Superhero adalah elemen paling penting di Marvel Universe yang dapat menentukan keselamatan alam semesta dan semua isinya. Di mana setiap tindakan yang mereka lakukan diharapkan dapat membawa keamanan bagi semua makhluk hidup di sekitarnya. Namun, ternyata bagi superhero Marvel terkuat sekalipun, hal tersebut tidak mudah untuk diwujudkan. Karena pada kenyataannya justru tindakan mereka berakhir menjadi sebuah kesalahan fatal yang dapat menyebabkan bencana lebih besar. Kesalahan fatal apa saja yang pernah dilakukan oleh superhero Marvel? Berikut 5 kesalahan superhero paling fatal!

Hank Pym Menciptakan Ultron

Hank Pym adalah salah satu karakter Marvel yang paling genius dan juga paling lama berkarier sebagai superhero sekaligus anggota Avengers. Namun, bukan berarti dia luput dari kesalahan, karena dalam salah satu kisah Marvel, Hank Pym justru melakukan kesalahan fatal dengan menciptakan Ultron. Dimaksudkan untuk menjadi penjaga keamanan di Bumi, Ultron justru tercipta sebagai robot mematikan yang mempertanyakan tentang eksistensi manusia di Bumi.

Dan kesalahan Hank Pym lainnya yang membuat masalah Ultron makin buruk adalah dengan berusaha mematikan Ultron, sejak saat itu Ultron menjadi sangat membenci Hank Pym yang sudah dia anggap sebagai ayahnya sendiri, membuatnya makin yakin untuk menguasai Bumi dan memusnahkan semua makhluk hidup di dalamnya.

Illuminati Mengasingkan Hulk

Illuminati adalah tim super Marvel yang berisikan para superhero genius di Bumi, seperti Doctor Strange, Iron Man, Black Bolt, Professor X, Mister Fantastic, dan Namor. Bertugas untuk menjaga Bumi sekaligus mencegah semua bahaya yang mengancam Bumi, Illuminati justru malah mengirim rekan superheronya, yaitu Hulk, ke ruang angkasa. Hal tersebut mereka lakukan karena kemarahan Hulk dapat menjadi ancaman bagi Bumi. Bukannya aman, Hulk yang dipenuhi dendam justru berniat untuk kembali ke Bumi dan menghancurkan Illuminati, di mana dalam prosesnya justru membuat seisi Bumi mengalami kepanikan massal dan kehancuran yang tidak bisa dihindari.

Spider-Man Mengungkap Identitasnya

Di kisah Civil War yang legendaris, para superhero Bumi terbagi menjadi dua kubu. Kubu pertama adalah yang membela aturan pemerintah terkait legalisasi superhero, yang dipimpin oleh Iron Man. Dan kubu kedua adalah yang menentang aturan tersebut, yang dipimpin oleh Captain America. Karena Spider-Man memilih untuk berkubu dengan Iron Man, dia harus mengungkapkan identitas rahasianya pada publik. Mirisnya setelah Peter Parker alias Spider-Man mengungkapkan identitasnya, justru keluarganya menjadi terancam, termasuk Bibi May yang pernah dibuntuti dan hampir dibunuh.

Black Bolt Menyebarkan Terrigen Mist

Black Bolt adalah salah satu superhero paling tangguh di Marvel Universe. Dia adalah seorang raja dari ras Inhuman yang pernah merilis Terrigen Mist agar para manusia biasa bisa menjadi Inhuman yang mempunyai kekuatan super. Namun, dalam prosesnya Terrigen Mist justru membuat ras mutan diambang kepunahan, di mana hal tersebut memaksa para mutan untuk berperang dengan Inhuman. Pertempuran besar tersebut justru menyebabkan kerajaan Inhuman hampir hancur dan juga banyak dari keluarga kerajaan yang tewas. Demi tujuan membuat ras Inhuman berkembang, Black Bolt justru membuat malapetaka bagi dirinya dan kerajaannya sendiri.

Professor X Menghapus Ingatan Magneto

Sudah menjadi rahasia umum bahwa para mutan mempunyai perselisihan di dalam rasnya sendiri. Perbedaan sudut pandang Professor X dan Magneto membuat mutan sebagian besar terbagi dua. Professor X yang percaya bahwa mutan bisa berdampingan dengan manusia, kemudian pernah mencoba menghapus ingatan Magneto yang ingin ras mutan dihormati. Keputusannya tersebut justru mengarah pada terlahirnya supervillain Onslaught yang tercipta dari Magneto dan pikiran Professor X. Kehadiran Onslaught justru menjadi bencana bagi para mutan dan seluruh Bumi, karena dia menyerang dan hampir membunuh semua superhero yang dianggap mengganggu tujuannya untuk menguasai Bumi.

Itulah 5 kesalahan paling fatal yang pernah dilakukan oleh superhero Marvel. Berawal dari niat baik demi keselamatan Bumi dan manusia, tanpa mereka sadari sebelumnya, justru tindakan para superhero ini pada akhirnya justru membuat masalah makin buruk sekaligus lebih mengancam Bumi dan semua isinya. Di mana penyelesaiannya justru menyebabkan kerugian yang jauh lebih besar dan bahkan sampai mengorbankan lebih banyak nyawa.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.