Sepertinya pihak Pemerintah Dunia berencana untuk menginisiasi perang terhadap masing-masing Yonko (atau Sanko), sebelum kemudian Shanks muncul dan menjadi salah satu dari mereka. Mengapa kemudian mereka melakukan hal tersebut? Karena pihak Pemerintah Dunia ketakutan. Seperti yang kita ketahui, Gol D. Roger berhasil melakukan hal yang tidak terpikirkan untuk bisa berlayar menuju Laugh Tale dan mengetahui sejarah dunia.

Namun, sayangnya, Roger saat itu terlalu dini dan dia harus menyerah kepada penyakit misterius yang dia derita. Dia tidak bisa melakukan apa pun, dan Pemerintah Dunia pun berhasil “selamat” dari kehancuran. Meskipun begitu, faktanya masih ada beberapa pihak yang juga memiliki potensi lainnya untuk bisa menghancurkan Pemerintah Dunia. Siapa mereka? Tidak lain adalah para Penguasa Samudra alias Yonko.

Salah satu contoh dari hal tersebut adalah Witebeard. Kemungkinan Pemerintah Dunia tertarik dengan buah iblis Gomu Gomu karena mereka berpikir bahwa buah iblis karet tersebut mampu meredam kemampuan getaran dari Gura Gura no Mi. Seperti yang disebutkan oleh Sengoku, Gura Gura no Mi memiliki potensi yang besar untuk menghancurkan dunia. Dan karet dianggap mampu meredam getaran tersebut.

Di Jepang sendiri, karet digunakan dalam setiap bangunan untuk melawan efek gempa yang sering terjadi. Karet bertugas menyerap getaran dan mengurangi kehancuran. Buah iblis Gomu Gomu mungkin akan digunakan oleh Pemerintah Dunia untuk melindungi wilayah suci mereka, Mary Geoise, dari serangan Whitebeard. Mereka mungkin akan membangkitkan buah iblisnya untuk semakin meningkatkan efek kekuatannya.

Selain buah iblis Gomu Gomu, Pemerintah Dunia juga mengincar buah iblis lainnya yaitu Ope Ope no Mi. Mereka bahkan memberikan hadiah kepada siapa pun yang mampu menemukan atau memberikan buah iblis tersebut sebesar 5 milliar Belly. Mengapa kemudian Pemerintah Dunia mengincar buah iblis tersebut? Kemungkinan selain ada kaitannya dengan harta karun Mary Geoise, buah iblisnya dibutuhkan untuk melawan buah iblis Soru Soru milik Big Mom.

Entah memang takdir atau ada hal lainnya, Law sendiri saat ini sedang bertarung menghadapi Big Mom bersama Eustass Kid. Dan dari apa yang diperlihatkan dalam ceritanya, buah iblis Ope Ope sepertinya memang efektif untuk menghadapi buah iblis milik Big Mom. Law juga memiliki semacam kekuatan yang berkaitan dengan jiwa dalam dirinya, dengan adanya transplantasi kepribadian, seperti yang pernah diungkapkan Dofy.

Bagaimana dengan Kaido? Pemerintah Dunia tidak bisa menemukan buah iblis untuk bisa menghadapi kekuatan Kaido. Karena hal itulah mereka mungkin berinisiatif untuk menciptakan buah iblis mereka sendiri. Mungkin inilah kemudian Vegapunk ditugaskan untuk menciptakan buah iblis yang mirip dengan kekuatan Kaido, yang kemudian dimakan oleh Momonosuke.

Vegapunk sendiri berpikir bahwa buah iblis ciptaanya adalah buah iblis yang gagal. Namun, pada kenyataanya tidak. Justru buah iblis tersebut mampu menirukan dengan baik buah iblis Kaido, seperti dari bentuknya. Untuk masalah kekuatan, kita masih belum mengetahuinya dengan pasti. Bisa jadi juga Vegapunk sengaja berbohong bahwa buah iblisnya gagal karena tidak ingin Pemerintah Dunia memilikinya.

Keterlibatan Shanks?

Ada kemungkinan bahwa Shanks mengetahui rencana besar pemerintah tersebut. Karena itulah, dia dan kelompoknya kemudian menyerang kapal yang membawa Gomu Gomu. Dia ingin menghentikan upaya Pemerintah Dunia yang berencana berperang menghadapi para Yonko. Mengapa? Shanks paham benar jika hal itu benar-benar terjadi maka dunia dipastikan akan hancur.

Ada dua skenario yang terjadi jika kemudian perang besar benar-benar terealisasi. Pertama, Pemerintah Dunia menang dan menghabisi seluruh penguasa samudra. Namun, mereka akan kewalahan setelah mereka semua tewas, karena gelombang bajak laut baru akan jauh lebih besar. Mereka semua berusaha untuk mendapatkan popularitas dan menjadi pengganti bagi para penguasa samudra – seperti Blackbeard.

Skenario kedua, Pemerintah Dunia kalah dan mereka hancur. Jadi, dari kedua skenario di atas tidak ada yang bisa menguntungkan Pemerintah Dunia. Shanks mencoba meyakinkan hal tersebut kepada mereka. Shanks mengatakan kepada mereka bahwa dia tidak akan membiarkan siapa pun untuk bisa lebih berkuasa. Shanks meminta Pemerintah Dunia untuk bekerja sama, demi menjaga apa yang sudah ada sekarang. Dan Shanks sendiri berharap Luffy yang akan menjadi raja bajak laut selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.