Amado merupakan sosok yang paling cerdas dan juga yang paling misterius di seri Boruto: Naruto Next Generation. Sampai saat ini, kita masih belum tahu banyak hal tentang sosok Amado. Kita tidak tahu siapa dia sebenarnya, kekuatannya, atau asal-usulnya. Amado hanya diceritakan bergabung dengan Inner Kara dan membantu Jigen dengan berbagai rencananya.

Amado adalah sosok yang cerdas di mana dia adalah ilmuwan yang sangat diandalkan oleh sosok Kara. Jigen begitu bergantung pada kemampuan dan kecerdasan dari Amado. Kecerdasan yang dia miliki diyakini bahkan lebih baik dari Katasuke, dan bahkan Orochimaru. Lalu, apa saja hal yang sudah diciptakan Amado sejauh ini?

Menciptakan Manusia Cyborg

Salah satu hal yang membuat Amado terbukti sebagai sosok yang cerdas adalah bagaimana dia mampu memodifikasi manusia untuk kemudian berubah menjadi cyborg. Tidak mudah tentunya untuk merubah manusia biasa, menjadi sosok yang memiliki kekuatan dahsyat. Misalnya sosok Boro yang memiliki kemampuan penyembuhan cepat, dan juga kekuatan fisik di atas rata-rata.

Atau sosok Delta, di mana dari matanya dia bisa mengeluarkan tembakan laser yang dahsyat dan juga kemampuannya cukup merepotkan sosok Naruto sekali pun. Inilah salah satu hal yang dimanfaatkan oleh Jigen dari sosok Amado, karena kemampuan Amado inilah Kara menjadi kelompok yang ditakuti oleh banyak orang. Mereka memiliki pasukan yang mengerikan.

Menciptakan “manusia”

Selain mampu memodifikasi manusia untuk menjadi cyborg dan memiliki kekuatan dahsyat, bukti kecerdasan dari Amado adalah bagaimana dia mampu menciptakan “manusia.” Amado diketahui berhasil menciptakan sosok Jiraiya dalam bentuk Kashin Koji, salah satu Inner Kara. Geeks tentunya menyadari bahwa Kashin Koji memiliki kemiripan bentuk dengan Jiraiya.

Hal tersebut membuat para fans beranggapan bahwa Kashin Koji adalah anaknya, atau berbagai spekulasi dan teori lainnya. Sampai kemudian Jigen mengungkapkan bahwa Kashin Koji adalah kloning dari Jiraiya, dan Amado yang sudah menciptakannya. Sampai sekarang masih menjadi misteri dari mana Amado mendapatkan DNA Jiraiya, dan bagaimana dia bisa menciptakan kloning Jiraiya.

Membuat Obat Pembunuh Otsutsuki

Dalam percakapannya dengan Naruto, Amado mengungkapkan bahwa dia memiliki putri sekitar 13 tahun yang lalu. Namun, putrinya meninggal untuk alasan yang tidak diketahui. Banyak spekulasi menyebutkan bahwa putrinya meninggal akibat Isshiki atau akibat Otsutsuki. Inilah alasan yang kemudian membuat Amado bergabung dengan Kara, dan berencana ingin menghabisi Ishiki.

Namun, Amado sadar pertarungan fisik tidak akan menguntungkannya. Dia pun menggunakan cara lain, yaitu dengan menciptakan obat yang efeknya bisa memperlemah kemampuan seorang Otsutsuki. Obat ini diberikan kepada Naruto untuk kemudian diminum oleh Boruto. Tujuannya adalah memperlambat proses perubahan Boruto menjadi Otsutsuki. Sayangnya, efek samping dari obat ini sangat mengerikan.

Menciptakan “Manusia Sempurna”

Selain membuat pil yang bisa memperlemah dan kemudian menghabisi nyawa dari Isshiki, upaya lainnya dari Amado untuk bisa membunuh Isshiki adalah dengan menciptakan cyborg lainnya. Namun, cybrog ini berbeda dengan cyborg yang dia ciptakan sebelumnya seperti Delta atau pun Boro. Cyborg yang diciptakan oleh Amado untuk menghabisi Isshiki bahkan memiliki kekuatan yang jauh lebih dahsyat dari Jigen.

Cyborg yang dimaksud adalah Eida dan juga Daemon. Mereka berdua merupakan karakter yang baru saja diperkenalkan di serinya. Sebenarnya, Eida dan Daemon merupakan cyborg yang seharusnya dihancurkan atas perintah Jigen, namun Boro memutuskan untuk menyimpan mereka di fasilitas miliknya. Yang membuat Daemon dan Eida “sempurna” sebagai cyborg adalah mereka memiliki kemampuan dahsyat seperti Senrigan dan teknik misterius yang dimiliki Daemon. Masih belum diketahui juga bagaimana kemudian Amado menanamkan kekuatan dahsyat tersebut kepada mereka.

Dengan kecerdasan yang Amado miliki, tidak heran jika kemudian dia banyak menciptakan atau menghasilkan sesuatu yang dahsyat. Empat contoh di atas adalah kreasi hebat dan bukti kedahsyatan Amado sejauh ini. Menarik tentunya untuk menantikan apa lagi yang akan diciptakan oleh Amado kedepannya, dan apakah hasil ciptaanya tersebut akan berbahaya bagi Konoha dan dunia shinobi lainnya.