pertanyaan, apakah Metal Knight bukan seorang pahlawan? Metal Knight berhasil menggunakan teknologinya untuk membangun kembali kota dalam waktu singkat. Dia juga bahkan bisa membangun markas Asosiasi Pahlawan dengan teknologinya. Tetapi, banyak fans yang mengatakan dia sebenarnya merupakan seorang scavanger atau pengumpul barang-barang berteknologi maju.

Apa yang kemudian menjadi bukti dari hal tersebut? Saat pertarungan Saitama melawan Boros, di mana komponen pesawat luar angkasa milik boros hancur berkeping-keping. Metal Knight kemudian muncul dan mengumpulkan serpihan-serpihan tersebut untuk kembali digunakan olehnya. Apakah artinya Metal Knight atau Dr. Bofoi adalah penjahat?

Salah satu pahlawan kelas S, Drive Knight, pernah mengatakan kepada Genos untuk berhati-hati kepada sosok Dr. Bofoi. Menurutnya, sosok Dr. Bofoi sangatlah berbahaya. Dan bahkan dia menyebut bahwa Dr. Bofoi adalah musuhnya yang sebenarnya. Terdapat sebuah teori bahwa apa yang dilakukan oleh Dr. Bofoi – dengan mengumpulkan teknologi canggih – adalah untuk membangun pasukan robotnya.

Jadi, apakah dia seorang pahlawan? Berdasarkan dari apa yang dia lakukan, meskipun bukan membantu mengalahkan monster atau penjahat, tindakannya mencerminakan seorang pahlawan. Tetapi, apakah dia jahat? Sampai saat ini, baru Drive Knight yang mengatakan bahwa Dr. Bofoi jahat. Belum ada bukti atau petunjuk konkret terkait hal tersebut, sehingga untuk sekarang kecil kemungkinannya jika Dr. Bofoi adalah sosok yang jahat.