Gladiator adalah salah satu film sukses yang telah dirilis pada tahun 2000 silam. Diciptakan oleh Ridley Scott, filmnya bercerita tentang seorang jenderal perang bijaksana bernama Maximus Decimus Meridius (Russell Crowe) yang keluarganya dibunuh dan digantung oleh tentara Romawi atas perintah Kaisar baru Roma yang jahat, yaitu Marcus Aurelius Commodus Antoninus Augustus (Joaquin Phoenix). Demi membalaskan dendamnya, pada akhirnya Maximus berhasil membunuh Commodus dalam sebuah pertarungan Gladiator yang mematikan, sebelum akhirnya dia juga mati karena terluka.

Setelah lebih dari 20 tahun berlalu, secara mengejutkan sutradara Ridley Scott mengungkapkan bahwa saat ini dia tengah mengembangkan “kembali” film sekuel langsung dari kisah Commodus di Gladiator. Walaupun begitu, masih belum diketahui plot Gladiator 2 nanti akan seperti apa. Mengingat karakter Commodus diperlihatkan mati di ending film pertamanya, banyak penggemar yang bertanya-tanya apakah film keduanya nanti akan menghadirkan Maximus? Jika iya, lantas bagaimana cara dia hidup kembali? Mari kita bahas berbagai kemungkinannya, Geeks.

Dihidupkan oleh Dewa Roma

Sebelum pengembangan Gladiator 2 terungkap, banyak sekali teori dan draf naskah yang beredar terkait bagaimana Maximus bisa hidup kembali. Teori pertama datang dari Nick Cave yang sebelumnya sempat menulis draft naskah Gladiator 2 pada tahun 2006, sebelum naskah tersebut akhirnya ditolak mentah-mentah oleh Scott. Dalam naskah yang dia beri judul “Christ Killer”, Cave menggambarkan plot Gladiator 2 sebagai cerita dewa melawan kemanusiaan. Premis utamanya bercerita bagaimana Maximus dibangkitkan kembali sebagai prajurit abadi dari para Dewa Romawi Kuno.

Cave menuliskan bahwa Maximus dikirim kembali ke Bumi untuk membunuh Yesus Kristus dan murid-murid-Nya, karena gerakan mereka dinilai telah mengurangi iman manusia pada Dewa-Dewi Romawi. Dalam prosesnya, terungkap bahwa misi tersebut adalah untuk menipu Maximus agar membunuh putranya sendiri. Naskah yang sempat ditulis oleh Cave tersebut bahkan menceritakan pertempuran Maximus di Perang Salib, Perang Dunia II, dan Perang Vietnam, sampai akhirnya dia berada pada masa modern dengan bekerja di Kementrian Pertahanan Amerika Serikat.

Kembali Hidup Seperti Yesus

Tidak kalah kontroversialnya dari teori Nick Cave, teori selanjutnya datang dari salah satu produser Gladiator sendiri, yaitu Doug Wick. Pada tahun 2020, dalam rencana cerita yang dibuat oleh Wick terungkap bahwa Maximus dibawa oleh para pengikutnya setelah dia mati di Collosseum. Yang membuatnya kontroversi adalah karena Maximus diceritakan dibawa dan dimakamkan di sebuah kuburan batu, di mana beberapa hari kemudian kuburan batunya terbuka dan jasad Maximus menghilang, sama seperti kisah Yesus Kristus di Alkitab.

Sejak Awal Tidak Pernah Mati

Jika kedua teori sebelumnya terlalu memicu kontroversi, teori ketiga datang dari agen aktor Russell Crowe yang sempat mengajukan proposal terkait cerita Gladiator 2. Dalam proposalnya tersebut terungkap bahwa tenyata kematian Maximus di ending Gladiator hanya merupakan imajinasi Maximus yang berpikir bahwa dirinya telah mati. Pada kenyataannya, setelah pertarungan mematikan di Collosseum, tubuh Maximus yang terluka diganti oleh jasad orang lain. Dan Maximus yang telah pulih, pada akhirnya hidup sehat di suatu tempat untuk melanjutkan petualangan berikutnya.

Itulah berbagai kemungkinan dari teori dan draf naskah Gladiator 2 tentang bagaimana Maximus hidup kembali. Jika dilihat dari cerita yang dibuat oleh Nick, pada masanya sangat tidak masuk akal dan cenderung berlebihan, tetapi dengan maraknya film superhero seperti sekarang ini, sebenarnya yang ditulis oleh Nick cukup masuk akal. Sedangkan cerita yang ditulis oleh Wick sudah jelas akan memicu kontrovesi, itulah mengapa pada akhirnya tidak terjadi. Dan untuk proposal yang ditulis oleh agen Crowe tampaknya hal tersebut lebih senada dengan film pertamanya yang realistis dan minim fantasi.

Seperti apapun cerita yang pernah dibuat, pada akhirnya pilihan jatuh pada tangan sutradara Ridley Scott sendiri. Sejauh ini Scott masih belum mau mengungkapkan cerita sekuelnya, apakah Maximus akan kembali hidup atau tidak. Dia hanya memberitahu bahwa film Gladiator 2 terinspirasi dari lukisan For They About to Die karya Gérôme. Lukisan tersebut memperlihatkan seorang gladiator di Collosseum yang meminta izin pada kaisar untuk mengeksekusi lawannya. Sejauh ini masih belum diketahui kapan filmnya akan dirilis, jadi kita lihat saja bagaimana nasib Maximus di film Gladiator 2 nanti ya, Geeks.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.