Franchise Naruto dipenuhi oleh berbagai jenis Jutsu yang berbeda dan kuat. Berbagai Jutsu tersebut digunakan oleh para shinobi untuk bisa menghadapi musuh mereka dan melumpuhkannya. Shinobi yang memiliki keistimewaan, seperti klan Uchiha yang memiliki Sharingan, mampu menguasai berbagai jenis Jutsu dalam waktu yang relatif sangat cepat. Tetapi, tidak selamanya jutsu menjadi andalan utama.

Selama seorang shinobi memiliki teknik yang kuat, maka bisa saja mereka bisa mengalahkan jutsu yang digunakan musuhnya. Contohnya adalah Taijutsu yang dikuasai oleh Rock Lee. Meskipun begitu, harus diakui bahwa pertarungan antar shinobi sering kali dimenangkan oleh mereka yang memiliki Jutsu yang lebih kuat. Mampu menggunakan Jutsu yang tepat untuk menangkis Jutsu lawannya adalah kunci. Berikut adalah berbagai Jutsu yang mampu menangkis Jutsu lainnya.

Water Wall Menahan Jutsu Api

Madara Uchiha adalah seorang shinobi yang luar biasa kuat. Ancaman besar dari sosok Madara terhadap seluruh dunia shinobi tidaklah main-main, bahkan dia juga yang menjadi salah satu penyebab dimulainya perang besar shinobi keempat. Pasukan aliansi shinobi harus bertarung menghadapi teknik api yang luar biasa dahsyat milik Madara, sebuah serangan yang bisa saja merenggut nyawa mereka.

Namun, beruntung, ada shinobi yang menguasai chakra air yang mana shinobi tersebut mampu membuat Water Wall atau tembok air. Dengan adanya Water Wall tersebut akhirnya mampu meredam kemampuan api milik Madara. Jutsu api mampu ditahan atau dilemahkan Jutsu air, sehingga Water Wall adalah pertahanan baik untuk menghadapi serangan api.

Jutsu Listrik Menahan Teknik Ledakan

Deidara merupakan salah satu anggota terkuat dari kelompok teroris Akatsuki. Dia menggunakan salah satu teknik Kekkei Genkai yang disebut sebagai Explosion Release atau teknik pelepasan ledakan. Deidara sering kali menggunakan bahan peledak yang terbuat dari tanah liat. Dalam pertarungannya melawan Uchiha Sasuke, Deidara merubah dirinya sendiri menjadi peledak yang besar.

Teknik pelepasan Deidara sangatlah kuat dan hampir tidak bisa dihentikan. Karena teknik pelepasan ledakan pada dasarnya merupakan sebuah Jutsu tanah, maka teknik tersebut bisa diredam dengan Jutsu listrik. Dalam pertarungan melawan seluruh pasukan aliansi shinobi, Omoi berhasil menghentikan Deidara untuk meledakan diri dengan menusuknya menggunakan pedang listrik.

Serbuk Emas Menahan Steaming Danger Tyranny

Mizukage kedua, Gengetsu Hozuki, memiliki banyak sekali Jutsu yang dahsyat dan hebat. The Steaming Danger Tyranny, adalah salah satu diantaranya. Steaming Danger Tyranny merupakan teknik yang mirip dengan teknik ledakan, di mana Hozuki akan menciptakan kloning dirinya dalam bentuk anak kecil yang terbuat dari oil dan air. Kloning tersebut bisa meledak ketika tekanan di dalamnya sangat tinggi.

Ketika Hozuki menggunakan teknik ini, Gaara mampu menahan serangan tersebut. Seperti dijelaskan oleh Gaara, emas yang dilapisi terhadap kloning Hozuki tersebut mampu memperlambat dan juga mendinginkan air yang ada di dalamnya. Kecerdasan dari Gaara ini bukan hanya membuat ledakan tidak terjadi, tetapi juga mampu menghentikan dirinya terluka dari ledakan tersebut.

Byakugan Meredam Kabut

Byakugan merupakan salah satu teknik jutsu mata atau Doujutsu yang ada di franchise Naruto. Byakuga tidak bisa menirukan gerakan atau Jutsu musuh seperti halnya Sharingan, namun Byakugan mampu melihat titik chakra musuh. Dan seperti dijelaskan oleh Neji, Byakugan juga mampu melihat hampir 360 derajat dari penggunanya. Kelebihan lainnya dari Byakugan adalah Doujutsu ini bisa digunakan untuk melihat dalam kabut.

Bagi shinobi seperti Zabuza yang berasal dari desa kabut, pengguna dari teknik Byakugan adalah musuh yang paling mengerikan dan mimpi buruk mereka. Biasanya, shinobi seperti Zabuza akan memanfaatkan teknik kabut untuk memanipulasi penglihatan musuh, dan mempermudah mereka menghabisi lawannya. Tetapi, Byakugan mampu melihat dalam kabut yang sangat tebal sekali pun.

Teknik Penyembuhan Meredam Shinra Tensei

Sebagai pemimpin dari kelompok Akatsuki, tidak heran jika Pain merupakan sosok yang paling kuat. Dan salah satu alasan mengapa Pain adalah sosok yang kuat, karena dia menguasai banyak Jutsu mengerikan. Contoh dari hal ini adalah teknik Shinra Tensei. Sesuai namanya yang berarti Almighty Push, teknik Shinra Tensei adalah sebuah teknik di mana Pain mampu mendorong apa pun dan menangkis berbagai serangan.

Teknik ini digunakan oleh Pain saat dia menyerang desa Konoha, dan mampu menghancurkan seluruh desa dengan hanya satu serangan saja. Meskipun begitu, beruntung bahwa Konoha memiliki sosok Tsunade. Dia memanfaatkan kekuatan Katsuyu untuk bisa melindungi para penduduk desa, menggagalkan rencana Pain untuk menghabisi semua orang.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2